Keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf, begini cara mengatasinya.

Keyboard Laptop tidak bisa mengetik huruf; Keyboard merupakan komponen input yang sangat penting yang ada pada komputer , Hp android, dan laptop.

Jika pada smartphone memiliki keyboard virtual , sama dengan komputer dan laptop yang memilikinya. Tetapi, secara fungsionalitasnya dominan pada pemakaian keyboard fisik. Tetapi bagaimana jika Keybard tidak bisa mengetik Huruf pada laptop kalian?

Tentu ini adalah masalah serius yang harus segera diatasi supaya bisa melakukan aktifitas seperti biasa. Pada kesempatan kali ini admin sudah mengalami keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf hampir terjadi pada beberapa merek laptop yang pernah dipakai.

Asus, Lenovo, Compaq, HP, dari kempatnya admin sudah mengalami semua. Ini menjadi pengalaman yang perlu dibagikan sebagai solusi jika saat ini kalian sedang mengalaminya.

Terutama buat anda yang sedang urgent harus menyelesaikan pekerjaan sebagai penulis, pekerjaan kantor, atau hal lain yang membutuhkan kondisi keyboard laptop normal.

Baca Juga: Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati total

Penyebab Keyboard Laptop tidak Bisa mengetik huruf.

Ada beberapa jenis masalah keyboard tidak bisa mengetik huruf dan angkah. Biasnya ini terjadi dalam jenis berikut:

  • Keyboard tidak bisa mengetik beberapa huruf saja namun yang lain masih normal.
  • Keyboard tidak bisa mengetik angka, hanya beberapa dan lainnya Normal.
  • Sama sekali tidak berfungsi secara keseluruhan.

Dari Masalah diatas biasanya memiliki penyebab yang berbeda antar satu dan lainnya.  Misalnya jika hanya beberapa huruf saja yang tidak berfungsi ketia ditekan.

Biasanya ini karena kotor, atau memang pada tombol tersebut sudah rusak. Kotor dan rusak pada salah satu huruf juga bisa saja terjadi pada nomor, sehingga jika nomor 3 dan 4 Mati namun nomor lainnya masih bisa berfungsi dengan baik maka kemungkinan mengalami penyebab yang sama.

Sedangkan jika keyboard laptop tidak berfungsi secara keseluruhan, maka kemungkinan ada masalah pada yang terjadi pada keyboard itu sendiri, Socket , kabel jalur penghubung.

Meskipun hanya salah satu huruf tidak bisa mengetik, tentu ini akan menjadi hal yang menyebalkann bagi pemilik laptop. Tidak ada pilihan lain kecuali berfikir cara mengatasinya.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Safe Mode Laptop dan Fungsinya

Cara Mengatasi keyboard Laptop Tidak Berfungsi.

Apapun yang sudah terjadi sudah tidak perlu disesali, yang perlu anda pikirkan saat ini adalah terkait dengan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi untuk mengetik agar normal kembali.

Berdasarkan pegalaman admin dalam memperbaiki keybaord tidak bisa mengetik, anda bisa melakukan beberpa tahapan perbaikan dibawah. Tentu berlaku untuk semua merek, asus, HP, Compaq, Acer dan lain sebagainya.

  1. Klaim garansi

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah melalui program garansi yang sudah diberikan. Cek tanggal pembelian laptop anda.

Jika masih dalam masa garansi maka anda tidak perlu berfikir panjang, segera lakukan pengajuan permohonan perbaikan ke service center resmi.

Dengan begitu anda akan mendapatkan penanganan masalah yang tepat dari para ahli yang sudah terlatih.

  1. Memeriksa dan Membersihkan Huruf.

Langkah pertama yang bisa anda kerjakan adalah dengan memeriksa hruf yang tidak berfungsi saat utuk mengetik. Misalnya pada Huruf A, D, C, dan lainnya.

Kamu bisa memeriksanya, apakah tertahan kotoran atau tidak. Kalian bisa mencongkel terlebih dahulu untuk beberapa jenis keyboard, kemudian membersian dari kotoran.

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan pada permukaan keyoboard laptop Anda harus bersih dari debu dan kotoran.

  1. Reboot Laptop.

Cara kedua yang bisa anda coba adalah dengan melakukan reboot laptop. Hal ini bertujuan sebagai upaya perbaian masalah kecil yang disebabkan oleh sistem atau cache.

