Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lebih Lama

Cara merawat laptop agar awet – Laptop adalah alat komputasi yang mempunyai peranan penting untuk berbagai kebutuhan. Mendukung pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya. Seiring dengan penggunaan, lambat laun akan menghadapi berbagai kendala yang terjadi baik dari sisi hardware maupun software. Tidak dipungkiri bahwa laptop awet juga salah satunya dipengaruhi dari merek. Hampir semua orang sepakat merk yang kita gunakan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas dan harganya

Tetapi disisi lain, perlu tindakan dengan cara merawat laptop agar awet. Karena sebaik apapun merek dan harga yang sudah dibeli, jika dalam penggunaan sehari hari tidak memakai kaidah perawatan yang tepat maka kemunginan akan cepat rusak. Nah apa saja tips untuk merawat laptop simak artikel ini sampai selesai.

 

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Bagaimana cara merawat kondisi laptop agar tetap awet ? Ada dua hal yang berkaitan dengan perawatan terhadap laptop dan kerusakannya. Yang pertama adalah merawat dari sektor hardware dan kedua dari sektor software. Ancaman pada software biasanya adalah terjadi crash, mengatasi laptop lemot, memperbaiki kesalahan lain yang berhubungan dengan fungsi program.

Begitu juga dengan keawetan hardware, sama pentingnya dan menjadi penunjang performa laptop. Misalnya RAM, hard disk, Adaptor charger, Baterai , Keyboard dan lain sebagainya yang memerlukan tindakan perawatan agar awet.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat laptop agar awet:

  1. Pastikan untuk selalu membersihkan laptop secara teratur dari minyak,debu, terutama bagian dalam dan bagian luar. Kalian bisa memakai kain lembab untuk membersihkan bagian luar dan tepat untuk membersihkan bagian dalamnya.
  2. Jaga agar laptop tidak terkena sinar matahari langsung atau terkena panas yang berlebihan. Ini akan menyebabkan komponen laptop menjadi panas dan dapat berpotensi kerusakan pada jangka panjang.
  3. Jangan mengoperasikan laptop dengan Kondisi tangan basah berair yang dihawatirkan akan menetes ke dalam komponen. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop.
  4. Selalu menggunakan laptop dengan hati-hati serta hindari melempar atau menjatuhkan laptop. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dalam laptop.
  5. Jangan menaruh di tempat yang tidak stabil atau terlalu tinggi. Ini berpotensi terjatuh dan mengalami kerusakan fatal.
  6. Selalu gunakan stop kontak yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi laptop. Ini akan menghindari kerusakan pada adaptor atau baterai laptop.
  7. Menjaga agar laptop usahakan selalu dalam keadaan dingin dan sejuk. Kalian dapat menggunakan cooling pad atau menempatkan pengoperasian dan penyimpanan di tempat yang terbuka untuk menjaga suhu yang tepat.
  8. Selalu pastikan untuk mematikan laptop secara benar setelah digunakan. Ini akan menghindari kerusakan pada komponen dalam laptop dan menjaga agar laptop Anda tetap awet.
  9. Selalu lakukan update sistem operasi dan aplikasi yang terinstall di komputer. Ini akan memastikan bahwa laptop berfungsi dengan optimal dan terhindar dari kerentanan keamanan.
  10. Gunakan antivirus yang terpercaya untuk menghindari infeksi virus yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop Anda.

 

Itulah gambaran umum cara merawat kondisi laptop agar menjadi lebih awet. Namun dalam hal lain juga terdapat bagian lain yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan komponen menjaga kualitasnya.

Baca Juga : Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

# Merawat engsel dan Layar Laptop

Layar menjadi bagian penting yang harus dijaga kualitasnya. Karena Hardware yang satu ini sangat penting peranannya sebagai alat menamilkan interaksi antar pengguna dan peangkat. Saat Layar bermasalah, tentu akan menyebabkan penggunaan tidak nyaman, Bahkan jika layar laptop berkedip , bergaris, tentu ini menjadi masalah yang serius.

 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat layar laptop:

  • Selalu menjaga layar laptop supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung atau terkena panas lain .Hal Ini akan menyebabkan layar menjadi panas dan dapat menimbulkan kerusakan
  • Hindari menyentuh layar laptop menggunakan tangan, jari kotor atau bersentuhan dengan benda-benda yang kasar. Hal ini bertujuan untuk menghindari goresan pada layar laptop.
  • Selalu gunakan lap top case atau tas laptop untuk menyimpan laptop Anda saat tidak digunakan atau saat dibawa bepergian. Ini akan menjaga agar layar laptop tidak terkena goresan atau kerusakan.
  • Hindari meletakan laptop di tempat yang tidak stabil atau terlalu tinggi yang berpotensi jatuh mengalami kerusakan pada layarnya maupun komponen lain.

Selalu pastikan untuk membersihkan layar laptop dengan teratur dengan menggunakan kain lembab atau tepat. Selain itu hindari pemakaian produk pembersih berbahan kimia keras atau scouring pad yang dapat menyebabkan kerusakan layar laptop.

Baca Juga : Cara Merawat Adaptor Charger Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

# Merawat Keyboard Laptop

Keyboard sejauh ini menjadi komponen yang paling rentan terhadap kerusakan, baik masalah keyboard tidak bisa mengetik huruf sebagian atau mati satu font, ngacak dan lain sebagainya. Faktornya juga beragam, sehingga memerlukan perlakuan perawatan yang benar agar awet. Nah, pada ligaprima akan dibahas lengkap cara merawatnya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat keyboard laptop:

  • Selalu pastikan kondisi keyboard laptop besih , lakuan pembersihan secara teratur dengan menggunakan kain lembab atau tepat dan hindari pemakaian cairan pembersih kimia keras.
  • Hindari pemakaian keyboard laptop dalam kondisi tangan yang basah atau lembab di khawatirkan ada air menetes.
  • Gunakan Pelindung keyboard , ini sangat penting melindungi dari debu maupun air.
  • Pastikan pemakaian keyboard laptop tidak memakai kekuatan yang berlebihan atau dengan menggunakan benda-benda yang tidak sesuai. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada tombol-tombol keyboard.
  • Hindari untuk menaruh makanan atau minuman di dekat keyboard . Ini dapat menyebabkan kotoran atau bahan-bahan yang menempel pada keyboard dan menyebabkan kerusakan.

Jika saat ini anda mengalami masalah pada keyboard, sebaiknya jangan panik dan cobalah memeriksa secara benar. Jika memerlukan penggantian, silahkan datang ke service center resmi sesuai dengan merek laptop kalian.

 

#Merawat sistem Operasi Laptop

Merawat sistem Operasi pada laptop ini memang sedikit berbeda dengan penggunaan hardware. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa OS bisa rusak, Penyebabnya beragam. Misalnya kena Virus, eror karena kesalahan pengaturan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kalian juga harus paham perawatan yang benar berikut:

  • Memasang Aplikasi antivirus sebagai perlindungan sistem dari ancaman.
  • Melakukan pembersihan File sampah secara berkala untuk menghindari lemot dan kesalahan kecil lain.
  • Tidak melakukan upaya modifikasi file sistem, ini bisa menyebabkan crash dan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
  • Melakukan defragment , untuk menjaga performanya sebaiknya lakukan pemulihan penantaan kembali file sistem menggunakan fitur defragment.
  • Gunakan sistem Operasi sesuai dengan spesifikasi laptop anda, jangan paksakan dengan jenis yang berat.
  • Pasang aplikasi menyesuaikan kemampuan laptop, ini juga menjadi salah satu upaya menjaga performa komputer dan sistem.

 

Penutup

Itulah pembahasan lengkap cara merawat laptop, disampig itu kalian juga harus merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak dengan metode yang benar.  Sehingga Bisa diurutkan dalam merawat perangkat mulai dari bagian luar dan sistem.