Cara Mendaftar Bank dari Luar Negeri Agar Tetap Bisa Bertransaksi

Dengan semakin canggihnya teknologi kini mendaftar bank sudah jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Beberapa bank bahkan sudah tidak mewajibkan calon nasabah untuk datang ke lokasi untuk mendaftarkan diri. Begitu juga dengan cara mendaftar bank dari luar negeri.

Benar, mendaftar bank dari luar negeri memungkinkan karena beberapa bank memiliki mekanisme yang memudahkan calon nasabah agar tidak perlu repot pulang ke Indonesia terlebih dahulu. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara mendaftar bank dari luar negeri.

Cara Mendaftar Bank dari Luar Negeri dengan Mudah

Ketika sedang berada di luar negeri untuk bekerja atau menempuh pendidikan, kebutuhan untuk bertransaksi dengan keluarga atau orang-orang di Indonesia seringkali tak terhindarkan. Oleh sebab itu dibutuhkan rekening bank sebagai media transaksi seperti contohnya transfer uang dan sebagainya.

Beruntung saat ini keperluan untuk mendaftar bank dari luar negeri sudah difasilitasi oleh beberapa bank di Indonesia. Berikut diantaranya:

1. BNI

Bank pertama di daftar ini yang menyediakan layanan untuk membuka rekening dari luar negeri adalah BNI. Hal ini tentu sangat memudahkan calon nasabah bank BNI yang sedang berada di luar negeri karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk pulang dahulu ke Indonesia.

Namun sebelum mendaftar, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar bank BNI dari luar negeri:

  • Identitas (KTP) calon nasabah
  • Kartu pelajar (jika masih menempuh pendidikan)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) baik Indonesia maupun SIM internasional
  • Paspor asli dan fotocopy
  • Rekening koran KK (Kartu Kredit)
  • Rekening Listrik
  • Rekening Air
  • Rekening Telepon
  • Izin tinggal atau surat perjanjian sewa menyewa apartemen

Sebagai catatan, untuk rekening listrik, rekening air, dan rekening telepon harus menggunakan rekening tempat tinggal di luar negeri. Jadi tidak menggunakan rekening tempat tinggal di Indonesia ya.

Setelah semua syarat sudah terkumpul, selanjutnya calon nasabah bisa meminta bantuan kepada cabang BNI yang ada di luar negeri.

Sebagai informasi, hingga saat ini BNI sudah memiliki 8 cabang di luar negeri. Cabang-cabang tersebut antara lain BNI New York, BNI Yangon, BNI Hong Kong, BNI Seoul, BNI London, BNI Osaka, BNI Tokyo, dan BNI Singapore.

Cabang-cabang tersebut berada di negara yang jumlah WNI-nya cukup banyak. Jadi diharapkan bisa mewadahi kebutuhan para nasabah maupun calon nasabah yang ada di negara-negara tersebut.

Selain itu BNI juga menghimbau kepada TKI atau Tenaga Kerja Indonesia maupun pelajar yang hendak menempuh pendidikan di luar negeri untuk mempersiapkan rekening BNI sebelum berangkat atau saat sedang berada di Indonesia karena pastinya proses pembukaan akan lebih mudah.

2. Bank Mandiri

Cara mendaftar bank dari luar negeri selanjutnya adalah Bank Mandiri. Bank yang satu ini juga menyediakan layanan untuk mendaftar dari luar negeri. Tapi perlu diketahui bahwa pendaftaran ini bukanlah pendaftaran penuh dari awal atau pembukaan rekening.

Melainkan pendaftaran internet banking saja. Seperti yang kita ketahui, Bank Mandiri memiliki layanan internet banking yang bisa memudahkan penggunanya untuk bisa bertransaksi tanpa harus mendatangi ATM atau kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Untuk pendaftaran internet banking Bank Mandiri dari luar negeri, sebenarnya tidak jauh berbeda jika nasabah berada di Indonesia. Karena pada dasarnya semua bisa diakses secara online.

Bedanya, ketika di luar negeri nasabah diharuskan untuk mencari ATM yang sudah terintegrasi dengan bank yang ada di Indonesia khususnya Bank Mandiri. Karena untuk mendapatkan nomor registrasi, nasabah harus mendaftarkannya melalui ATM.

