Cara Overclock VGA Laptop Untuk Pemula

Apakah kamu tau istilah tentang overclock VGA laptop? Atau mungkin masih terdengar asing buat kamu? Kalau kamu sering menggunakan Komputer atau laptop, pasti akan sering mendengar istilah overclock vga supaya kinerja lebih maximal. Overclovk adalah meningkatkan kecepatan grafis atau gambar dengan menggunakan frekusensi clock rate dari GPU bawaan pabrik.

Jika kamu belum faham bagaimana cara overclock vga laptop, ligaprima.co.id akan membahas untuk kamu yang masih pemula dalam melakukan overcloack simak tutorial berikut ini, akan kita bahas tuntas bagaimana caranya.

 

Cara Overclock VGA Untuk Pemula

Jika kamu merasa laptop yang digunakan berasa kurang maksimal kinerjanya biasanya ini karena VGA yang belum di overclock, Fungsi Overclock adalah untuk meningkatkan performa lebih pada VGA dengan melakukan OC bisa menambah perfoma sampai 10% bahkan lebih, dengan cara menggunakan stock cooling. Dan jika kamu menggunakan custom cooling maka itu akan lebih baik.

Jika kamu tidak ingin overclock vga kamu bisa juga menambah VGA yang tentunya bisa menjadi solusi lain. Nah berikut ini cara menambah VGA pada laptop

Baca Juga : Cara Setting VGA AMD untuk Meningkatkan Performa

Langkah Overclock VGA Laptop

Berikut ini adalah Langkah untuk proses overcloaking pada VGA :

  1. Pastikan laptop Anda memiliki fitur overclocking bawaan pabrikan. Beberapa laptop tidak memiliki fitur ini, jadi pastikan untuk memeriksa secara manual fitur ini.
  2. Unduh dan instal software overclocking yang kompatibel dengan laptop Anda. Beberapa pilihan populer seperti MSI Afterburner, EVGA Precision X, dan ASUS GPU Tweak.
  3. Buka software overclocking dan cari pengaturan untuk GPU Core Clock, Memory Clock, dan Voltage.
  4. Mulailah dengan meningkatkan Core Clock sedikit demi sedikit, misalnya dengan menambahkan 5 MHz. Jangan langsung menambahkan terlalu banyak, karena ini akan dapat menyebabkan kerusakan pada VGA.
  5. Cobalah dahulu setiap kali Anda mengubah pengaturan dengan menjalankan benchmark atau jalankan game yang diinginkan. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kegagalan seperti layar hitam, crash, atau artifacts. Jika terjadi masalah, kembalikan pengaturan ke posisi sebelumnya.
  6. Ulangi proses ini sampai Memory Clock dan Voltage Anda menemukan kombinasi yang paling stabil dan memberikan kinerja yang diinginkan.
  7. Ingatlah bahwa overclocking dapat meningkatkan suhu dan konsumsi daya baterai, jadi pastikan untuk memantau suhu dan menjaga pendingin tetap bekerja secara stabil.

Baca Juga : Cara Refresh VGA Laptop dengan Restart Ulang Driver

MSI Afterburner

Untuk melakukan overclocking dengan MSI Afterburner, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal MSI Afterburner pada laptop Anda.
    2. Buka MSI Afterburner dan pastikan bahwa VGA Anda terdeteksi dengan benar.
    3. Klik pada tab “Core Voltage” dan aktifkan “Unlock Voltage Control” jika diperlukan. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah tegangan GPU.
    4. Klik pada tab “Core Clock” dan geser slider ke kanan untuk meningkatkan frekuensi Core Clock.
    5. Klik pada tab “Memory Clock” dan geser slider ke kanan untuk meningkatkan frekuensi Memory Clock.
    6. Klik tombol “Apply” untuk menerapkan perubahan.

Penutup

overclocking dapat meningkatkan kinerja VGA pada laptop, tetapi harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati. Pastikan juga laptop memiliki fitur overclocking bawaan pabrikan, Jangan melakukan overclock berlebihan, sebaiknya jangan terlalu banyak dari pengaturan standar, karena dapat merusak kartu grafis Anda. Semoga bermanfaat.