Layar Laptop Berkedip dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi layar laptop berkedip – Berbagai masalah mungkin saja terjadi pada semua jenis laptop. Seiring dengan lamanya waktu pemakaian, biasanya sudah mulai menemkan beberapa kendala misalanya , menjadi lemot, Wifi tidaak bisa konek atau permasalahan lain berkaitan dengan hardwar. Pada artikel kali ini admin ligaprima.co.id akan membahas cara mengatasi layar berkedip.

Kejadian ini tentu bukan hal normal, pada umumnya itu merupakan masalah yang seharusnya diperbaiki. Secara umum disebabakan oleh dua faktor, yakni dari sektor hardware atau masalah pada piranti lunak sehingga mengaibatkan laptop tidak bisa bekerja dengan baik dan terdapat masalah kedip tidak beraturan. Nah, bagaimana cara mengatasi layar laptop berkedip, kita mulai dari mengetahui penyebabnya.

 

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Pada prinsipnya , masalah terjadi layar berkedip dikarenakan oleh kesalahan terjadi pada perangkat lunak maupun hardware. Namun ini dapat dikerucutkan dari masalah masing-masing faktor, untuk lebih jelas saya akan paparkan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan layar laptop berkedip, di antaranya:

  • Terdapat Masalah pada komponen hardware > Beberapa komponen hardware seperti kartu grafis atau konektor layar dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan layar laptop berkedip. Kejdian ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah memiliki usia pemakaian cukup lama.
  • Masalah pada sistem operasi > Penyebab kedua adalah dari Sistem Operasi, ini bisa saja terjadi pada Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain sebagainya. Biasanya layar laptop beredip terjadi karena sistem operasi Crash, Terkena virus, dan kejadian lain yang mengakibatkan fungsi utama pada layar menjadi tergangu.
  • Kerusakan layar itu sendiri > Komponen hardware lain yang menimbulkan masalah bisa saja terjadi pada Layar laptop yang rusak . Banyak jenis kerusakan layar, blank hitam , Blue screen, Layar bergaris dan lain sebagainya hingga paling ringan adalah layar bererdip.
  • Masalah pada driver > Penyeab lainny adalah driver layar laptop tidak terinstall dengan benar atau terinfeksi virus, atau tidak update. Ini Terbilang sangat mungkin dan menimbulka layar laptop dapat menjadi berkedip.

Untuk mengetahui penyebab pasti mengapa layar laptop Anda berkedip, disarankan untuk membawanya ke tukang service komputer atau ke toko komputer untuk diperiksa lebih lanjut. Namun kalian bisa mencoba memperbaiki , menganalisa dan melakukan pengecekan.

Baca Juga : Cara menghidupkan Wifi di Laptop Lengkap

Cara mengatasi layar laptop berkedip

Tidak perlu panik dan terburu buru saat terjadi kesalahan pada layar, nah seusai dengan pengalaman yang pernah terjadi saya akan menjelaskan beberapa metode mengatasi layar laptop,

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar laptop yang berkedip:

  1. Periksa koneksi komponen hardware.

Coba periksa apakah terdapat masalah pada komponen hardware seperti kartu grafis atau konektor layar. Periksa semua komponen yang terhubung terhadap layar, seperti kabel Flexible, dan lain sebagainya. Kejadian seperti ini seharusnya terbilang mudah untuk dianalisa. Jika terdapat komponen yang rusak, Apabila perlu, kalian bisa membawa laptop ke tukang service komputer untuk diperbaiki atau diganti.

  1. Perbaiki sistem operasi

Jika layar laptop berkedip karena masalah pada sistem operasi, Anda dapat mencoba untuk memperbaiki sistem operasi dengan booting dari media instalasi (misalnya DVD atau USB). Jika tidak memiliki media instalasi, Anda dapat mencoba booting dari Safe Mode untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

  1. Periksa layar

Berikutnya adalah memastikan kembali layar , Jika layar laptop berkedip karena masalah pada layar itu sendiri, maka sudah seharusnya untuk mengganti. Cara ganti layar laptop memerlukan keahilan yang sudah terlatih, jadi dalam kasus ini kami menyarankan untuk membawa ke tempat service resmi untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga : Cara meredupkan layar laptop Semua Merek dan OS

  1. Periksa driver layar

Seperti yang sudah disampaikan diatas, salah satu penyebabnya juga bisa dikarenakan driver. Jika layar laptop berkedip karena masalah pada driver, kalian dapat mencoba untuk menginstall ulang atau memperbarui driver layar.

Download dan Install kembali driver yang sesuai dengan laptop kalian berdasarkan merek dan tipenya di situs web produsen atau di situs web resmi sistem operasi.

  1. Bawa ke tukang service komputer

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, maka disarankan untuk mendapat perbaikan oleh profesional. Kalian dapat membawa laptop ke tukang service komputer untuk diperiksa lebih lanjut. Teknisi service komputer akan dapat mengetahui penyebab pasti mengapa layar laptop Anda berkedip dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : Tutorial Cara Merekam Layar Laptop Windows Termudah

Penutup

Itulah cara mengatasi layar laptop berkedip, Bukan hanya masalah diatas saja, namun masih ada potensi lain yang dapat memicu layar laptop berkedip. Misalnya kerusakan baterai, komponen ic sudah rusak atau Short, Prosesor sudah eror dan lain sebainya. Untu itu, saat anda sudah mencoba semua langkah diatas dan tidak berhasil mengatasi layar berkedip, sebaiknya bawa ke tempat service.