Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa di Uninstall di Windows 7

Aplikasi yang tidak bisa dihapus memuat banyak pengguna jadi jengkel sendiri. Hal yang menjengkelkan tersebut kerap terjadi pada Windows 7. Oleh karena itulah, kamu harus tahu cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Windows 7 berikut ini juga.

Alasan dan penyebab kenapa aplikasi ini tidak dapat dihapus juga bermacam-macam. Bisa karena aplikasi yang termasuk bawaan sehingga tidak dapat dihapus. Juga bisa karena Malware dan masih banyak lainnya.

Inilah yang Menyebabkan Aplikasi Tidak Bisa Dihapus di Windows 7

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa aplikasi tidak dapat dihapus di Windows 7. Tentunya sebelum tahu cara cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Windows 7, kamu harus memahaminya terlebih dahulu.

Lantas, apa saja yang menyebabkan aplikasi di Windows 7 tidak dapat terhapus dengan baik? Bagi yang ingin tahu, simak saja beberapa penyebabnya sebagai berikut:

1. Aplikasi tersebut masih berjalan di background

Jika aplikasi masih berjalan di latar belakang Windows 7, otomatis aplikasi tersebut tidak dapat dihapus. Oleh karena itu, kamu harus menutupnya terlebih dahulu.

Untuk tahu apakah aplikasi yang ada masih berjalan atau tidak, lihat dulu di bagian Task Manager. Karena di menu ini, kamu bisa mendapat informasi seputar aplikasi yang tengah berjalan di perangkat.

2. Pengguna menginstal program lain

Bagi yang sedang menyelesaikan instalasi program lain, sudah dipastikan tidak dapat menghapus program di Windows 7. Oleh karena itu, kamu harus menunggu hingga proses instalasi aplikasi tersebut selesai.

3. Aplikasi mengalami corrupt

Jika di dalam aplikasi mengalami kerusakan ataupun corrupt, bisa jadi script-nya bermasalah. Hal tersebut membuat proses uninstall aplikasi jadi gagal. Jadi, usahakan aplikasi yang ingin dihapus tidak mengalami corrupt terlebih dahulu.

4. Aplikasi yang terkena virus

Umumnya, malware yang ada di aplikasi juga membuat aplikasi tersebut tidak dapat dihapus. Kamu harus scan dulu aplikasi tersebut memakai Windows Defender. Begitu juga pastikan aplikasi tidak rusak karena virus.

5. Ada bugs di sistem operasi yang kamu gunakan

Bugs yang ada di sistem juga menyebabkan aplikasi tidak dapat dihapus. Ada baiknya muat ulang PC atau laptop terlebih dahulu agar dapat memperbaiki masalah service sistem.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa di Uninstall di Windows 7 Paling Mudah

Setelah paham dengan penyebab kenapa aplikasi di Windows 7 dapat di uninstall, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut kapan saja. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan:

 

● Restart komputer terlebih dahulu

Ini adalah cara standar untuk menghapus atau menguninstal aplikasi yang tidak dapat dihapus di perangkat. Ya, cukup dengan merestart komputer saja, kamu bisa menyelesaikan proses uninstall aplikasi dengan baik.

Untuk merestart komputer yang menggunakan windows 7 juga mudah. Kamu cukup klik Start yang ada di halaman bawah kanan kiri desktop. Selanjutnya pilih Restart.

Tunggu hingga proses Restart tersebut selesai. Setelah itu, coba kembali dengan uninstall aplikasi yang gagal sebelumnya. Biasanya, aplikasi tersebut sudah bisa diuninstall sesuai keinginan.

● Menggunakan fitur Task Manager

Selanjutnya, kamu juga bisa menghapus aplikasi yang tidak dapat diuninstall dengan memanfaatkan fitur Task Manager. Fitur ini memastikan agar aplikasi yang kamu gunakan tidak berjalan di latar belakang.

