Cara Memblokir Aplikasi dengan Windows Firewall, Mengecek, dan Mengembalikannya

Windows menghadirkan berbagai fitur yang mampu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses perangkat. Salah satunya adalah fitur firewall. Kebanyakan pengguna mungkin sudah pernah mendengarnya, namun tidak memahami cara memblokir aplikasi dengan Windows Firewall.

Umumnya fitur firewall akan aktif pada kondisi tertentu, seperti saat membuka aplikasi atau game yang baru saja selesai diinstall. Namun fitur ini juga bisa diaktifkan secara manual sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan begitu fungsional dari fitur juga dapat bekerja secara optimal.

Apa Itu Windows Firewall?

Windows Firewall merupakan perangkat lunak yang termasuk dalam sistem operasi. Bisa dikatakan ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah tersedia dan bisa digunakan secara bebas. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah memberikan perlindungan pada sistem komputer.

Perlindungan dilakukan dengan cara mendeteksi kondisi suatu jaringan, apakah jaringan yang digunakan aman atau tidak. Jika jaringan dirasa aman, maka Windows Firewall akan mengizinkan akses. Namun sebaliknya, jika dianggap tidak aman maka jaringan akan diblokir oleh firewall.

Sistem kerja Windows Firewall adalah untuk memberikan otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggap aman untuk melaluinya dan melakukan Tindakan pencegahan terhadap jaringan yang dianggap tidak aman. Dengan adanya penyaringan lalu lintas, perangkat bisa lebih terjaga.

Perlindungan pada jaringan internet merupakan hal yang perlu diperhatikan agar perangkat tidak mudah terkena virus dan gangguan lainnya. Dengan meningkatkan keamanan, pengguna bisa mengetahui informasi yang lebih terperinci tentang pola lalu lintas jaringan.

Bisa dikatakan bahwa firewall digunakan untuk dapat mengontrol akses terhadap apapun dan siapapun yang memiliki akses masuk ke perangkat terhadap jaringan privat yang dating dari pihak luar.

Manfaat Fitur Windows Firewall

Bisa dijelaskan dengan singkat, jika Windows Firewall merupakan fitur yang dapat berfungsi memblokir koneksi internet pada aplikasi tertentu. Adanya fitur ini dapat membuat komputer bisa semakin aman dan terjaga. Selain itu, pengguna juga bisa menghemat kuota internet dan terhindar dari virus.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika mengaktifkan fitur yang satu ini. Semua lalu lintas jaringan komunikasi akan melewati Windows Firewall terlebih dahulu. Sehingga bisa dijabarkan bahwa Windows Firewall memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  • Firewall hanya memperbolehkan lalu lintas resmi saja, atau yang diizinkan oleh administrator.
  • Firewall memiliki peranan untuk memfilter hingga mengatur lalu lintas data yang diizinkan untuk dapat mengakses jaringan privat yang dilindungi.
  • Windows Firewall berfungsi sebagai pengawas dan pengontrol jalannya arus data yang mengalir pada jaringan.
  • Firewall melindungi sumber daya yang dimiliki perangkat dari berbagai ancaman berbahaya yang mungkin dating dari pihak luar, seperti pencurian data dan lainnya.

Proteksi bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa pengaturan yang terdapat pada bagian proxy, access control, dan lain sebagainya.

Fungsi dari kegiatan tersebut adalah mengamankan host yang dilindungi agar tidak bisa diakses oleh host lain yang dianggap mencurigakan, atau yang berasal dari lalu lintas yang mencurigakan.

Tutorial Cara Memblokir Aplikasi dengan Windows Firewall

Kebanyakan pengguna mungkin hanya sekedar mengetahui fitur yang satu ini, namun tidak mengetahui cara memblokir aplikasi dengan Windows Firewall app. Akses fitur ini bisa diaktifkan secara manual melalui menu yang tersedia.

Dengan memahami cara memanfaatkannya dengan baik, maka fitur dapat berfungsi secara optimal sehingga mampu memenuhi kebutuhan para pengguna. Apabila belum memahami bagaimana cara mengaktifkannya, simak panduannya sebagai berikut.

  • Akses kolom search yang terdapat pada taskbar Windows.
  • Silahkan ketikkan kata kunci Firewall atau Windows Firewall.
  • Tekan Open untuk membuka aplikasi.
  • Pada halaman utama firewall, akan terlihat berbagai pilihan menu.
  • Periksa kolom yang berada di bagian kirim, pilih opsi Inbound Rule >> Klik kanan >> New Rule.
  • Akses bagian Rule Type, pilih opsi Program.
  • Apabila telah selesai, silahkan tekan Next.
  • Ubah opsi pada bagian This Program Path >> Klik Browse >> Pilih aplikasi yang diinginkan >> Next.
  • Pilih bagian Block Connection. Tekan Next untuk melanjutkan.
  • Berikan tanda centang pada tiga opsi, Private, Public, dan Domain. Lanjutkan dengan menekan Next.
  • Tentukan nama rule Bebas diberikan nama apa saja, contohnya aplikasi. Tekan Finish untuk menyelesaikan.
  • Isi nama aplikasi pada Windows Firewall.
  • Setelah selesai melakukan pengaturan inbound, yang artinya nanti koneksi yang diterima akan diblokir. Perlu juga mengaktifkan blokir untuk koneksi yang dikirim pada bagian menu Outbound rules.
  • Pilih opsi Outbound Rules, pilih bagian New Rule.
  • Lakukan Langkah yang sama dengan yang sudah diinformasikan sebelumnya (sama dengan pengaturan Inbound)
  • Pengaturan selesai dilakukan.

 

Cara Mengetes Fungsi Fitur Windows Firewall

Setelah mengetahui cara memblokir aplikasi dengan Windows Firewall, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengetes tindakan yang dilakukan. Apakah fitur tersebut memang sudah benar aktif dan bekerja dengan baik atau belum.

Hal ini penting untuk dilakukan agar pengguna bisa menggunakan fitur secara optimal. Cara paling mudah untuk mengetesnya adalah melalui Task Manager. Simak caranya di bawah ini.

  • Tekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan.
  • Pilih bagian opsi Task Manager.
  • Pilih tab Users, kemudian buka bagian kolom Users Anda.
  • Open aplikasi yang sebelumnya telah diatur di firewall.
  • Silahkan Kembali ke Task Manager, lihat dan perhatikan pada bagian networknya. Apakah ada jumlahnya atau tidak. Jika 0 dan tidak berubah-ubah, maka bisa dipastikan fitur firewall telah bekerja dengan baik.
  • 0 Mbps pada bagian informasi network menginformasikan bahwa tidak ada koneksi yang masuk atau terkirim dari sistem ke internet. Dalam kondisi ini, artinya firewall sudah memblokir aplikasi tersebut.

Cara Menonaktifkan Fitur Windows Firewall

Cara memblokir aplikasi dengan Windows Firewall akses dapat dilakukan secara manual sesuai dengan kebutuhan pengguna pada saat tertentu saja. Apabila sudah selesai menggunakan fitur tersebut dan ingin mengembalikan pengaturan seperti semula, hal tersebut bisa dilakukan secara mudah.

Bahkan kapan saja ingin mengembalikan pengaturan bisa dilakukan secara instan dan mudah. Selain mengetahui cara mengaktifkan fitur Windows Firewall, pengguna juga tentu harus mengetahui bagaimana cara mengembalikannya.

Dengan begitu penyesuaian pengaturan fitur pada Windows bisa dioptimalkan dan sesuai kebutuhan. Apabila ingin mengembalikannya seperti semula, simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Klik bagian opsi Inbound Rule.
  • Pada bagian kolom Inbound Rules, temukan aplikasi yang sudah diatur sebelumnya untuk bisa dikembalikan seperti semua.
  • Pilih aplikasi >> Klik Kanan >> Pilih opsi Delete.
  • Tekan Delete Rule untuk menonaktifkan fitur firewall pada aplikasi tersebut.
  • Secara otomatis, pengaturan firewall yang sudah dibuat sebelumnya akan hilang. Lakukan langkah yang sama untuk menghapus Outbound rule. Setelah selesai, lalu lintas ke aplikasi tersebut akan kembali normal.

 

Dengan menerapkan cara memblokir aplikasi dengan Windows Firewall, pengguna bisa lebih menghemat internet dan melakukan penyesuaian perangkat secara mudah. Hal tersebut memungkinkan perangkat Windows bisa bekerja secara optimal guna memberikan fasilitas terbaik bagi pengguna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *