Fungsi Fitur Title Pada Aplikasi Windows Movie Maker Adalah Sebagai Berikut

Banyak yang tanya fungsi fitur Title pada aplikasi Windows Movie Maker adalah apa? Windows Movie Maker merupakan perangkat lunak yang banyak dipakai. WMM digunakan untuk pengeditan video sederhana dengan cakupan interface gampang dimengerti.

Tak heran jika proses modifikasi video menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun penggunanya. Meski dukungan WMM telah dihentikan, topik pembahasan seputar software ini masih sangat ramai. Termasuk berbagai tools yang ada di aplikasi ini punya fungsi apa saja.

Informasi Mengenai Windows Movie Maker

Seperti yang sudah disinggung bahwa Windows Movie Maker merupakan software yang digunakan untuk editing video. Hanya saja, editing video yang dilakukan di aplikasi ini tidak selengkap aplikasi lain.

Pasalnya, fitur yang ada di aplikasi ini hanya mendukung proses pengeditan sederhana atau standar saja. Meski begitu, aplikasi ini cukup populer dan ramai digunakan. Pasalnya, dikembangkan Microsoft Corporation yang telah sangat terkenal.

WMM menjadi bagian Windows Essentials yang termasuk paket software lengkap dari Microsoft itu sendiri. Sama dengan aplikasi editing pada umumnya, WMM punya fungsionalitas yang lengkap dan juga tergolong lebih futuristik dibanding aplikasi sejenisnya di kelas yang sama.

Kenapa banyak yang menggunakan aplikasi ini? Pengguna sering menggunakan aplikasi ini karena proses editing yang cepat dan tentunya lebih sederhana. Meskipun begitu, fungsi editing dari aplikasi ini tetap dapat diperluas ke langkah editing profesional.

WMM menjadi keperluan yang sangat penting karena mampu menjawab kebutuhan pasar secara luas. Setelah tren cloud dan sosmed menjamur, aplikasi langsung mengupdate berbagai fitur canggih yang dibutuhkan masyarakat di era masa depan.

Diantara fitur yang dimaksud adalah pengguna dapat publish ke platform populer. Diantaranya seperti OneDrive, Facebook, YouTube, Vimeo, Flickr, dan juga Windows Live Groups. Sehingga otomatis lebih praktis dan lengkap tentunya.

Bagi yang menggunakan perangkat IOS, kamu dapat membandingkan WMM dengan iMovie. WMM memiliki 64 bahasa dan sudah memegang lisensi Freeware. Kompatibilitas yang dimiliki aplikasi ini juga cukup luas, diantaranya seperti:

  • ME
  • XP
  • Vista
  • 7
  • 8
  • 1
  • 10

Berbagai Pilihan Tipe Ekstensi File yang Ada di WMM

Sebelum tahu fungsi fitur Title pada aplikasi Windows Movie Maker adalah apa, ada baiknya tahu

tipe ekstensi file yang didukung di aplikasi ini. Menariknya, WMM juga mendukung berbagai pilihan tipe ekstensi file yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi, membuat proses penyimpanan file aplikasi menjadi lebih sempurna. Adapun tipe ekstensi file yang ada di aplikasi ini diantaranya seperti:

  • .JPE
  • .JPEG
  • .JPG
  • .BMP
  • .DIB
  • .GIF
  • .WMF
  • .PNG
  • .MP2
  • .MP3
  • .AIFF
  • .SND
  • .ASF
  • .AU
  • .MPG
  • .ASF
  • .AVI
  • ..WM
  • .WMV
  • .MPP2
  • .MP2V
  • Dan masih banyak lainnya

Fungsi Fitur Tools yang Ada di Windows Movie Maker

Bagi yang tanya fungsi fitur Title pada aplikasi Windows Movie Maker adalah apa, ulasan berikut ini bisa jadi pilihan terbaik.

Windows Movie Maker merupakan aplikasi yang menyediakan fitur lengkap. Berikut fungsi masing-masing tools yang ada di aplikasi ini:

1.Titles

Untuk video editing, titles yang dimaksud diartikan sebagai teks besar yang beranimasi. Titles merupakan bagian yang digunakan untuk membuat judul.

Di WMM, titles dapat diletakkan di awal, akhir maupun tengah video. Titles juga dapat ditampilkan independen atau berada di video berjalan.

2.Transitions

Biasanya video memiliki beberapa bagian clip. Masing-masing clip biasanya dipisah dengan efek transisi. Tujuannya supaya peralihan setiap clip menjadi halus dan tentunya lebih menarik.

Untuk menjamin kepuasan pengguna, Windows Movie Maker dilengkapi dengan berbagai pilihan transmisi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3.Effects

Jangan hanya tahu fungsi fitur Title pada aplikasi Windows Movie Maker apa, kamu juga harus tahu fitur Effect juga. Video editing yang kamu lakukan tentunya membutuhkan effects juga.

Tujuannya agar video yang dihasilkan jadi lebih berkualitas. Menariknya, WMM memungkinkan pengguna dapat menggunakan berbagai efek pilihan yang bisa menarik perhatian penggunanya.

Kelebihan dan Kekurangan WMM APK

Tentu saja setiap aplikasi editing video punya kelebihan dan kekurangan berbeda. Sebelum menggunakan aplikasi, tentu saja kamu harus tahu terlebih dahulu.

Tujuannya agar bisa membandingkan mana aplikasi yang paling terbaik untuk digunakan. Berikut informasi kelebihan dan kekurangan aplikasi ini:

Kelebihan:

1.Gratis dan sudah legal

Aplikasi edit video profesional biasanya dibanderol dengan harga yang mahal. Coba lihat lisensi biaya software dari Adobe. Mungkin saja agak mahal karena fitur dan fasilitasnya sangat lengkap.

Namun untuk editing video dasar, tentunya akan sedikit buang-buang budget. Padahal Windows Movie Maker sendiri dapat digunakan gratis dan tentunya sudah resmi.

2.Cara menggunakan aplikasi yang sangat mudah

Windows Movie Maker merupakan aplikasi editing dengan tampilan yang praktis dan simple. Tak heran jika pengoperasian aplikasi ini tergolong mudah dan tidak ribet. Bahkan untuk mereka yang masih awam sekalipun.

3.Tidak membutuhkan spesifikasi tinggi

Bagi pengguna smartphone, kamu tidak usah khawatir. Pasalnya, aplikasi ini punya spesifikasi yang cukup rendah. Jadi, seluruh ponsel dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan baik tanpa terbebani sedikitpun.

Kekurangan Windows Movie Maker

Meski punya segudang kelebihan, WMM tetap punya kekurangan. Adapun kekurangan aplikasi ini sebagai berikut:

1.      Format file yang tergolong terbatas

Ya, namanya juga aplikasi gratisan untuk editing video. Tentunya tidak heran jika format file yang ada di aplikasi ini juga tergolong terbatas. Meski begitu, format file populer tetap dapat support dengan aplikasi ini.

2.Menyediakan efek dan transisi yang terbatas

Efek dan transisi yang ada di WMM juga tidak selengkap di Adobe. Pengguna hanya dapat menggunakan efek dan transisi bawaan yang kurang memuaskan, terutama bagi kalangan.

3.Hanya mempunyai satu track saja

Bagi yang terbiasa memakai Adobe, tentunya bakal kehilangan fitur yang sangat penting ini, yakni multitrack. WMM hanya punya 1 track untuk video, audio maupun teks. Tak heran karena aplikasi ditujukan untuk editing sederhana saja.

Apakah Windows Movie Maker Masih Dapat Digunakan dengan Efektif?

Setelah tahu fungsi fitur Title pada aplikasi Windows Movie Maker adalah apa, banyak pengguna yang merasa ingin download aplikasi ini.

Hal tersebut tidak lain karena fitur yang ada di aplikasi ini memang cukup sederhana. Berbeda jauh dengan aplikasi lain seperti Adobe.

Lantas, apakah Windows Movie Maker masih bisa digunakan untuk editing video? Tentu saja masih bisa. Hanya saja sangat terbatas karena fiturnya juga tidak terlalu lengkap.

Meski begitu, kamu yang ingin melakukan editing standar atau sederhana tetap dapat menggunakan aplikasi dengan baik. Bagi yang membutuhkan aplikasi editing video standar grafis, WMM bisa menjadi pilihan terbaik.

Penutup

Windows Movie Maker adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk editing video sederhana. Hal tersebut karena aplikasi hanya menyediakan beberapa fitur editing sederhana saja.

Meski begitu, tools yang ada di dalam aplikasi ini tetap aman untuk editing. Bagaimana, sudah tahu fungsi fitur Title pada aplikasi Windows Movie Maker adalah apa? Selamat berkreasi dengan aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *