Ketahui Penyebab dan Solusi: Keyboard Laptop yang Mengetik Sendiri

Keyboard laptop mengetik sendiri – Fungsi dari keyboard laptop adalah sebagai perangkat input utama yang digunakan untuk mengetik, mengontrol perintah, dan memasukkan data ke dalam komputer. Peranannya cukup penting, sehingga saat keyboard mengetik sendiri tentu akan menjadikan kalian kesal. Fungsi penting Keyboard laptop juga adanya tombol khusus seperti tombol fungsional, tombol multimedia, dan tombol akses cepat yang mempermudah dalam mengontrol komputer.

Selain itu, keyboard laptop juga memiliki tombol kursor, tombol numeric, dan tombol khusus untuk mengontrol volume dan pengaturan cahaya latar belakang. Beragam masalah kerusakan keyboard terbilang beragam, terkadang mengharuskan anda untuk mengganti dengan yang baru. Harga keyboard laptop bervariasi tergantung pada merk, tipe, dan fitur yang dimilikinya.

Untu jenis Keyboard laptop standar biasanya dijual dengan harga yang relatif murah, yaitu mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000.

 

Sedangkan Jenis dan varian yang lebih canggih dengan fitur tambahan seperti backlit, touchpad, atau koneksi nirkabel dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi, yaitu mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 atau lebih. Namun, harga tersebut selalu berubah sesuai dengan perkembangan pasar dan perekonomian. Nah, tentu sangat disayangan apabila harus membeli baru. Sebenaranya apa penyebab keyboard laptop mengetik sendiri.

Masalah keyboard laptop mengetik sendiri bukan satu satunya yang bisa terjadi. Namun ada beberapa kerusakan lain yang dapat terjadi seperti

 

  • Tombol tidak berfungsi: Beberapa tombol mungkin tidak berfungsi karena kerusakan hardware atau software.
  • Tombol patah: Tombol mungkin mudah patah karena digunakan terlalu keras atau kerusakan fisik.
  • Keyboard lembab: Keyboard laptop dapat menjadi lembab karena masuknya air atau kondensasi.
  • Keyboard kotor: Keyboard laptop dapat menjadi kotor karena debu, makanan, atau minuman yang masuk ke dalamnya.
  • Keyboard rusak secara fisik : Terjadi rusak secara fisik jika terjatuh atau terkena benturan.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lebih Lama

Penyebab Keyboard Laptop Mengetik sendiri

 Bukan tanpa sebab , ada beragam penyebab keyboard laptop mengetik sendiri. Kejadian seperti ini bisa saja disadari maupun tidak terkadang karenga penggunaan pemilik laptop yang kurang hati-hati menjadikan keyboard rusak.

Berikut penyebab umum yang dapat menyebabkan keyboard laptop mengetik sendiri, di antaranya:

  1. Keyboard Kotor / tercemar

Jika keyboard laptop sudah tercemar dengan debu, makanan, atau cairan, maka tombol-tombolnya dapat menjadi lembap atau tidak berfungsi dengan benar. Ini dapat menyebabkan keyboard mengetik sendiri atau mengetik dengan sendirinya karena error

  1. Keyboard sudah rusak

Penyebab kedua yang mungkin bisa membuat mengetik sendiri diantaranya adalah karena sudah rusak. Jika keyboard laptop rusak atau tidak berfungsi dengan benar, maka dapat menyebabkan keyboard mengetik sendiri. Biasanya, salah satu font seperti tertekan terus sehingga akan muncul ketikan seperti ditekan secara menerus.

  1. Masalah perangkat lunak

Pengalaman lain juga pernah saya rasakan terkait dengan keyboard eror dan seperti mengetik sendiri.  Misalnya Jika baru saja menginstal atau memperbarui perangkat lunak, maka perangkat lunak tersebut mungkin menyebabkan masalah pada keyboard.

  1. Virus atau malware

Jika laptop Anda terinfeksi oleh virus atau malware, maka dapat menyebabkan keyboard mengetik sendiri atau mengalami masalah lainnya. Kejadian ini sudah sudah pernah dirasakan dan membuat bingung. Bukan hanya mengetik sendiri, bahkan terkadang virus juga membuat keyboard tidak berfungsi sebagaian.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop Lenovo dengan Keyboard

Cara mengatasi Keyboard Mengetik sendiri

Setelah mengalami permasalahan diatas, sudah tidak bisa dihindari untuk memperbaiki.  Cara mengatasi keyboard mengetik sendiri akan saya paparkan bisa dicoba untuk mempraktekan sebagai upaya perbaikan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

 

  1. Bersihkan keyboard

Bila memungkinkan, bersihkan keyboard laptop dari debu memakai kain lembab untuk menghilangkan kotoran makanan yang tercemar. Jangan gunakan air atau cairan lainnya untuk membersihkan keyboard, karena dapat menyebabkan kerusakan. Cara membersihkan keyboard laptop agar kembali normal , silahkan mengikuti beberapa langkah berikut:

 

  • Matikan laptop dan cabut kabel listrik atau baterai.
  • Gunakan kuas atau sikat halus untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang terakumulasi di sekitar tombol keyboard.
  • Jika masih ada kotoran yang sulit dikeluarkan, maka dapat menggunakan cairan pembersih yang sesuai untuk keyboard laptop.
  • Jangan menggunakan air atau cairan yang terlalu basah, karena dapat merusak komponen elektronik di dalam keyboard.
  • Usapkan cairan pembersih dengan menggunakan kain atau kertas lembut dan kering.
  • Tunggu hingga keyboard benar-benar kering sebelum menghidupkan laptop kembali.
  • Sebaiknya jangan mencoba untuk membuka keyboard laptop sendiri, kecuali jika anda memiliki keahlian yang cukup, karena dapat merusak komponen di dalamnya

 

  1. Periksa perangkat lunak

Masalah perbaikan keyboard yang error mengetik sendiri dan diindikasi karena ganggguan software lain, maka bisa mulai ambil tindakan. Jika baru saja menginstal atau memperbarui perangkat lunak, coba menonaktifkan atau menghapusnya apps tersebut dan periksa apakah masalah keyboard teratasi.

 

  1. Scan virus atau malware

Scan laptop Anda dengan antivirus atau perangkat lunak anti-malware untuk memastikan bahwa tidak ada virus atau malware yang menyebabkan masalah pada keyboard. Ini sangat penting bukan hanya memperbaiki keyboard mengetik sendiri

 

  1. Perbaiki atau ganti keyboard

Saat sudah melakukan beberapa upaya diataas dan masalah tersebut masih belum teratasi, maka kemungkinan masalahnya terletak pada keyboard itu sendiri. Kalian bisa mengganti dengan keyboard baru, dengan melepas dan memasang penggantinya. Pastikan juga sudah paham terkait dengan cara pemasangan dan pelepasan, kami tidak menyarankan untuk melakukan sendiri apabila belum memahami teknik ganti keyboard laptop.

 

Penutup

Itulah pembahasan penyebab keybboard laptop mengetik sendiri dan cara mengatasinya. Apabila Laptop tersebut masih dalam kondisi bergaransi, silahkan hubungi service center untuk melakukan pengajuan klaim garansi.