Cara Setting Laptop Agar Tidak Mode Sleep Otomatis

Sistem dalam sebuah komputer biasanya memiliki beragam pilihan yang dapat disesuaikan ketika standby , hingga mematikan otomatis memakai timer. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara Setting laptop agar tidak sleep yakni tetap menyala meskipun ditinggal.

Secara default ketika sudah mengoperasikan komputer, lalu ditinggal, secara otomatis dalam beberapa menit layar akan padam dalam kondisi standby.

Ini merupakan salah satu bentuk upaya pengamanan yang diberikan oleh sistem , baik untuk keamanan data atau daya pada laptop.

Pasalnya, saat laptop dalam kondisi sleep dan akan digunakan kembali, biasanya mewajibkan memasukan ulang password.

Selain itu salah satu kekurangan Setting laptop tidak sleep otomatis yakni baterai menjadi boros saat dibiarkan saja tidak dipakai tetap menyala.

Sebagai alternatif, pastikan untuk mengatur sleep ketika akan ditinggal. Caranya, Klik Icon Power kemudian disana anda akan melihat Opsi Shutdown, restart, Hibernate, sleep. Ketuk Opsi sleep, maka aman sudah.

Nah Ini biasanya berlaku pada laptop yang sudah setting agar tidak sleep otomatis, sehingga memerlukan cara tersebut.

Baca Juga: Cara Refresh Laptop dan Komputer Windows 7, 8, & 10

Cara Agar Laptop tidak sleep Otomatis

Cara settings agar laptop tidak sleep otomatis ini biasanya untuk berbagai keperluan mereka yang membutuhkan tetap menyala saat ditinggal.

Misalnya, saat melakukan aktivitas trading, saat sedang digunakan mengunduh file besar dan lain sebagainya. Yang intinya pengaturan ini juga sangat bermanfaat untuk beberapa aktivitas pengguna laptop.

Sama halnya dengan mode laptop sleep, yakni memungkinkan pengguna bisa membuka dengan cepat tanpa adanya start booting dari awal.

Mode sleep ini biasanya terjadi dalam beberapa menit laptop kondisi idle, maka sistem akan membaca untuk mengistirahatkan.

Namun bisa saja ada masalah , yakni justru laptop tidak stabil sering sleep sendiri meskipun sedang digunakan. Atau sebaliknya, padahal sudah di setting ke mode sleep otomatis malah menyala terus.

Kondisi seperti ini adalah tidak normal, yang ditengarai oleh beberapa penyebab yang harus diselesaikan agar bisa normal kembali.

Baca juga: Mengenal Apa itu Safe Mode Laptop dan Fungsinya

Apa saja penyebab pengaturan laptop tidak sleep Otomatis.

Sebelum beranjak ke pembahasan utama tentang cara agar setting laptop tidak sleep sendiri, perlu kalian ketahui terkadang kondisi tidak mau sleep juga adalah masalah yang ditimbulkan oleh beberapa hal.

1. Terjadi kesalahan Sistem

Penyebab pertama dapat dikarenakan oleh kesalahan sistem yang dikarenakan oleh malware, virus atau file corrupt.

Sehingga menjadikan laptop tidak bisa sleep, memerlukan penanganan secara manual ketika akan menjadi posisi manual. Cara mengatasi laptop tidak mau sleep ditimbulkan oleh masalah ini, Cobalah periksa aplikasi yang di install terbaru.

Sebaiknya Uninstall kembali, lalu scan memakai anti virus.

Kesalah sistem ini juga bisa dikarenakan file corrupt, kalian bisa mengembalikan setelan windows secara default melalui fitur backup and restore.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

2. Karena driver laptop tidak cocok.

Penyebab lainnya yang bisa menimbulkan masalah laptop tidak sleep otomatis juga bisa dikarenakan oleh driver yang tidak cocok.

Kalian memerlukan tindakan update, download ulang driver sesuai dengan jenis tipe laptop, merek serta versi sistem operasi yang digunakan.

Dalam hal ini penggunaan berbagai driver biasanya sensitif, tetapi kalian dapat mengunduh driver di situs resminya untuk memperoleh yang sesuai dan tepat untuk laptop anda.

Download hingga selesai, kemudian install. Hingga proses selesai, anda bisa mencobanya dengan cara membiarkan laptop menyala. Jika telah normal, seharusnya laptop akan sleep otomatis sesuai batas waktu yang ditentukan oleh sistem.

 3.Kesalahan settings laptop

Penyebab lainnya adalah terjadi salah settings laptop, sering tiba tiba sleep umumnya dikenakan oleh pengaturan daya pada laptop.

Setiap sistem Operasi memiliki menu setting baterai, termasuk windows yang dapat ditentukan beberapa pilihan, Silahkan cek kembali setelan apakah sudah sesuai atau terjadi penyimpangan yang menyebabkan laptop sering sleep sendiri meskipun sedang dipakai.

Meskipun tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan, namun pada kenyataanya ketika digunakan namun tiba-tiba sleep ini akan membuat penggunaan laptop tidak nyaman.

Selain memeriksa setelan baterai, kalian juga bisa mencoba agar laptop tidak sleep otomatis sesuai pembahasan dibawah.

Baca Juga: 4 Solusi Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi

Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Otomatis

Apapun alasanya yang ingin anda gunakan ketika akan mencoba membuat laptop tidak sleep otomatis, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya. Caranya sangat mudah, tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun.

Cara mengatur laptop tidak sleep, silahkan ikuti langkah dibawah:

Cara Setting Laptop Agar Tidak Mode Sleep Otomatis

  • Silahkan ketuk logo baterai yang ada di bagian pojok kanan bawah pada sistem operasi windows laptop anda.
  • Lalu tahap selanjutnya, klik [Power options] untuk mengubah settings agar tidak sleep sendiri.
  • Tahap berikutnya, Klik [Choose when turn off the display]
  • Apabila anda menginginkan laptop tidak tertidur secara otomatis, maka pilih [Never] yang ada dalam opsi [put the computer to sleep].
  • Kalian juga harus mengetahui, opsi On battery adalah posisi daya dalam kondisi tidak sedang mengisi dan Plugged in adalah dalam posisi mengisi. Kalian bisa menentukan salah satu dari Posisi tersebut.
  • Tahap terakhir, silahkan simpan maka kalian sudah berhasil melakukan perubahan pada setting laptop supaya tidak sleep sendiri.

Baca juga: Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Mengatasinya

Penutup

Itulah beberapa langkah cara setting laptop agar tidak sleep otomatis serta penyebab dan mengatasi masalah terkait dengan posisi selalu sleep sendiri meskipun sedang digunakan. Semoga bermanfaat.