Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Mengatasinya

ligaprima.co.id – Layar laptop merupakan panel utama yang dapat menampilkan display sehingga pengguna dapat mengoperasikan sesuai kebutuhan. Berbagai masalah bisa saja terjadi, hal ini disebabkan oleh beragam faktor. Salah satunya adalah Blank Hitam, yakni layar tidak bisa menyala dengan sempurna menampilakan antar muka sistem. Tidak hanya itu saja, tidak jarang juga layar laptop menjadi bergaris dari atas kebawah,atau dari samping membujur vertikal. Apa penyebab layar laptop bergaris dan cara mengatasinya?

Bisa saja dikarenakan oleh penyebab yang tidak serius, atau kejadian yang fatal. Kejadian masalah pada layar sering kali tidak terlihat indikasi awal, kadang pengguna terkejut saat membuka laptop tiba tiba ada garis.

 

Penyebab Layar laptop Bergaris

Sebelum membahas cara mengatasi layar laptop bergaris, saya akan terlebih dahulu membahas terlebih dahulu penyebabnya. Ini akan menjadi bekal menarik untuk pemilik perangkat, pasalnya dengan mengetahui asal sumber masalah akan menjadikan kita menjadi lebih hati-hati ketika pemakaian.

Sebenarnya cara merawat laptop agar awet cukup sederhana, dengan selalu mejaga dari debu dan air serta dalam pemakaian wajar. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan layar laptop bergaris, di antaranya:

Penyebab layar PC bergaris adalah yang paling sering disebaban oleh tegangan listrik yang tidak stabil. Untuk itu pemilik PC sebainya memakai stablisir teganan untuk menghindari kejadian ini.

  • Terdapat kerusakan komponen hardware >  Beberapa komponen hardware seperti kartu grafis atau konektor layar dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan layar laptop bergaris.
  • Masalah pada sistem operasi > Mungkin ini cukup jarang, namun bukan berarti tidak mungkin kesalahan masalah layar laptop ada garis. Biasanya, dikarenakan crash, kerusakan sistem yang dipicu oleh virus maupun hal lain yang terjadi pada OS.
  • Layar laptop Rusak > Layar laptop yang rusak atau tidak dapat menampilkan gambar dengan benar dapat menyebabkan layar bergaris.
  • Driver bermasalah > Penyebab lain juga biasanya karena Jika driver layar laptop tidak terinstall dengan benar atau terinfeksi virus, layar laptop dapat menjadi bergaris.

Itulah beberapa penyebab umum yang menyebabkan layar laptop bergaris.

Baca Juga : Layar Laptop Berkedip dan Cara Mengatasinya

Mengatasi layar laptop bergaris

Setelah pembahasan penyebab, ketika anda mengalami layar laptop memiliki garis vertikal atau horizontal , maka bisa melakukan beberapa hal dibawah sebagai solusi.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar laptop yang bergaris:

  1. Memeriksa koneksi komponen hardware

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mencoba periksa apakah terdapat masalah pada komponen hardware seperti kartu grafis atau konektor layar. Fungsi VGA Laptop sangat mendominasi dengan adanya display atau visualisasi, sehingga sangat mungkin apabila layar laptop bergaris disebabkan oleh hardware yang satu ini.

Apabila terdapat komponen yang rusak, maka bisa memutuskan untuk membawa laptop ke tukang service komputer untuk diperbaiki atau diganti.

 

  1. Perbaiki sistem operasi

Koidisi layar bergaris karena masalah sistem oprasi ini terbilang mudah dalam perbaikannya. Namun pastikan kalian sudah mempelajari tentang instalasi OS maupun sistem recovery windows. Jika layar laptop bergaris karena masalah pada sistem operasi, maka dapat mencoba untuk memperbaiki sistem operasi dengan booting dari media instalasi (misalnya DVD atau USB). Jika tidak memiliki media instalasi, dapat mencoba booting dari Safe Mode untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

Pada halaman safe mode, kalian bisa melakukan analisa masalah dan sekaligus melakukan perbaikan. Misalnya, jika mendeteksi adanya crash pada driver VGA, pada tahap ini kalian bisa download driver sesuai dengan jenis dan type laptop maupun versi windows yang digunakan.

 

  1. Periksa layar dan Ganti

Jika layar laptop bergaris karena masalah pada layar itu sendiri,  cara paling mudah melakukan analisa memastikan kerusakan dari layar tau faktor lain adalah dengan mencoba menghubungkan layar ektsternal.

Pada setiap laptop biasanya dilengkapi adanya port yang dapat digunkan untuk menghubungkan ke layar lain. Nah, pengujian ini sangat efektif untuk digunakan mengetahui kerusakan layar laptop. Artinya, saat tampilan komputer anda memakai LCD lain terlihat normal tidak bergaris sama sekali maka dapat dipastikan masalah ditimbulkan dari layar laptop kalian. Dan sebaliknya, jika memakai layar eksternal memiliki tampilan sama sama bergaris, maka artinya penyebab nya dari faktor lain. Setelah mengetahui permasalahan utama dari layar, maka kalian bisa memutuskan perbaikannya dengan mengganti layar laptop baru.

Baca Juga : Cara meredupkan layar laptop Semua Merek dan OS

  1. Periksa driver dan update

Jika layar laptop bergaris karena masalah pada driver, Anda dapat mencoba untuk menginstall ulang atau memperbarui driver layar. Anda dapat mencari driver yang sesuai dengan laptop Anda di situs web produsen atau di situs web resmi sistem operasi.

 

  1. Bawa Ke service center

Setelah melakukan beberapa pengujian dan percobaan perbaikan layar laptop bergaris namun belum membuahkan hasil. Maka sebaiknya dibawa ke lokasi service. Nah, di sana laptop kalian akan mendapatkan penangann yang tepat yang didukung oleh para teknisi profesional. Sebaiknya, bawa ke tempat service resmi sesuai dengan merek Laptop kalian saat ini. Terutama jika masih dalam masa garansi, silahkan bawa dan ajukan klaim perbaikan dengan menyertakan bukti pembelian.

Sebagai alternatif , anda juga bisa membawa ke tempat service komputer sesuai dengan lokasi terdekat. Pastikan ditangani oleh ahlinya yang terpercaya.

 

Penutup

Itulah pembahasan penyebab layar laptop bergaris yang bisa kalian ketahui. Salah satu upaya perawatan laptop agar awet adalah dengan selalu mengoprasikan sesuai dengan prosedur dan kemampuannya. Tidak hanya itu saja, pastikan terhindar dari air dan debu.