Mengenal Fungsi Kipas pada Laptop Agar Gak Cepat Rusak

Kipas laptop berfungsi untuk menjaga suhu komponen hardware tetap stabil dan tidak terlalu panas yang dapat menyebabkan laptop over heat dan mengalami masalah , lambat, sering reboot sendiri dan lain sebagainya. Biasanya dikenal juga dengan FAN,  akan bekerja saat laptop mengalami beban yang berat, seperti saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya komputer.

Berputar dan menghasilkan angin sebagai sistem pendingin yang sangat penting untuk menyejukkan prosesor dan komponen hardware lainnya agar tidak terlalu panas dan tidak mengalami kerusakan. Fungsi Kipas juga dapat membantu mencegah terjadi peningkatan suhu panas berlebihan pada laptop yang terbilang serius meskipun terkesan sepele.

Over heat yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen hardware dan menurunkan umur pakai laptop. Oleh karena itu, kipas pada laptop sangat penting untuk menjaga agar laptop tetap berfungsi dengan baik dan tidak mengalami masalah.

Untuk itu, salah satu perawatan laptop agar awet salah satunya adalah memastikan setiap komponen bisa bekerja dengan baik , termasuk sistem pendingin kipasnya.

Baca Juga : Mengenal Laptop Fungsi software dan Perlengkapannya

Penyebab dan cara mengatasi kipas laptop berisik

Seiring dengan lamanya penggunaan terkadang kipas itu sendiri juga mengalami masalah. Salah satunya adalah angin yang dihasilkan tidak baik dan berisik.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kipas laptop berisik, di antaranya:

Masalah pada kipas itu sendiri, yakni akibat Kipas laptop sudah rusak atau terlalu lama digunakan dapat menjadi berisik.

Kotor dan berdebu yang terakumulasi, Tumpukan Debu terakumulasi di dalam laptop dapat menyumbat kipas dan menyebabkan kipas berisik saat berputar.

Masalah pada sistem pendingin, Jika sistem pendingin laptop tidak bekerja dengan baik, kipas akan bekerja lebih keras untuk menyejukkan prosesor dan menyebabkan kipas berisik.

Baca Juga : Cara Cek Spek Laptop Lengkap Semua OS

Cara mengatasi Kipas Laptop berisik

Meskipun terkadang masih berfungsi dengan baik sebagai pendingin laptop, namun kondisi kipas berisik cukup mengganggu pengguna. Pada prinsipnya kondisi ini full masalah pada hardware, tidak ada kaitannya dengan perbaikan piranti lunak. Untuk mengatasi kipas laptop yang berisik, Anda dapat melakukan beberapa langkah seperti berikut:

Bersihkan debu > Bersihkan debu yang di dalam laptop dengan menggunakan kompresor atau hair dryer dengan suhu rendah. Pastikan untuk menutup semua bagian yang sensitif terhadap panas seperti baterai dan hard drive sebelum membersihkan debu.

Periksa kipas > Selain itu tidak lupa untuk memeriksa memstikan apakah terdapat masalah pada kipas itu sendiri, seperti debu menyumbat atau kipas yang sudah rusak. Jika terdapat masalah, cobalah untuk membersihkan kipas atau ganti dengan yang baru.

Mengganti Kipas > Jika memang memerlukan tindakan lebih lanjut maka sebaiknya untuk segera mengganti nya dengan produk replace original menyesuaikan tipe laptop kalian.

 

Penutup

Itulah pembahasan singkat terkait dengan penyebab kipas laptop berisik dan angin yang dihasilkan tidak stabil. Untuk tindakan perbaikan tidak banyak yang bisa dilakukan, pasalnya ini lebih kepada debu dan kerusakan pada kipas itu sendiri. Jika mengalami kesulitan dalam proses penggantian, sebaiknya bawa laptop kalian ke service center untuk mendapatkan penanganan tepat.