Memahami Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Dalam kesempatan kali ini ligaprima.co.id akan membahas masih seputar dengan laptop. Ya, banyak kemungkinan masalah dan potensi yang bisa dilakukan memakai laptop. Apabila mengac pada masalah, tidak jarang juga pemilik mengalam kesal saat laptop sering restart sendiri. Dalam kasus ini tentu ada penyebab dan cara memperbaikinya. Tidak perlu panik berlebihan saat perangkat yang kalian miliki saat ini mengalami masalah ini.

Bukan hanya terjadi pada smartphone, secara prinsip mungkin ponsel pintar dan laptop mempunyai sistem kerja yang sama dan mempunyai potensi masalah yang tidak jauh berbeda juga. Mari kita bahas pertama terkait dengan penyebab laptop sering restar sendiri.

 

Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri

Laptop sering restart sendiri dapat disimpulkan bahwa perangkat tersebut sudah jelas Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop sering restart sendiri, di antaranya:

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

  • Masalah pada sistem operasi

Masalah pada sistem operasi akan menghasilkan output atau respon yang beragam, misalnya menjadi cepat panas, sering lag, Laptop Lambat dan lain sebagainya. Ini Bukan masalah serius dan bukan juga sepele karena dapat menghambat kinerja dan aktifitas kalian.

Beberapa hal lain yang menyebabkan sistem operasi tidak bisa bekerja dengan baik adalah Jika sistem operasi laptop mengalami masalah atau terinfeksi virus, laptop dapat sering restart sendiri.

  • Masalah pada komponen hardware

Beruntung jika masalahnya hanya pada OS , Pemecahan masalanya hanya dengan cara install ulang atau melakukan perbaikan update driver. Sayangnya disisi lain potensi masalah laptop sering mati sendiri juga bisa dipicu oleh fakor komponen. Beberapa hardware seperti hard drive, RAM, atau prosesor dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan laptop sering restart sendiri.

  • Masalah pada baterai

Penyebab ketiga juga tidak bisa dilepaskan dan sepelekan begitu saja.  Baterai laptop merupakan komponen penting dalam menunjang kelangsungannya, dan hal ini juga bisa menimbulkan gagal menyala karena sudah rusak. Ketika kondisi Baterai sudah rusak atau sudah tidak dapat menyimpan daya dengan baik dapat menyebabkan laptop sering restart sendiri saat tidak terhubung ke sumber listrik.

  • Masalah pada adaptor daya

Masih berkaitan dengan sumber daya, tidak hanya baterai saja sumber lain juga disebabkan oleh peranan adaptor laptop kalian. Hal itu disebaban oleh Adaptor daya yang rusak atau tidak dapat memberikan listrik yang cukup ke laptop dapat memicu terjadinya laptop sering restart sendiri.

  • Masalah Pada RAM

Selain dari beberapa penyebab diatas, Model masalah ini juga bisa saja disebabkan karena ram mengalami masalah. Kasus yang pernah saya alami setelah memeriksa ternyata ram ternyata tidak berfungsi dengan baik sehingga sistem tidak mampu bekerja semestinya.

  • Prosesor

Masih banyak lagi kesalahan yang menimbulkan laptop anda menjadi mengalami kejadian hingga sering reboot.  Salah satu hal yang paling vital yakni kendala pada Prosesor laptop kalian yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik disebabkan karena berbagai faktor.

  • Over heat

Penyebab selanjutnya adalah karena panas yang berlebih. Ini juga perlu dianalisa lebih dalam terkait dengan penyebab over heat, salah satunya karena termal kering, kipas pada laptope bermasalah dan lain sebagainya. Untuk mengetahui penyebab over heat bisa membaca artikel saya sebelumnya.

Itulah beberapa penyebab umum yang sering terjadi menyebabkan laptop menjadi sering mati sendiri dan kesalahan terhadap kinerja menjadi tidak stabil.

Baca Juga : Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati total

Cara mengatasi Laptop sering restart sendiri

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang sering restart sendiri:

  1. Perbaiki sistem operasi

Jika laptop sering restart sendiri karena masalah pada sistem operasi, kalian dapat mencoba untuk memperbaiki sistem operasi windows kalian dengan booting dari media instalasi (misalnya DVD atau USB). Jika tidak memiliki media instalasi, Anda dapat mencoba booting dari Safe Mode untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut. Ikuti Petunjuk recovery system Windows ,

  1. Periksa komponen hardware

Dimulai dari membersihkan debu, memastikan semua komponen aman dan bersih. Coba periksa apakah terdapat masalah pada komponen hardware seperti hard drive, RAM, Kipas pendingin atau prosesor. Jika terdapat komponen yang rusak, kalian bisa muali menggantinya dan tidk lupa juga memeriksa Thermal.

  1. Periksa baterai dan adaptor daya

Pastikan baterai laptop terpasang dengan benar, selain itu  adaptor daya harus tersambung dengan baik ke laptop dan stopkontak. Jika masalah terletak pada baterai atau adaptor daya, cobalah mengganti dengan yang baru. Salah satu cara paling mudah untuk menentukan apakah baterai masih baik atau tidak, Silahkan coba gunakan laptop seperti biasa tanpa baterai dan Langsung tersambung memakai adaptor.

Jika dalam kondisi tersebut laptop tidak reboot sendiri, maka kemungkinan masalah dari baterai. Dan sebaliknya, kalian juga bisa mencoba pengoprasian laptop tanpa terhubung dengan adapator Jika tanpa adaptor justru normal – normal saja, kalain bisa mencoba mempertimbangkan untuk membeli adaptor baru.

  1. Atur pengaturan sistem

Anda dapat mencoba mengubah pengaturan sistem seperti menonaktifkan fitur restart otomatis pada sistem operasi atau mengubah pengaturan boot.

  1. Mengganti Baterai

Jika sudah dipastikan masalah ini terjadi akibat baterai laptop sudah tidak dalam kondisi baik maka sebaiknya silahkan untuk membeli baterai baru sesuai dengan tipe dan merek laptop kalian. Kami menyarankan untuk membeli replace produk original agar baterai laptop awet dan aman dalam selama pemakaian.

  1. Mengganti Thermal

Biasanya saat thermal prosesor pada laptop sudah tidak efektif karena kering, ditandai dengan sering panas. Kalian bisa memeriksa terlebih dahulu saat laptop sering reboot sendiri ditandai dengan adanya panas berlebih, maka silahkan cek thermal dan sistem pendinginan lain.

  1. Perbaikan ke service komputer

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu kalian dalam mengatasi laptop sering restart sendiri, Maka tindaan selanjutnya yang bisa di coba adalah dapat membawa laptop ke tukang service komputer untuk diperiksa lebih lanjut. Untuk mendapatkan penanganan dari ahlinya , kalian bisa datang ke toko komputer yang menyediakan jasa service laptop.

Penutup

Saya kira pembahasan ini harus segera di sudahi dan kalian bisa mulai praktik untuk mencoba mengatasi laptop sering restart sendiri. Pastikan untuk setiap tindakan yang akan dilakukan sudah dipelajari terlebih dahulu terkait dengan penyebab dan tindakan akibatnya.