Tahap ini jarang disadari, terburu buru membawanya ke service center. Metode paling mudah memperbaikinya sebenarnya hanya dengan melakukan restart, maka sistem akan kembali segar dan melakukan perbaikan dari setiap kesalahan kecil yang disebabkan oleh cache atau hal lain.

Ketika tiba-tiba salah satu huruf pada laptop macet dan tidak bisa mengeluarkan huruf ketika digunakan untuk mengetik, coba lakukan reboot seperti biasa memakai prosedur shutdown laptop.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Solusi: Keyboard Laptop yang Mengetik Sendiri

  1. Periksa dan Update Driver Laptop

Tips Ke empat yang bisa anda kerjakan terkait dengan masalah perbaikan huruf keyboard error adalah melalui tahapan pengecekan dan update driver. Ini bisa saja terjadi , tidak melulu kerusakan pada Hardware namun bisa terjadi pada piranti lunak laptop anda salah satunya adalah drivernya.

Bagaimana cara mengecek driver dan melakukan update, berikut tutotialnya.

  • Ketuk Menu Start di laptop anda.
  • Kemudian tulis [Device manager] , jika sudah ditemukan silahkan Pilih.
  • Cari dan Pilih [Keyboard] > [HID Keyboard Device]
  • Disana anda akan melihat kotak dialog, Klik Opsi [Driver]
  • Kemudian Klik [Update Driver] dan tunggu selesai.

Jika proses pembaruan driver keyboard Laptop sudah berhasil, silahkan restart terlebih dahulu hingga menyala kembali dan test.

  1. Restore Windows System.

Yang berikutnya adalah dengan melakukan perbaikan sistem operasi. Memang cara ini terbilang jarang , Biasanya penyebab Keyboard tidak bisa mengetik huruf untuk hal ini disebabkan oleh kerusakan sistem, kena virus dan lain sebagainya.

Cara mengembalikan sistem Operasi Windows berikut:

  • Masuk Ke Opsi Start , Kemudian Pilih menu [ Control panel ]
  • Kemudian lanjutkan memilih [System and Security] > [Back Up Your Computer]
  • Dilanjutkan ke Tahap selanjutnya , Ketuk [Recover System Settings or your Computers]
  • Lanjut memilih [Open System Restore] dan Ikuti tahapan pemulihan laptop anda hingga reboot.
  • Setelah semua proses dikerjakan, anda bisa mulai melakukan pengecekan fungsi keyboard apakah sudah berhasil memperbaki tidak bisa mengetik huruf.

Baca Juga: Cara Copy Paste Di laptop dengan Benar

  1. Gunakan Keyboard Virtual

Keyboard Virtual

Opsi selanjutnya saat keyboard laptop error tidak bisa untuk mengetik mmaa isa mecoba melakukan beberapa pekerjaan dengan keyboard virtual.

Biasanya Fitur ini penting untuk yang sifatnya urgent, misalnya input password disaat salah satu huruf tidak bisa diketik.

Anda bisa mencoba menampilkan keyboard virtual laptop melalui cara berikut:

Klik Start Menu pada Laptop > Kemudian Pilih Menu [Settings] > [Easy of Access]

Lanjutkan dengan aktifkan [Turn On The On-screen Keyboard]

Maka pada layar akan muncul keyboard virtual yang fungsinya sama persis dengan papan ketik fisik laptop.

  1. Mengganti Keyboard Laptop

Kalian bisa melakukan beberapa prosedur pengecekan sebelum mengganti yang baru. Misalnya mencek Socket penghubung keyboard dengan komputer anda, pastikan dalam kondisi baik dan Jika masalah sudah terindikasi pada keyboard dan sudah tidak bisa diperbaiki. Maka Anda Bisa menggantinya dengan yang baru sesuai tipe Laptop milik kalian.

Ganti keyboard laptop Baru ckup murah kok, anda bisa menyiapkan Budget antara 300 an saja atau lakukan konsultasi terlebih dahulu ke teknisi.

Baca Juga: 4 Solusi Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi

Tips Menjaga Keyboard Laptop Agar Aman tidak cepat rusak.

Jika keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf memang menyebalkkan, untuk itu sebagai pengguna perlu melaukan perawatan dan menjaganya supaya tidak cepat error dan rusak.

Tipsnya : Gunakan Pelindung Keyboard agar tidak mudah terkena debu, kotoran dan air.

Itulah pembahasan singkat tentang cara mengatasi Keyboard laptop tidak bisa mengetik, semoga bermanfaat.