Adapun persyaratan untuk bisa membuka internet banking dari luar negeri antara lain :

  • Memiliki e-mail yang masih aktif
  • Sudah tercatat sebagai nasabah Bank Mandiri dan mempunyai rekening bank tersebut yang masih aktif
  • Memiliki nomor telepon yang masih aktif
  • Memahami ketentuan dalam membuat internet banking Bank Mandiri dan memberikan persetujuan.

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, selanjutnya nasabah bisa mulai mendatangi ATM yang terintegrasi, kemudian mengikuti langkah-langkahnya hingga mendapatkan nomor registrasi.

Jika membutuhkan bantuan, maka nasabah bisa mendatangi kantor cabang di negara terkait. Nasabah bisa mencari tahu apakah di negara tempat dia tinggal terdapat kantor cabang Bank Mandiri.

3. BRI

BRI memiliki program tabungan tersendiri bagi mereka yang bertempat tinggal atau khususnya yang sedang bekerja di luar negeri. Namanya adalah Simpedes TKI. Program ini sendiri diklaim bisa mempermudah aktivitas transaksi bagi WNI yang sedang di luar negeri.

Simpedes TKI memiliki banyak kelebihan bagi para pekerja di luar negeri. Diantaranya proses pendaftaran yang mudah, berkesempatan untuk mendapatkan undian, dapat terhubung dengan semua layanan BRI di seluruh Indonesia, dan pastinya mendapatkan kartu ATM fisik dari BRI.

Sebelum mengetahui cara mendaftar bank dari luar negeri untuk Bank BRI, berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar:

  • Formulir pembukaan rekening Simpedes TKI yang sudah diisi
  • Setoran awal minimal 10 ribu rupiah
  • Fotocopy identitas diri seperti KTP, Passport, atau SIM.

Setelah melengkapi semua persyaratan di atas, calon nasabah bisa mendatangi kantor cabang BRI terdekat dan menuju meja customer service. Di sini selanjutnya calon nasabah akan ditunjukkan dan dituntun hingga rekening berhasil dibuka.

Cara Menerima Uang dari Luar Negeri

Setelah mengetahui cara mendaftar bank dari luar negeri, kamu mungkin membutuhkan informasi tentang bagaimana mengirim atau menerima uang dari luar negeri. Berikut informasi selengkapnya:

1. BRI

BRI memiliki layanan yang bernama Incoming Remittance dan Outgoing Remittance. Incoming Remittance sendiri adalah sebuah cara mengirim uang dari luar negeri melalui jalur telegraphic transfer dan BRIfast web service.

Dengan layanan tersebut, dana yang dikirim dari luar negeri akan langsung dikirim ke rekening bank yang ada di Indonesia tanpa perantara.

Sedangkan Outgoing Remittance sendiri adalah kebalikan dari Incoming Remittance dimana nasabah BRI di Indonesia bisa mengirim uang ke 120 bank di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan BRI.

2. BNI

Hampir sama seperti BRI, BNI memiliki layanan bernama Incoming Transfer dan Outgoing Transfer. Incoming Transfer dapat digunakan untuk mengirimkan uang dari luar ke dalam negeri dengan proses yang cepat dan mendapatkan banyak keuntungan.

Sedangkan Outgoing Transfer digunakan untuk mengirimkan uang dari dalam ke luar negeri dengan 125 valuta asing yang berbeda.

3. Bank Mandiri

Untuk bisa mengirimkan uang dari luar negeri ke dalam negeri menggunakan Mandiri, maka nasabah bisa mendatangi lokasi kantor pusat berikut :

  • Kantor Pusat Mandiri International Remittance Bhd Malaysia Wisma Mepro, Ground and Mezzanine Floor 29 & 31 Jl. Ipoh, Chow Kit, 51200, KL Malaysia
  • Bank Mandiri Cabang Hong Kong Shop 3 & 4, 3 Keswick St. Causeway Bay Hong Kong.

Cara mendaftar bank dari luar negeri hingga mengirimkan uang dari luar negeri sekarang sudah semakin mudah. Sehingga bagi WNI yang hendak ke luar negeri sekarang tidak perlu khawatir tidak bisa bertransaksi dengan keluarga di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *