6 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Paling Mudah & Praktis

Sebagai salah satu pengguna Windows 10, kamu harus tahu bagaimana cara uninstall aplikasi di Windows 10 berikut ini. Dengan begitu, beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting di PC dapat dihapus dari perangkat dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara untuk uninstall aplikasi di Windows 10? Apakah caranya mudah? Kenapa kita harus menguninstal aplikasi yang dianggap tak penting di PC? Nah, bagi yang penasaran dan ingin tahu, langsung saja simak ulasan lengkapnya hanya di artikel ini.

Kenapa Harus Uninstall Aplikasi di Windows 10?

Sebelum tahu cara uninstall aplikasi di Windows 10 lebih lanjut, kamu harus paham kenapa harus menguninstall aplikasi yang tidak digunakan di PC terlebih dahulu. Ada beberapa alasan penting kenapa kamu harus menguninstal aplikasi yang tidak terlalu berguna di perangkat.

Hal tersebut berkaitan penuh dengan kinerja komputer yang kamu gunakan. Ya, dengan menguninstal aplikasi, biasanya kinerja perangkat menjadi lebih maksimal alias tidak lemot.

Cocok sekali untuk pengguna yang sekarang sedang mengeluhkan perangkatnya sudah mulai lemot. Selain itu, ada banyak manfaat lain setelah uninstall aplikasi yang dianggap tidak penting. Berikut manfaat yang kamu dapatkan:

  1. Dapat menambah ruang di hard drive disk (HDD) sehingga lebih lega dari sebelumnya.
  2. Dapat meningkatkan kecepatan komputer yang kamu gunakan sehingga tidak lemot atau lag.
  3. Keamanan dokumen yang ada di komputer maupun PC menjadi lebih terjamin dan terjaga dengan baik.

Uninstall aplikasi menjadi bagian yang sangat penting karena komputer mempunyai batas penyimpanan yang cukup terbatas. Belum lagi, aplikasi yang didownload di komputer juga terus meminta update terbaru tiap tahunnya.

Biasanya, update tersebut membuat penyimpanan menjadi sesak serta keamanan komputer yang lebih tergerus. Oleh karena itulah, kamu harus selektif dalam menggunakan aplikasi. Jangan asal memakai aplikasi atau terlalu banyak download aplikasi di PC.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Paling Mudah

Pilihan terbaik agar penyimpanan PC tetap terjaga dan keamanannya menjadi terjamin adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting. Cara uninstall ini juga sangat mudah dan beragam. Ikuti saja beberapa tutorial berikut:

●Menggunakan Start menu

Menggunakan menu Start Menu bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghapus aplikasi yang dianggap tidak penting. Tidak perlu download aplikasi tambahan lagi. Untuk menerapkannya, simak tutorialnya berikut:

  1. Pertama-tama, kamu harus mengarahkan kursor di tombol Start Windows pada desktop terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, menentukan aplikasi yang ingin dihapus dari PC.
  3. Klik kanan pada aplikasi
  4. Kemudian bisa langsung memilih “Uninstall”.
  5. Proses uninstall aplikasi otomatis selesai jika ikon aplikasi telah hilang.

●Menggunakan Control Panel

Cara uninstall aplikasi di Windows 10 berikutnya adalah dengan menggunakan Control Panel. Cara ini dianggap konvensional dan tentunya banyak digunakan oleh hampir semua pengguna Windows. Untuk tutorialnya sebagai berikut:

  1. Sama dengan sebelumnya, kamu harus klik kanan Start Windows pada bagian kiri bawah desktop terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, cari opsi menu Control Panel.
  3. Pilih menu Programs and Features.
  4. Tentukan aplikasi dan program yang ingin diuninstall di PC.
  5. Klik kanan pada aplikasi
  6. Kemudian pilih Uninstall.
  7. Selesai, aplikasi yang dianggap tak penting telah terhapus.

●Menggunakan Settings

Untuk uninstall aplikasi di PC, kamu juga bisa menggunakan menu Settings. Cara ini juga tak kalah mudah dari sebelumnya dan tentu tidak perlu aplikasi tambahan lagi. Untuk yang tertarik dengan metode ini, simak tutorial lengkapnya berikut:

  1. Pilih Start Windows pada perangkat terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih Settings.
  3. Nantinya, kamu bisa memilih Apps & Features.
  4. Tentukan aplikasi yang ingin dihapus di bagian Apps & Features.
  5. Klik ikon aplikasi
  6. Pilih Uninstall.

●Menggunakan Revo Uninstaller

Selain menggunakan metode bawaan di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan. Dari banyaknya aplikasi yang ada di internet, Revo Uninstaller adalah salah satu yang terbaik.

Cara uninstall aplikasi di Windows 10 paling mudah ini memang ada beberapa kelebihan. Diantaranya, tidak perlu melakukan tutorial yang ribet seperti sebelumnya. Berikut tutorial untuk menggunakan aplikasi ini:

  1. Pastikan sudah mendownload aplikasi Revo Uninstaller di perangkat yang kamu gunakan terlebih dahulu.
  2. Klik dua kali di ikon program maupun aplikasi yang ingin dihapus di PC.
  3. Selanjutnya, klik kanan di ikon program maupun aplikasi yang mau dihapus.
  4. Klik Uninstall.

●Menggunakan CCleaner

Aplikasi tambahan lain yang dapat digunakan untuk menguninstall aplikasi di PC adalah CCleaner. Aplikasi cukup praktis dan tidak sulit digunakan karena tampilannya memang mudah dipahami.

CCleaner yang sudah didownload berjalan menjadi opsi default. Jadi, kamu dapat mengatur aplikasi ini sesuai keinginan masing-masing. Adapun cara uninstall aplikasi di Windows 10 menggunakan aplikasi ini sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Ccleaner yang sudah didownload di perangkat terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih ikon Cleaner yang ada di sebelah kiri atas CCleaner.
  3. Tentukan aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Jangan lupa untuk membaca pop up yang muncul sebelum menghapus aplikasi.
  5. Kemudian, pilih
  6. Pilih aplikasi yang mau di-uninstall.
  7. Pilih tombol analysis.
  8. Pilih Run Cleaner setelah aplikasi menyelesaikan analisis.
  9. Pilih OK untuk melanjutkan langkah.

●Menggunakan IObit Uninstaller

Masih ada aplikasi lain yang bisa digunakan, IObit Uninstaller. Aplikasi populer ini berfungsi uninstall berbagai aplikasi maupun program di perangkat dengan mudah.

Bagi yang ingin menggunakannya tidak usah khawatir karena aplikasi dapat didownload secara gratis. Namun ada juga versi berbayar dengan tambahan fitur yang lebih lengkap.

IObit Uninstaller punya kelebihan dibanding aplikasi sejenisnya. Diantaranya menawarkan opsi yang dapat digunakan untuk melihat program maupun aplikasi yang telah terpasang di perangkat komputer.

Selanjutnya, juga bisa mengatur besaran ruang yang terpakai beserta waktu pemasangan aplikasi tersebut. Agar dapat melakukan kustomisasi aplikasi lebih lanjut, IObit Uninstaller juga menunjukkan pengguna beberapa aplikasi yang terlalu memakan banyak ruang.

Cara mengoperasikan aplikasi ini cukup mudah dan tentunya bisa dilakukan oleh siapapun. Adapun tutorial lengkapnya sebagai berikut:

  1. Pastikan di dalam perangkat sudah terdownload IObit Uninstaller.
  2. Setelah aplikasinya terdownload, buka dan jalankan aplikasi
  3. Masuk ke opsi Windows Apps untuk menentukan aplikasi Windows mana saja yang ingin dihapus di perangkat.
  4. Kemudian, kamu bisa mengklik ikon aplikasi yang ingin diuninstall tadi.
  5. Kemudian, masuk ke opsi Uninstall untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak diinginkan tadi.

Ingin tahu keunikan yang dimiliki aplikasi ini dibanding aplikasi lain yang sudah disebutkan di atas? Ya, bagi yang sudah memasang IObit Uninstaller di perangkat PC, kamu dapat melakukan proses uninstall di Control Panel juga.

Hanya saja, caranya lebih praktis karena tidak perlu melakukan tutorial yang telah disebutkan di atas. Kamu cukup menekan tombol Powerful Uninstall lewat ikon IObit yang ada di aplikasi ini saja.

Tentu saja hal seperti ini menjadi lebih ringkas. Pasalnya, sistem IObit sudah terintegrasi di Control Panel dengan mudah.

Kini kamu sudah tahu cara uninstall aplikasi di Windows 10 yang paling mudah. Tinggal hapus beberapa aplikasi yang dianggap tidak terlalu penting saja. Selanjutnya, nikmati performa PC yang lebih cepat dibanding sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *