Cara Upload Video di Status WhatsApp Tanpa Aplikasi dan Full

Fitur story adalah salah satu fitur menarik yang dirilis oleh WhatsApp beberapa tahun yang lalu. Fitur ini sendiri juga dapat digunakan untuk membagikan video pendek. Namun sayangnya video tersebut terbatas durasi, maka dari itu, di sini kami akan bagikan cara upload video di status WhatsApp tanpa aplikasi full.

Pembatasan durasi video yang bisa diunggah ke status WhatsApp memang seringkali mengganggu. Apalagi bagi pengguna yang ingin mengunggah video dengan durasi yang sedikit lebih panjang. Oleh sebab itu di sini akan kami bagikan cara upload video di status WhatsApp tanpa aplikasi agar full.

Cara Upload Video di Status WhatsApp Tanpa Aplikasi dan Tetap Full

1. Menggunakan Youtube

Cara pertama yang bisa dilakukan di sini adalah memanfaatkan platform berbagi video Youtube. Bagi yang sudah sering berselancar di internet, pasti sudah tidak asing dengan platform yang satu ini bukan? Ya, Youtube tentunya sudah terkenal di kalangan netizen seluruh dunia.

Namun siapa sangka kalau aplikasi ini ternyata juga bisa dipakai untuk mengunggah story WA full. Caranya adalah unggah dulu video ke Youtube hingga berhasil. Namun sebelum itu pastikan dulu kamu sudah punya akun atau channel Youtube yang sudah siap diisi dengan video.

Setelah video berhasil diunggah ke Youtube, selanjutnya tinggal membagikan link video tersebut ke story WhatsApp. Dengan demikian, kita sudah membagikan video secara full lewat story tanpa harus menggunakan aplikasi mobile tambahan.

Namun kelemahan dari metode ini adalah video menjadi bersifat public dan bisa ditonton siapa saja. Selain itu potensi ditonton oleh kontak WhatsApp juga cukup kecil karena video tidak langsung diputar di story dan penonton story tersebut harus klik link yang dibagikan dan masuk ke Youtube.

2. Mengompress Video

Pada beberapa kasus, ada kalanya video yang hendak diunggah ke story memiliki ukuran yang sangat besar sehingga proses pengunggahan menjadi gagal. Sebagai informasi, video yang boleh diunggah ke story WhatsApp memiliki syarat maksimal kapasitas sebesar 16 MB saja.

Solusi dari masalah ini adalah pengguna bisa mengompress terlebih dahulu video yang ingin diunggah ke story WA. Proses kompres video ini bisa dilakukan menggunakan website kompres yang saat ini sudah banyak tersedia di internet.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa cara upload video di status WhatsApp tanpa aplikasi dengan metode kompres video ini hanya efektif jika ukuran video sedikit lebih besar dari 16 MB. Apabila ukuran video sudah jauh melebihi 16 MB, maka car aini sudah tidak memungkinkan lagi.

Selain itu mengompres video juga berisiko membuat kualitas video tersebut menurun drastis. Apalagi pada saat diunggah ke story WhatsApp nantinya video akan dikompres sekali lagi yang membuat kualitasnya menjadi jauh lebih buruk.

3. Memotong Video Secara Berurutan

Solusi apabila video yang akan diunggah memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari 16 MB, maka kamu bisa mencoba untuk memotong video tersebut secara berurutan. Saat ini ada beberapa website gratis yang dapat digunakan untuk memotong video secara online, sehingga tidak harus pakai aplikasi.

Cara upload video di status WhatsApp tanpa aplikasi memang tidak akan membuat video langsung terunggah dalam satu sequence story, tapi ini seharusnya tidak menjadi masalah selama video tersebut berhasil ter-upload.

Dengan memotong video menjadi beberapa bagian, seharusnya kapasitas masing-masing video tersebut menjadi jauh lebih kecil daripada video originalnya. Sehingga video bisa diunggah secara berurutan dan tetap bisa tampil di story.

Kami sarankan untuk memotong video setiap 30 detik agar tetap fit dengan durasi maksimal story WhatsApp. Hal ini dimaksudkan agar video tetap bisa tampil bagus ketika diunggah ke story. Selain itu jangan lupa juga untuk memberikan tanda urutan saat memotong video untuk memudahkan pengunggahan nantinya.

4. Menggunakan Cloud Storage

Cara lain yang bisa dipakai untuk mengunggah video ke story WhatsApp adalah dengan memanfaatkan cloud storage atau penyimpanan awan. Jenis penyimpanan ini sendiri saat ini sangat populer dimana ada beberapa produk yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Seperti contohnya Google Drive, Dropbox, dan masih banyak lagi. Pengguna yang memakai cloud storage biasanya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan banyak file sekaligus.

Tapi ternyata selain dipakai untuk menyimpan file, ternyata layanan ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengunggah video ke story secara penuh. Konsep ini akan sama seperti ketika kita menggunakan Youtube untuk mengunggah video ke story WA.

Caranya yaitu pertama kamu harus memiliki akun cloud storage yang aktif dan ruang penyimpanan yang masih tersedia. Tidak ada ketentuan khusus untuk produk cloud storage yang harus digunakan, pengguna bebas menggunakan produk mana saja.

Selanjutnya unggah video WhatsApp yang hendak di-upload ke story ke cloud storage tersebut. Lalu setelah itu bagikan link cloud storage berisi video tersebut ke story WhatsApp.

5. Menggunakan WhatsApp Mod

Cara upload video di status WhatsApp tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan menggunakan WhatsApp mod. Bagi yang belum pernah menggunakan WA jenis ini, jadi WA mod adalah jenis WhatsApp yang sudah diprogram ulang sehingga memiliki lebih banyak fitur.

Salah satu fiturnya adalah membagikan video ke story WhatsApp secara full tanpa terpotong-potong. Selain itu beberapa WA Mod juga mengklaim bahwa story yang diunggah dari WhatsApp mereka tidak mengalami kompresi sehingga video akan tetap jernih ketika diunggah.

Beberapa WA mod terkenal yang banyak digunakan saat ini antara lain ada GB WhatsApp, Fouad WhatsApp, WhatsApp Apple, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diketahui bahwa WA Mod bukanlah WhatsApp resmi dari developer Meta. Sehingga penggunanya tidak akan mendapatkan layanan keamanan seperti WA resmi yang mana ini sangat berbahaya.

Itulah kenapa penggunaan WA Mod sebaiknya dihindari meskipun ada lebih banyak fitur yang mereka tawarkan.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Upload Video ke Story WhatsApp

Cara di atas merupakan beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengunggah video ke story WhatsApp secara penuh. Tapi ada hal yang perlu diketahui di sini, yaitu pada dasarnya WhatsApp telah membatasi durasi video yang bisa diunggah ke story mereka.

Durasi ini telah ditentukan dan tidak bisa ditawar lagi. Sehingga tidak ada cara legal untuk memanipulasi durasi video yang bisa diunggah ke story WhatsApp. Apabila user memasukkan video dengan durasi yang lebih panjang dari ketentuan, maka secara otomatis video tersebut terpotong.

Lalu video tersebut akan terunggah menjadi beberapa sequence sesuai dengan hasil pemotongan sebelumnya.

Meskipun beberapa WA Mod mengklaim mampu memanipulasi batasan durasi ini, namun tetap saja hal tersebut kurang direkomendasikan mengingat WA Mod bukan termasuk WA resmi dan keamanannya sangat rentan.

Beberapa cara upload video di status WhatsApp tanpa aplikasi di atas tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gunakanlah metode yang paling menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhan WA story milikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *