Cara menghapus cache di laptop windows 7, 8, 10, 11.

Cara menghapus Cache Di Laptop – Merasa laptop kinerjanya menurun ? Banyak faktor penyebab yang membuat hal itu terjadi. Disamping karena spesifikasi hardware yang kurang mumpuni , juga bisa dipengaruhi oleh file sampah atau berkas cache.

File cache menumpuk di dalam laptop tanpa disadari mengakibatkan sistem mengalami kendala dalam pemrosesan data.

Sebenarnya fungsi file cache itu sendiri membantu prosesor memanggil data riwayat penggunaan user, namun sebaliknya apabila sudah terlampau banyak dan membebani memori justru menjadi masalah lain yang mengakibatkan performa Laptop lambat.

Hal ini bisa terjadi di hampir semua sistem operasi, sehingga memerlukan tindakan dengan cara menghapus cache di laptop kalian. Ini berlaku penggunaan Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan seterusnya.

Cara Menghapus cache di laptop

Ada dua cara umum yang biasa digunakan saat akan menghapus cache di komputer maupun laptop. Cara Pertama adalah memakai aplikasi pihak ketiga dan metode lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan sistem.

Saya akan bahas lengkap terkait dengan langkah-langkah membersihkan file sampah cache di laptop kalian. Silahkan ikuti instruksinya kemudian performa laptop akan kembali membaik.

Baca Juga : Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati total

Cara Menghapus File Cache di Laptop via Folder Temp

Folder Temp

Cara pertama yang dapat anda lakukan saat akan membersihkan file sampah yang ada dalam laptop yakni melalui folder temp.

Merupakan folder temporary yang secara otomatis dibuat oleh windows untuk menyimpan cache dan berkas sementara yang dihasilkan oleh proses sistem. Biasanya dihasilkan dari cache browser, aplikasi , menggunakan software lain yang dipakai oleh user.

Cara menghapus cache windows melalui folder temp sangat mudah, yakni dilakukan secara manual dengan membuka folder tersebut. Di Dalamnya akan tersimpan banyak file yang boleh diapus oleh pengguna dan tisak mengakibatkan error sistem.

Cara buka folder temp ini cukup jarang diketahui, mungkin karena kurangnya mencari informasi atau alasan lain sehingga pemilik laptop tidak tahu caranya.

Langkahnya:

  • Pertama silahkan tulis pada kolom pencarian taskbar di laptop anda [%temp%] , lalu klik open. Ini bisa dilakukan pada berbagai versi os windows, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain sebagainya.
  • Yang membedakan antara sistem operasi lainnya biasanya pada penempatan menu, misalnya pada windows 7. Anda perlu melakukan tahapan menekan [ Tombol windows + R] , setelah fitur RUN sudah tampil, maka ketik %temp% dan ketuk OK.
  • Jika sudah berada dalam folder temp, Silahkan masuk kedalamnya dan Hapus semua file.
  • Caranya bisa diBlok saja secara langsung, tekan Ctrl+A, kemudian tekan Delete pada keyboard laptop kalian.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop yang Hang dengan Benar dan Aman.

Cara hapus Cache Laptop Melalui Disk Cleanup

Disk Cleanup

Apa itu Disk Cleanup, Merupakan salah satu alat yang dimiliki windows secara default yang bisa dipakai untuk mencari berkas file dihasilkan oleh sistem.

Disk Clean up akan bekerja menganalisa sejumlah file, menghapus secara permanen beberapa berkas yang dianggap sampah proses yang tersimpan.

Tenang saja, menghapus file cache laptop dengan langkah ini juga tidak mengakibatkan kesalahan fatal yang bisa menyebabkan error sistem. Fitur tersebut juga tersedia di hampir semua sistem operasi windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain-lain.

Disk clean up tidak secara otomatis terpasang pada layar utama laptop, untuk membuka dan menggunakannya dapat melalui tahapan berikut:

  • Silahkan buka File explorer pada laptop anda, maka seperti biasa kalian akan melihat beberapa partisi drive laptop.
  • Lalu, Pilih salah satu partisi drive yang akan dibersihkan dari cache, Klik kanan > Pilih Properties
  • Silahkan Klik tombol [Disk Cleanup ] yang terdapat pada tombol general.
  • Anda bisa ceklist semuanya, sehingga tools ini akan membersihkan dan mengembalikan performa laptop menjadi lebih ringan .
  • Kemudian tunggu proses analisa, kemudian lanjutkan ketuk OK dan tunggu proses penghapusan file sampah laptop anda. Dalam hal ini tools akan menganalisa file cache dan menghapusnya.

Itulah cara kedua yang dapat dilakukan oleh pemilik laptop ketika akan bersihkan cache, Disamping itu, sama dengan android smartphone yang memiliki banyak pengembang aplikasi. Pada sistem Operasi windows juga tersedia aplikasi dari pihak ketiga untuk membantu pengguna mempermudah membersihkan file cache.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lebih Lama

Cara hapus Cache Laptop dengan Aplikasi CCleaner

Aplikasi CCleaner

Sudah tidak asing lagi namanya, merupakan aplikasi yang biasa ditemui di laptop Windows dan Sistem Operasi android .

Tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar yang dapat membantu kalian saat akan menghapus file cache laptop.

Pada prinsipnya nyaris serupa dengan langkah sebelumnya, namun pada Ccleaner menawarkan antarmuka ideal dan mudah digunakan oleh siapapun untuk menghapus dan bersihkan file sampah pada penyimpanan laptop.

Klaim yang ada pada web resmi Ccleaner, mereka mengatakan bahwa tools ini sudah dilakukan pengunduhan pengguna hingga 2.5M yang tersebar di seluruh dunia untuk mengoptimasi perangkat ponsel dan smartphone mereka.

Harga aplikasi ini terbilang tidak murah, namun sebelum memakai versi terbayarnya anda bisa mencoba versi gratis terlebih dahulu untuk dipasang di laptop.

  • Caranya, terlebih dahulu download Aplikasi Ccleaner dan Install pada perangkat ponsel.
  • Kemudian pada bagian Windows dan Applications silahkan ceklis bagian yang akan dibersihkan atau membiarkan pengaturannya secara default sesuai rekomendasi dari aplikasi tersebut.
  • Lalu Ketuk tombol [Analyze] Dan aplikasi akan berjalan melakukan analisa memilih berkas cache laptop anda. Biasanya akan berjalan dalam beberapa menit, tunggu sampai selesai.
  • Jika proses sudah selesai, tidak perlu langsung hapus. Kalian bisa memeriksa kembali jenis file-file apakah sudah sesuai dan layak untuk dibersihkan. Jika sudah yakni, klik [Run Cleaner ] Maka pembersihan akan berjalan.

Fungsinya beragam, tidak hanya dipakai sebagai alat membersihkan cache laptop saja. Namun aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mereka yang mengalami masalah pada registry, atau menonaktifkan beberapa software yang berjalan pada saat startup.

Beberapa fungsi lain bisa anda pertimbangkan , misalnya untuk Menghapus software, Mencari file ganda tersimpan dan menghapus salah satu, membersihkan cookies browsing dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

Penutup.

Itulah pembahasan Cara menghapus cache di Laptop yang dapat anda gunakan. Bisa pakai fitur yang sudah tersedia pada Windows 7, 8, 10 atau memakai aplikasi yang diperoleh dari piha ketiga.

Dalam hal ini pemakaian apps pembersih sangat direkomendasikan dengan yang berbayar, sehingga lebih optimal. Masih banya lagi jenis software Pemersih, Namun kami menyarankan untu tidak memasang lebih dari satu.

Sebaiknya cukup pasang satu namun mempunyai kinerja dan fungsi yang baik untuk menangani hapus cache laptop maupun PC Kalian.

Namun perlu diingat bahwa file cache terbentuk karena adanya pemakaian laptop, membuka apliaksi, browsing dan lain sebagainya. Melakukan pekerjaan diatas juga harus secara berkala sebagai upaya menjaga performa laptop.