5 Cara Upload Video di WA Full Tanpa Aplikasi

Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang memiliki banyak pengguna dan dapat digunakan pada hampir semua gadget. Pada aplikasi WhatsApp pengguna dapat berbagi audio bahkan video. Namun tetap dibatasi maksimum untuk mengirimnya, tenang saja karena ada cara upload video di WA full tanpa aplikasi.

Batas maksimal yang diberikan oleh pihak WhatsApp untuk mengirim video adalah 16 MB saja, tidak dapat lebih. Durasi video yang dimiliki tidak dapat dijadikan patokan sebab resolusi kamera setiap gadget tidak sama. Oleh karena itu berikut cara upload video di WA full tanpa aplikasi tanpa terpotong.

Bagaimana Cara Upload Video di WA Full Secara Langsung?

Ada cara yang dapat dilakukan oleh pengguna agar dapat mengupload video di WhatsApp dengan ukuran besar. Jika pengguna menerima video dalam ukuran besar dan ingin mengirimkan kembali maka hal yang bisa dilakukan yaitu dengan cara meneruskan video tersebut. Berikut cara upload video di WA secara full tanpa bantuan aplikasi.

Cara meneruskan video berukuran panjang di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di gadget yang digunakan
  2. Selanjutnya pengguna mencari chat berupa video panjang yang ingin dikirimkan kepada orang lain
  3. Ketuk dan tahan video tersebut, nantinya pada sudut kanan atas terdapat ikon teruskan.
  4. Kirim video berukuran panjang tersebut pada orang yang ingin dikirimkan
  5. Setelah itu, video akan otomatis terkirim pada pengguna yang diinginkan.

Bagaimana Cara Upload Video di WA Full Tanpa Aplikasi Lebih dari 16 MB?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pihak WhatsApp sendiri membatasi pengiriman file seperti video hingga 16 MB saja. Akan tetapi, terdapat cara untuk upload video di WA tanpa aplikasi tambahan untuk mengakali hal tersebut. Cara ini dapat dilakukan oleh semua pengguna dengan mudah, yaitu diantaranya:

1. Kompress Video yang Akan Dikirim

Cara upload video di WA full tanpa aplikasi untuk dikirim yang pertama adalah dengan mengkompres video. Tujuan dari kompres video yaitu untuk mengecilkan ukuran video yang akan dikirim. Caranya cukup mudah, yaitu pengguna dapat memanfaatkan compress video online yang tersedia di internet secara gratis.

Jika ingin menggunakan aplikasi tambahan, maka dapat menggunakan aplikasi Vidcompact yang tersedia di Play Store dan mudah digunakan dan terkesan lebih simpel. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk mengkompres video yang akan diupload dengan aplikasi Vidcompact yaitu sebagai berikut:

  • Pasang aplikasi Vidcompact di gadget dengan cara menginstall di Play Store
  • Jika proses pemasangan aplikasi sudah selesai buka aplikasi tersebut
  • Pilih menu Pangkas & Kompress
  • Kemudian pilih video yang akan dikompress
  • Pilih resolusi yang diinginkan agar ukuran video tersebut lebih kecil dari ukuran awal
  • Terakhir jika proses compress telah selesai, maka simpan video tersebut

Jika video telah dikompres maka pengguna tidak perlu pusing memikirkan durasi dari video tersebut karena ukuran video sudah berkurang dan dapat dikirimkan kepada orang yang diinginkan melalui WhatsApp.

2. Menggunakan Google Drive

Cara upload video panjang di WA full tanpa aplikasi yaitu dengan memanfaatkan Google Drive. Adanya Google Drive ini pengguna dapat membagikan video yang berdurasi panjang dan ukurannya lebih dari 16 MB. Hal tersebut dikarenakan fungsi Google Drive sendiri merupakan penyimpanan yang berbasis Cloud Storage.

Cara menggunakan Google Drive yaitu:

  • Buka aplikasi Google Drive yang telah terpasang di gadget, atau pengguna dapat menginstalnya di Play Store
  • Klik ikon Tambahkan lalu upload video yang diinginkan
  • Tunggu proses penguploadan hingga selesai
  • Jika sudah selesai, maka klik ikon Titik Tiga dan salin link yang tertera.
  • Setelah langkah selesai dilakukan selanjutnya pengguna dapat mengirimkan video tersebut ke orang yang diinginkan dengan menempelkan link pada kolom chat. Secara otomatis pengguna lain akan diarahkan ke Google Drive untuk melihat video yang dikirimkan.

3. Menggunakan Firefox Zend

Selanjutnya pengguna dapat menggunakan Firefox Zend untuk mengupload video di WA. Firefox Zend sendiri juga biasa disebut dengan Mozilla. Jika kebanyakan pengguna berpikir bahwa Mozilla hanya terbatas browser saja, maka salah. Dengan Mozilla pengguna juga dapat mengupload dan mengirimkan video berdurasi panjang.

Pada aplikasi Firefox Zend yang dikembangkan oleh Mozilla ini pengguna dapat mengirimkan media berupa video dalam ukuran yang besar dan berdurasi panjang. Uniknya pengguna tidak perlu memiliki akun untuk menggunakannya.

Hanya dengan mengupload video, setelah itu pengguna dapat mengirimkan link video yang sudah diupload pada Firefox Zend. Orang lain dapat menonton dan mengunduh video yang diakses melalui link tersebut. Selain itu, pengguna juga bebas untuk mengatur video tersebut dapat ditayangkan dan diunduh untuk berapa kali.

4. Menggunakan Aplikasi Cloud Storage

Menggunakan aplikasi cloud storage adalah cara upload video di WA full tanpa aplikasi yang selanjutnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi cloud storage ini merupakan aplikasi yang dapat menyimpan berbagai jenis media pada server awan. Dengan begitu kita dapat berbagi file kepada orang lain.

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimpan video yang memiliki ukuran yang besar serta durasi yang panjang dengan membagikan link kepada orang yang diinginkan. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan Google Drive yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya dan Dropbox.

Cara menggunakan aplikasi cloud storage yaitu:

  • Pasang aplikasi Cloud Storage atau jika belum memiliki, pengguna dapat menginstall di Play Store terlebih dahulu
  • Jika telah terpasang, maka buka aplikasi tersebut dan buat akun terlebih dahulu sesuai identitas yang dimiliki
  • Selanjutnya pengguna dapat mengupload video pada aplikasi tersebut dan menyalin link untuk dibagikan
  • Yang terakhir, bagikan link secara langsung pada orang yang diinginkan pada aplikasi WhatsApp.

Setelah link tersebut diakses oleh teman, kerabat, atau orang yang diinginkan maka video yang diinginkan sudah dapat dilihat dan diunduh dengan mudah tanpa memikirkan ukuran video yang dikirimkan.

5. Share Link Video Youtube

Jika tidak tertarik menggunakan cara yang telah dipaparkan sebelumnya, maka cara inilah yang dapat dicoba. Cara upload video di WA tanpa aplikasi tambahan yaitu dengan share link langsung dari aplikasi Youtube. Cara yang dilakukan cukup mudah yaitu:

  • Login terlebih dahulu pada menu Youtube Studio
  • Jika sudah berhasil login, maka buat video dengan klik menu Buat
  • Pilih dan upload video yang diinginkan
  • Setelah berhasil diunggah selanjutnya yaitu dengan membagikan link dengan klik Bagikan
  • Pilih aplikasi yang diinginkan, disini dapat pilih aplikasi WhatsApp
  • Lalu kirimkan link tersebut kepada orang yang diinginkan.

Dengan cara share link video Youtube, video yang diupload dapat dilihat dan diunduh oleh orang yang diinginkan tanpa harus mengirimkannya langsung kepada orang lain melalui WhatsApp.

Beberapa cara upload video di WA full tanpa aplikasi yang telah dipaparkan dapat dicoba oleh siapa saja. Untuk menggunakannya, pastikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing agar video yang diinginkan dapat terupload dan dapat dikirimkan kepada orang yang diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *