4 Solusi Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi

Internet menjadi salah satu hal wajib dimiliki oleh pengguna perangkat ponsel pintar maupun laptop. Jelas terasa kurang jika laptop tidak bisa connect wifi atau tidak dapat terhubung dengan jaringan sama sekali. Ada dua jenis koneksi jarangan yang sangat sering digunakan oleh pemilik laptop saat ingin terhubung dengan internet. Pertama memakai kabel LAN dan yang kedua memakai koneksi jaringan wireless.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi Laptop tidak bisa connect wifi. Apa yang harus kalian coba, tentu saja dengan melakukan beberapa upaya supaya dapat terhubung dan memiliki aktifitas tersambung dengan internet.

 

Mengatasi Laptop Tidak Bisa konek Wifi

Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa connect wifi. Namun hal itu tetap dapat diperaiki. Jika laptop Anda saat ini tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi Maupun Hotspot ponsel, maka ada beberapa kemungkinan penyebab yang dapat menjadi pemicu dan wajib diperiksa, di antaranya:

  1. Driver WiFi tidak terinstal dengan benar.

Karena beberapa alasan maka sangat mungkin ini terjadi, yakni menyebabkan laptop tidak bisa tersambung dengan hotspot. Untuk itu pastikan bahwa driver WiFi laptop telah terinstal dengan benar dan terupdate.

Untuk Memastikannyadapat mengecek dan memperbarui driver WiFi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  • Buka Device Manager > Caranya dapat membuka Device Manager dengan mengetik “device manager” di Start window Menu kemudian klik Device Manager.
  • Cari dan klik “Network adapters” kemudian klik tombol “+” di sebelah kiri untuk menampilkan daftar adapter jaringan yang terpasang pada laptop.
  • Cari adapter WiFi laptop Anda kemudian klik kanan dan pilih “Update driver”.
  • Pilih “Search automatically for updated driver software”. Sistem akan memperbarui driver WiFi secara otomatis jika terdapat versi yang lebih baru.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Laptop

  1. Jaringan WiFi yang tidak tersedia

Selain itu,  pastikan bahwa jaringan WiFi yang akan digunakan dan di pilih tersedia tidak sedang mengalami gangguan. Anda juga dapat mencoba menghubungkan laptop  ke jaringan hotspot berbeda untuk memastikan bahwa masalah tersebut bukan disebabkan oleh jaringan WiFi yang tidak tersedia.

 

  1. Koneksi jaringan yang terputus

jika laptop Anda terhubung ke jaringan WiFi namun tidak bisa terhubung ke internet, maka kemungkinan besar terjadi masalah dengan koneksi jaringan. Anda dapat memeriksa apakah koneksi jaringan lain di rumah atau di tempat kerja Anda juga terputus. Jika demikian, sebaiknya hubungi penyedia layanan internet untuk meminta bantuan.

 

  1. Adapter WiFi yang rusak

Setelah melakukan beberapa upaya diatas, namun laptop kalian masih tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi meskipun driver WiFi telah terinstal dengan benar dan jaringan WiFi tersedia, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada adapter WiFi laptop . Kalian dapat memeriksa adapter WiFi memastikan kembali.

Jika adapter WiFi pada laptop sudah rusak,  mungkin perangat tidak akan bisa terhubung ke jaringan WiFi. Ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa adapter WiFi pada laptop Anda rusak, di antaranya:

  • Laptop tidak dapat menemukan jaringan WiFi sama sekali.
  • Laptop hanya bisa terhubung ke beberapa jaringan WiFi.
  • Koneksi WiFi yang terhubung sangat lambat atau tidak stabil.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wifi Laptop Lemah pada Laptop

Jika Anda mencurigai bahwa adapter WiFi pada laptop Anda rusak, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut untuk memperbaikinya. Cobalah untuk restart laptop. Ini seringkali dapat menyelesaikan masalah koneksi WiFi yang tidak stabil. Periksa kembali apakah driver WiFi pada laptop telah terpasang dengan benar. Kalian juga dapat memeriksa dan memperbarui driver melalui Device Manager di Windows.

Selain iitu Coba reset koneksi WiFi pada laptop dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Control Panel.
  • Klik pada Network and Internet.
  • Klik pada Network and Sharing Center.
  • Klik pada Change adapter settings di sisi kiri jendela.
  • Klik kanan pada adapter WiFi dan pilih Disable.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan lagi pada adapter WiFi dan pilih Enable.

Jika masalah ini terus terjadi meskipun sudah mencoba  beberapa upaya perbaikan di atas,  mungkin perlu mengganti modul adapter WiFi pada laptop.

Anda dapat mencari adapter WiFi yang sesuai di toko komputer atau di toko online, atau bisa menghubungi produsen laptop sesuai dengan merek milik kalian saat ini untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

 

Kesimpulan Laptop tidak bisa connect wifi

Ada beberapa alasan mengapa laptop kalian saat ini mungkin tidak bisa terhubung ke jaringan internet melalui wireless.  Berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk menyelesaikan masalah ini:

 

  • Periksa apakah router atau modem yang saat ini dipakai, pastikan menyala dan terhubung ke internet. Jika tidak, nyalakan kembali perangkat tersebut dan pastikan memiliki akses koneksi internet.
  • Periksa apakah laptop sudah terhubung ke jaringan WiFi yang benar. Pastikan sudah memasukkan kata sandi yang tepat jika diperlukan.
  • Memastikan apakah driver WiFi pada laptop terpasang dengan benar. Silahkan periksa dan memperbarui driver melalui Device Manager di Windows.

Baca Juga : Cara menghidupkan Wifi di Laptop Lengkap

Coba reset koneksi jaringan hotspot di laptop  dengan cara dibawah:

  • Buka Control Panel.
  • Klik pada Network and Internet.
  • Klik pada Network and Sharing Center.
  • Klik pada Change adapter settings di sisi kiri jendela.
  • Klik kanan pada adapter WiFi dan pilih Disable.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan lagi pada adapter WiFi dan pilih Enable.

Coba untuk restart laptop membiarkan sistem melakukan pemulihan kesalahan kecil. Ini seringkali dapat menyelesaikan masalah koneksi WiFi yang tidak stabil.

 

Penutup

Masalah internal Laptop tidak bisa connect wifi sering kali terjadi disebabkan oleh driver adapters bermasalah disebabkan karena virus, atau kerusakan adapter itu sendiri. Sedangkan untuk masalah eksternal biasanya dikarenakan oleh router.

Solusinya, memeriksa kembali adapter, driver, dan router. Pemeriksaan ini secara mendalam sesuai dengan pembahasan diatas. Sedangkan hal lain disebabkan oleh kesalahan kecil sistem , cobalah hapus cache windows, reboot perangkat dan mencoba memakai koneksi wireless lain.