Pasalnya, jika aplikasi masih berjalan di latar belakang, sudah pasti aplikasi tidak dapat diuninstall. Berikut cara menggunakan fitur Task Manager untuk menguninstal aplikasi ini:

  1. Klik kanan di bagian Taskbar.
  2. Kemudian pilih Task Manager.
  3. Untuk lebih sederhananya, kamu juga dapat mengetikkan Task Manager di Start Menu pada Windows.
  4. Pastikan program yang ingin dihapus tidak berjalan di background atau latar belakang Windows 7.
  5. Selanjutnya, pilih program.
  6. Ketuk bagian End Task agar aplikasi dapat dihentikan programnya.
  7. Setelah itu, kamu bisa memilih fitur Add or Remove programs.
  8. Hapus kembali aplikasi yang ingin dihapus tapi gagal tadi.
  9. Selesai, biasanya aplikasi tersebut bisa terhapus sesuai keinginan.

● Uninstall lewat program Regedit

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Windows 7 terbaru selanjutnya bisa dengan menggunakan Regedit. Regedit dikenal dengan sebutan Windows Registry yang tersedia di sistem operasi Windows.

Regedit ini berisi berbagai macam informasi seputar aplikasi. Diantaranya seperti sistem yang digunakan, konfigurasi, software atau program, ekstensi sampai preferensi pengguna.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu dapat menghapus aplikasi secara langsung lewat HKEY_LOCAL_MACHINE. Untuk langkahnya, ikuti tutorial berikut ini:

  1. Buka Run terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Setelah itu, tambahkan tulisan Regedit di kolom yang telah tersedia.
  3. Kemudian pilih
  4. Setelah itu, masuk di bagian Registry Editor yang ada di folder
  5. Scroll ke arah bawah dan pilih program yang mau dihapus sebelumnya.
  6. Pilih Delete untuk menghapus / uninstall aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting.
  7. Nantinya, akan muncul konfirmasi penghapusan yang harus dibaca terlebih dahulu.
  8. Setelah yakin ingin menghapus aplikasi tersebut, kamu bisa memilih
  9. Selanjutnya, restart Windows yang kamu gunakan seperti biasa.
  10. Lihat, jika sukses aplikasi tersebut sudah hilang dari Windows 7 yang kamu gunakan.

● Uninstall melalui Program Files

Bagi yang ingin tahu cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Windows 7, kamu bisa memanfaatkan Program Files juga. Caranya ini sangat mudah karena dapat dilakukan oleh siapapun.

Metode ini kerap dijadikan sebagai alternatif untuk menghapus program yang terinstall. Coba gunakan cara ini, siapa tahu berhasil. Untuk menggunakan metode ini, ikuti langkahnya berikut:

  1. Langkah pertama, kamu harus klik kanan pada aplikasi yang mau dihapus.
  2. Setelah itu, ketik opsi Open file location.
  3. Nantinya, kamu akan masuk ke tempat penyimpanan dimana aplikasi ini terinstall.
  4. Temukan fitur yang digunakan untuk menguninstall aplikasi di dalam folder ini.

● Menggunakan CCleaner

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan aplikasi yang bernama CCleaner. Aplikasi ini merupakan software untuk pembersih cache, history, dan sejenisnya yang sangat populer.

Meski begitu, di dalam aplikasi ini juga ada tools khusus yang dapat digunakan untuk memperbaiki PC. Diantaranya seperti uninstall aplikasi yang dianggap tak terlalu penting di Windows 7.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga mudah sehingga siapapun tak akan bingung nantinya. Langsung saja, simak tutorial menggunakan Ccleaner berikut untuk uninstall aplikasi di Windows 7:

  1. Tentunya, pastikan aplikasi ini sufus terunduh dan terinstall di perangkat yang kamu gunakan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, masuk atau akses ke aplikasi CCleaner yang baru didownload.
  3. Kemudian pilih Tools.
  4. Ketuk opsi Uninstall.
  5. Selanjutnya, kamu cukup menentukan aplikasi yang ingin dihapus di Windows 7 saja.
  6. Setelah itu, pilih Uninstall untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan tadi.
  7. Selanjutnya, kamu harus mengikuti proses uninstall yang sudah tersedia hingga aplikasi berhasil terhapus di Windows 7.
  8. Selesai.

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa di uninstall di Windows 7 memang ada berbagai cara. Tentunya, kamu cukup menentukan metode mana yang ingin digunakan sesuai kondisi perangkat pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *