Cara Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone Tanpa Aplikasi

Cara mengubah emoji Android menjadi emoji iPhone tanpa aplikasi bukan hal yang sulit. Saat ini banyak alat bantu yang mempermudah penggunaan emoji iPhone di perangkat Android. Banyak yang menganggap emoji iPhone lebih menarik dan pilihannya yang melimpah. Cocok buat yang bosan dengan emoji-emoji yang ada di Android.

Penggunaan emoji dalam pesan singkat memang menjadi hal yang wajar. Seringkali emoji digunakan untuk menggambarkan ekspresi dari pengirimnya. Meskipun tidak melihat wajah pengirim secara langsung, penerima pesan bisa merasakan keadaannya.

Apa Itu Emoji?

Emoji merupakan sebuah karakter gambar yang biasanya digunakan dalam pesan digital seperti WhatsApp, Facebook dan sebagainya. Sebagian besar pengguna smartphone maupun media sosial pasti pernah menggunakan yang namanya emoji.

Setiap layanan perpesanan memang menyediakan emoji yang beraneka ragam, mulai dari ekspresi marah, senyum hingga menangis. Jika diperhatikan, beberapa emoji memang spesifik dengan kultur Jepang.

Hal ini tak lepas karena emoji sendiri memang berasal dari negeri Sakura ini. Hingga akhirnya, semakin berkembang dan ada berbagai macam emoji yang saat ini ada. Dalam penggunaannya, emoji ini tersedia secara gratis.

Pengguna bisa langsung menggunakan seluruh emoji yang ada tanpa harus berlangganan. Baik di Android maupun iPhone, sebenarnya emoji yang tersedia sama. Namun ada beberapa hal yang membedakan dari segi desain maupun karakternya.

Perbedaan Emoji dengan Emoticon

Banyak orang yang menganggap, emoji dan emoticon merupakan dua hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

1. Simbol yang Digunakan

Untuk di emoji sendiri menggunakan simbol berupa ekspresi wajah, makanan, buah-buahan, hewan dan sebagainya. Sementara emoticon, simbolnya menggunakan garis, lengkung, maupun karakter tertentu.

Tak heran jika emoji jauh lebih menarik daripada emoticon. Meskipun saat ini banyak emoticon yang sudah dikembangkan hingga memiliki tampilan lebih menarik.

2.Tingkat Ekspresif

Emoji memberikan kesan yang lebih ekspresif daripada emoticon. Terlihat dari desain emoji yang umumnya menunjukan mimik wajah yang menggambarkan sebuah ekspresi. Sedangkan emoticon yang hanya berupa garis, seringkali dianggap biasa-biasa saja.

3.Perangkat yang Digunakan

Sebelumnya, emoji memang dianggap sebagai bahasa non Barat, layaknya tulisan China maupun Jepang. Maka dari itu, hanya perangkat yang mendukung saja bisa menggunakan emoji. Sedangkan emoticon bisa digunakan di semua jenis perangkat.

Apakah Bisa Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone?

Mengubah emoji Android dengan emoji iPhone pada dasarnya bisa-bisa saja. Saat ini banyak aplikasi yang memudahkan untuk melakukan hal itu tanpa konfigurasi yang ribet. Agar prosesnya lebih cepat, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan emoji iPhone seperti Zfont3.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Selain Zfont3, ada beberapa aplikasi lain yang bisa dicoba seperti iOS Emojis For Android, Facemoji Emoji Keyboard&Fonts, iPhone Keyboard dan masih banyak lagi. Lalu apakah bisa mengubah emoji Oppo menjadi iPhone tanpa aplikasi?

Tentu saja bisa. Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, juga bisa menggunakan website. Penggunaan website ini jauh lebih simpel, karena tidak harus mendownload dan menginstal aplikasi tambahan. Apalagi ketika aplikasi sering pembaruan, itu akan merepotkan penggunanya.

Emoji iPhone memang memiliki tampilan yang menarik. Selain itu, penggunaan emoji iPhone bisa membuat penggunanya lebih percaya diri. Mungkin mereka ingin menunjukan bahwa sedang menggunakan perangkat iPhone, meskipun sebenarnya menggunakan Android.

Cara Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone Tanpa Aplikasi

Untuk mengubah emoji Android menjadi iPhone bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Ada 2 cara yang bisa diterapkan, yakni:

Pakai “Theme”

Biasanya, setiap smartphone Android ada aplikasi bawaan bernama Tema, itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Tema atau Theme yang ada di smartphone Android.
  2. Kemudian ketikkan di kolom pencarian “iOS”, kemudian pilih font yang berjudul “iOS 15.4” atau yang lainnya.
  3. Jika sudah menemukan, klik Download atau Unduh di bagian nama fontnya.
  4. Lalu tunggu beberapa saat sampai proses download selesai.
  5. Setelah proses download selesai, klik Apply atau Terapkan.
  6. Secara otomatis HP Android akan memuat ulang, dan tunggu hingga hidup kembali.
  7. Sekarang, sudah bisa menggunakan emoji iPhone di Android tanpa menggunakan aplikasi.

Emoji iPhone saat ini sudah berhasil aktif di Android. Bisa langsung dicoba dengan mengirim pesan ke orang lain. Selama masih diterapkan, emoji ini akan terus aktif. Jika tersedia pembaruan, segera lakukan pembaruan agar mendapatkan emoji yang lebih banyak.

Pakai Emojipedia

Selain memanfaatkan aplikasi bawaan bernama Tema, cara mengubah emoji Android menjadi emoji iPhone tanpa aplikasi juga bisa melalui website. Website ini bernama Emojipedia, yang memang menyediakan banyak jenis emoji termasuk untuk iPhone.

  1. Pertama, buka browser yang ada di smartphone Android, kemudian cari Emojipedia Apple.
  2. Setelah masuk ke websitenya, pilih emoji yang ingin digunakan.
  3. Lalu copy emoji tersebut dan paste di WhatsApp atau yang lainnya.
  4. Dan kirim ke orang yang dituju.

Cara ini memang akan sedikit merepotkan, karena harus mencari dan menyalin emoji sebelum menggunakannya. Berbeda dengan cara sebelumnya, emoji sudah tersedia lengkap, tinggal mengirimnya saja. Namun jika ingin penyimpanan lebih hemat, bisa menggunakan cara yang kedua.

Apakah Cara di Atas Aman?

Sebagai pengguna internet, harus benar-benar waspada dengan ancaman kejahatan. Karena banyak kasus kejahatan yang memanfaatkan media internet. Menggunakan emoji iPhone di Android memang bisa dilakukan. Dengan bantuan aplikasi tambahan maupun tidak, prosesnya sama-sama mudah.

Jika menggunakan aplikasi tambahan, pastikan mendownload aplikasi dari Google Play Store. Aplikasi-aplikasi yang sudah rilis di Google Play Store sudah terjamin keamanannya. Sebelum rilis, pasti sudah melalui tahap verifikasi terlebih dahulu.

Sebagai pengguna, tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakan aplikasi tersebut. Agar lebih aman, sebenarnya bisa memanfaatkan website Emojipedia. Dengan menggunakan website ini, tidak perlu mendownload aplikasi tambahan apapun.

Emoji yang ingin digunakan bisa dicari langsung melalui website tersebut. Jumlah emoji yang tersedia terus diperbaharui, tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan emoji baru.

Kelebihan Emoji iPhone

Emoji iPhone terus mengalami perkembangan yang membuatnya memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah jumlahnya yang banyak. Emoji iPhone atau iOS memiliki jumlah yang banyak, bahkan lebih dari 100 emoji.

Tersedia dalam berbagai bentuk seperti wajah, hewan, makanan, perkakas, instrumen musik dan sebagainya. Banyaknya pilihan emoji ini membuat penggunaannya jauh lebih mudah. Tidak perlu menginstal banyak aplikasi untuk menggunakan emoji-emoji yang berbeda.

Meski menggunakan emoji iPhone, pengguna bisa mengirimnya ke pengguna Android. Emojinya tetap akan terlihat sama, tidak akan berubah menjadi emoji Android.

Itulah cara mengubah emoji Android menjadi emoji iPhone tanpa aplikasi dengan proses mudah. Untuk menggunakan emoji iPhone di Android bisa menggunakan aplikasi bawaan yang sudah tersedia, maupun melalui website.

Jika melalui website, pilihan emojinya mungkin akan lebih banyak. Karena pengelola websitenya terus memperbaharui jumlah emojinya ketika ada pembaruan dari Apple.

 

 

Referensi :

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/31/10150087/2-cara-mengubah-emoji-hp-android-menjadi-iPhone-bisa-tanpa-aplikasi-tambahan

https://www.teknokarta.com/2128/cara-mengubah-emoji-android-menjadi-emoji-iPhone-tanpa-aplikasi.htmlhttps://teknoding.com/cara-mengubah-emoji-android-menjadi-iPhone/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *