Penyebab Layar Laptop Berbayang yang mungkin belum kamu ketahui

Kenyamanan dalam pemakaian laptop selain dari performanya juga dalam urusan display. Layar laptop ini mempunyai peranan penting dalam menyajikan performa, sehingga dapat disimpulkan meskipun performa sangat baik jika layar laptop berbayang akan membuat kalian tidak nyaman. Sebenarnya apa penyebab layar laptop berbayang?

Tidak bisa dihindarkan , Kerusakan pada komponen laptop pasti akan terjadi. Ini Masalah waktu, setelah masa pakai cukup lama dan pastinya akan menemukan beberapa kendala. Sifat ini tentu dirasakan oleh siapapun pengguna laptop, smartphone, atau perangat elektronik apapun. Permasalahannya adalah, biasanya semakin harga laptop mahal dan merek sudah ternama biasanya masa pakainya akan lebih awet.

Kendala kerusakan laptop dapat di bagi menjadi dual hal, yakni masalah piranti lunak dan kedua masalah pada komponen. Ini berlaku pada Penyebab layar laptop berbayang, bisa disinyalir dari kerusakan hardware maupun software.

 

Penyebab Layar laptop Berbayang dan Cara mengatasinya

Apapun yang sudah terjadi saya harap tidak perlu disesali, dalam dunia teknologi ini pasti akan dirasakan. Beragam masalah akan dirasakan, mungkin saja pemilik laptop lain saat ini juga sedang merasakan baterai sering drop, layar black screen dan lain sebagainya.

Jika anda sedang mengalami layar laptop menjadi berbayang,  sebelum megarah pada tindakan perbaikan atau pemecahan masalah maka sebaiknya anda memahami terlebih dahulu penyebabbnya.

Dalam artikel ligaprima.com banyak sekali mengulas seputar laptop, sehingga kurang lengkap jika belum memahas cara mengatasi layar laptop berbayang.

Baca Juga : Layar Laptop Berkedip dan Cara Mengatasinya

Penyebab layar laptop berbayang.

Ada beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan layar laptop berbayang:

  • Masalah dengan backlight  adalah sumber cahaya yang digunakan untuk menerangi layar laptop. Jika backlight tidak berfungsi dengan baik, maka layar laptop akan berbayang atau terlihat samar.
  • Terdapat masalah pada konektor layar, ini sangat mungkin dan besar kemungkinannya. Konektor layar merupakan komponen yang menghubungkan layar laptop ke sistem.
  • Jika konektor tersebut rusak atau terkelupas, maka layar laptop dapat berbayang atau tidak berfungsi dengan baik.
  • Sedangkan penyebab lainnya adalah dari  inverter. Inverter merupakan komponen yang mengontrol backlight laptop.
  • Dan kejadian jika inverter pada laptop sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka layar laptop dapat menjadi berbayang.
  • Pemicu lainnya adalah dari kabel VGA atau HDMI, Jika kalian menggunakan kabel VGA atau HDMI untuk menghubungkan laptop ke monitor eksternal, maka masalah pada kabel tersebut dapat menyebabkan tampilannya menjadi berbayang.
  • Masalah dengan hardware laptop: Masalah pada hardware laptop, seperti GPU (Graphics Processing Unit) atau RAM (Random Access Memory), dapat menyebabkan layar laptop berbayang.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin perlu membawa laptop Anda ke tukang perbaikan atau ke toko perbaikan yang terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Baca Juga : Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Mengatasinya

Mengatasi layar laptop berbayang

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengalami kendala dan masalah pada layar komputer anda ketika menampilkan display tidak biasa. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah layar laptop berbayang:

 

  1. Cek Fungsi backlight

Mulai dari sektor pencahayaan, sebaiknya mengecek backlight laptop memastikan berfungsi dengan baik.bKalian dapat melakukan ini dengan mencoba menggunakan lampu flash atau lampu senter untuk menerangi layar laptop dari jarak dekat. Apabila pada layar terlihat jelas ketika diterangi secara manual memakai alat bantu, maka masalahnya mungkin terletak pada backlight. Cara perbaikannya, sebaiknya membawa ke tempat service yang sudah didukung dengan alat memadai dan tenaga ahli.

 

  1. Mengecek konektor layar

Selain dari sisi pencahayaan, jika pada tahap diatas dinyatakan aman maka kalian bisa memastikan bahwa konektor layar laptop sudah terpasang dengan benar dan tidak rusak. Langkah pemeriksaan dan memastikan konektor sangat mudah, Anda dapat mengecek konektor ini dengan mencoba melepaskan dan memasangnya kembali.

 

  1. Mengecek inverter

Anda juga dapat memastikan fungsi bahwa inverter laptop berfungsi dengan baik. Apabila inverter rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka layar laptop dapat menimbulkan berbayang.

 

  1. Cek kabel VGA atau HDMI

Terutama pada laptop yang menambahkan layar eksternal dan menggunakan kabel VGA atau HDMI untuk menghubungkan laptop. Disini kalian perlu memastikan bahwa kabel tersebut tidak rusak atau terkelupas. Jika tidak ada cacat atau hal yang mencurigakan menyebabkan display terganggu, Anda dapat mengecek kabel ini dengan mencoba menggunakan kabel yang lain atau dengan mencoba menghubungkan laptop ke monitor lain.

 

  1. Memeriksa hardware laptop

Setelah mengecek dan memperbaiki semua tahapan diatas, namun masalah tersebut masih belum teratasi, maka kemungkinan masalahnya terletak pada hardware laptop, seperti GPU atau RAM. Pada tahap ini anda harus memahami terkait dengan cara melakukan penggantian , memasang, mecopot, Mengetahui spesifikasi RAM, maupun lainnya.

Kalian bisa melakukan percobaan mengganti ram memakai produk replacement lain atau mengganti kartu grafis. Terutama pada bagian komponen kart grafis, memiliki peranan sangat dominan untuk urusan display.

 

  1. Mengecek Driver

 Langakah ke enam adalah mencoba memeriksa driver yang terpasang pada laptop windows kalian saat ini. Terkadang, meskipun awalnya baik-baik saja tetapi karena kena virus atau gangguan software lain bisa menyebabkan masalah driver. Setidanya, cek memastikan bahwa driver yang sudah terinstall disana sudah upgrade. Jika belum, silahkan cek pembaruan dan download sesuai dengan tipe laptop dan OS yang terpasang.

 

Penutup

Itulah pembahasan penyebab layar laptop berbayang dan cara mengatasinya. Kami menyarankan untuk membawa ke tempat service terpercaya, pastikan ditangani oleh ahlinya jika kerusakan laptop  sudah tidak dapat di perbaiki dengan langkah di atas.