Cara Refresh VGA Laptop dengan Restart Ulang Driver

Pada pembahasan sebelumnya sudah membanyak terkait software dan hardware pada komputer dan laptop. Sama halnya dengan pembahasan kali ini yakni menyangkut keduanya, yakni VGA pada perangkat kalian.

Mungkin masih banyak yang bingung saat mengalami masalah pada VGA. Tidak perlu terburu2 untuk membeli VGA baru dan Meng klaim sudah rusak, karena masalah yang ditimbulkan bisa saja dikarenakan oleh driver yang terpasang pada laptop. Tentunya hanya dengan cara merefresh laptop dan komputer tidaklah cukup, paling tidak yakni harus dengan cara restart VGA laptop kalian.

Apakah sulit? Tidak sama sekali, bahkan teknik ini bisa dikerjakan oleh siapapun tanpa melakukan pekerjaan overhaul komputer.

Cara refresh VGA laptop dengan Restart Ulang Driver

Masalah driver VGA Laptop bisa saja terjadi pada semua jenis sistem operasi, baik itu windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain sebagainya.

Saat VGA mengalami masalah maka akan tampak pada tampilan grafis, singkatnya laptop tidak bisa menampilkan display grafik ke dalam monitor secara normal. Misalnya seperti layar mengalami blank hitam, Ini ada dua kemungkinan yakni masalah pada RAM atau VGA nya. Namun, sangat erat sekali pada kemungkinan masalah pada VGA baik itu pada sisi software maupun pada perangkat kerasnya itu sendiri.

Masalah pada driver VGA juga tidak hanya menyebabkan layar menjadi blank Hitam saja, Namun gejala paling ringan yang bisa kalian temukan biasanya layar menjadi lag tidak merespon, Keyboard tidak bisa mengetik tulisan sama sekali dan kursor tidak bisa bergeser.

Tidak hanya itu saja, ketika driver laptop tidak bisa berjalan dengan baik juga biasanya ditandai dengan layar berkedip. Dan saya ingatkan kembali, anda tidak perlu terburu-buru mengganti VGA baru, Bisa mencoba alternatif paling mudah yakni dengan cara restart vga laptop.

Baca Juga : Cara melihat Spesifikasi VGA card laptop

Refresh VGA dengan Cara restart Driver.

Langkah ini sebagai upaya perbaikan yang pertama dan dapat dikerjakan pada laptop yang memakai sistem operasi windows 7, Windows 8, Windows 9 dan lain sebagainya.

Siapapun bisa dengan mudah dan Cepat restart driver VGA dan memperbaiki kesalahan kecil yang mengakibatkan layar tidak bisa tampil sempurna. Cara refresh ini juga bisa dikerjakan ke beberapa merek VGA, Baik AMD, NVIDIA, atau jenis Intel. Saat kalian sudah berhasil refresh maka windows akan berkedip dan kosong selama beberapa detik dan mengeluarkan suara bip.

Namun sebelum ke langkah mulai ulang VGA. Silahkan nyalakan terlebih dahulu laptop anda dan pastikan kondisi on seperti biasa meskipun tampilan Blank Hitam, Anda bisa menguji memastikan bahwa laptop dalam kondisi menyala dengan cara menekan tombol Salah satu tombol pada keyboard yang memiliki indikasi power menyala, salah satunya adalah Capslock.

  • Silahkan tekan, Jika setelah menekan Capslock maka ada indikator status Huruf besar, maka kemungkinan laptop dalam kondisi on.
  • Selanjutnya untuk restart vga Laptop , silahkan tekan keyboard (WIN + CTRL + SHIFT + B) Hingga direspon layar.
  • Biasanya layar laptop anda akan berkedip dan kosong selama beberapa saat hingga terdapat notifikasi Bip.
  • Setelah sudah selesai dan berhasil restart VGA> Semua akan kembali normal dan berjalan seperti biasanya.

Tidak hanya sampai disini saja, langkah diatas dikerjakan pada laptop yang sudah terlanjur blank hitam dan tidak bisa masuk ke dalam menu. Sebaiknya setelah berhasil, anda juga bisa melanjutkan untuk memperbaiki driver dengan cara berikut.

Baca Juga : Mengenal Fungsi VGA pada laptop dan Komputer

Restart Driver VGA Laptop Via Device Manager

Setelah mencoba melarikan metode diatas , Maka anda juga bisa mencoba memperbaiki driver vga dengan cara memperbarui. Saat driver yang sudah terpasang namun tidak support dengan versi windows yang terpasang pada laptop kalian saat ini, atau terjadi corrupt disebabkan oleh berbagai kemungkinan maka kalian bisa memperbaiki sendiri.

Sekali lagi, ini searnyanya mudah dikerjakan oleh siapapun. Silahkan ikuti instruksinya sebagai berikut.

  • Silahkan Buka Device manager pada laptop anda, Lalu klik Dua Kali [Display adapters]
  • Lanjutkan klik kanan pada opsi [ Driver kartu grafis]
  • Lalu Pilih [Uninstall Device ] Kemudian anda bisa restart komputer. Maka Windows akan kembali melakukan refresh pembaruan driver yang sesuai kebutuhan oleh sistem terbaru atau yang terpasang saat ini.

Atau kalian juga bisa mencoba memasang software driver secara manual hingga selesai.

Baca Juga : Begini Cara Update Driver VGA pada Windows

Penutup

Itulah tutorial cara refresh VGA Laptop restart agar menjadi kembali normal secara fungsi dan kinerjanya, kamu bisa juga menambah VGA laptop untuk grafis lebih baik. Semoga dapat menjadi manfaat informasi ini untuk anda yang sedang bingung mengalami masalah pada display disebabkan oleh VGA.