Cara Mengetahui Laptop 32 bit atau 64 bit

Mungkin ini dianggap tidak penting bagi kalangan pengguna laptop biasa. Tetapi Seiring dengan lama pemakaian nanti akan dihadapkan untuk mengetahui arsitektur prosesor laptop 32bit atau 64bit. Ini sangat penting diketahui, pasalnya ini sebagai landasan saat akan download dan Memasang software.

Ini merupakan karakteristik prosesor yang berbeda, yakni memerlukan penyesuaian khusus saat akan memasang software. Biasanya laptop 32 bit dapat dipasangi aplikasi berjalan di 32-bit dan 64-bit.

Sedangkan sebaliknya laptop dengan prosesor 64 bit hanya bisa dipasangi dengan Software 64-bit saja. Misalnya, Photoshop spesifikasi 64-bit maka bisa di install pada laptop prosesor 32bit dan 64bit, namun sebaliknya Photoshop 32-bit hanya bisa dipasang pada laptop berarsitektur 32 bit saja.

Sehingga sangat sayang sekali apabila terjadi kesalahan pengunduhan,Sehingga kalian harus benar benar mengetahui laptop 32 bit atau 64 bit.

Baca Juga: Begini Cara melupakan wifi di Laptop

Cara mengetahui Laptop 32-bit atau 64-bit

Cara Mengetahui Laptop 32 bit atau 64 bit dengan mengecek laptop 32 bit atau 64 bit dapat dikerjakan langsung memanfaatkan fitur bawaan ata dengan cara memakai aplikasi bantuan yang bisa kalian download gratis.

Bagaimana cara mengetahui bit laptop? Kali akan memahasanya secara lengkap,sehingga sahabat ligaprima bisa mengikat setiap langkahnya. Mari kita mulai pembahasan cara cek laptop 32-bit atau 64-bit.

Cara Mengetahui Laptop 32 bit atau 64 bit

#1. Mengecek Melalui System Properties

Mulai dari cara pertama ketika anda ingin mengecek bit laptop. Langkah ini merupakan yang termudah, karena kalian tidak perlu mengunduh aplikasi apapun.

Selain itu, Fitur System properties juga bisa dilakukan ke hampir semua versi windows. Misalnya Windows 7, Window 8, Windows 10 , Windows 11 dan lain sebagainya hingga mungkin ke versi server.

Caranya:

  • Silahkan masuk ke Windows Explorer seperti biasa.
  • Kemudian , Klik kanan [This PC] Lanjut pilih [Properties].
  • Kemudian disana kalian akan melihat informasi spesifikasi laptop Salah satunya yani informasi arsitektur Prosesor berapa bit.
  • Selesai, berlaku untuk semua merk Laptop. Dell, Lenovo, Acer, Toshiba, HP, dan lain sebagainya yang memakai OS windows.

Baca Juga: Cara Copy Paste Di laptop dengan Benar

#2. Cek bit Laptop Melalui About Windows

Cara Cara Mengetahui Laptop 32 bit atau 64 bit berikutny dapat dilakukan pada laptop yang memakai sistem operasi Windows 10. Sama dengan OS lain, pada versi ini kalian juga bisa mengecek spesifikasi bit laptop dengan mudah melalui fitur bawaan.

Fitur about ni akan memberikan beberapa informasi terkait dengan laptop , salah satunya adalah prosesor berapa bit, berikut tahapan mengecek bit.

  • Buka dan nyalakan Laptop anda, kemudian ke pencarian dan tulsi “About” > “About your PC”
  • Maka kalian akan diarahkan ke sebuah meni jendela, disana anda bisa melihat “Device Specification” maka anda bisa mengetahui Bit prosesor yang terdapat pada laptop kalian.

Mudah bukan?

Mungkin akan sedikit berbeda pada versi lain, namun secara umum informasi spesifikasi laptop sudah pasti dimiliki oleh setiap perangkat. Sehingga disana pengguna bisa memperoleh berbagai informasi tentang pc nya.

#3. Cek bit Laptop Melalui System Information.

Selain memakai dua cara di atas, anda juga masih bisa mencoba memperoleh spesifikasi bit laptop melalui fitur bawaan lain. Langkah ini juga dinilai sangat mudah bisa dikerjakan oleh siapapun.

  • Yang pertama masuk kedalam kolom pencarian laptop pada OS windows anda. Kemudian Ketik “System Information”
  • Pilih jika sudah ditemukan, kemudian klik “System Summary”
  • Kalian akan melihat spek laptop anda memiliki prosesor berapa bit pada bagian “System type”.

Apakah hanya ini saja saat ingin mengetahui laptop 32bit atau 64bit? Tentu saja tidak, masih ada beberapa cara lain yang dapat kalian lakukan ntuk memperoleh inotmasi tersebut.

Baca Juga: Cara melihat RAM Laptop dan Jenisnya

#4. Cek bit Laptop Via Command Prompt

Sebagai langkah paling mudah lagi adalah melalui Command prompt. Yakni sebuah jendela yang memiliki tampilan CLI atau dalam Linu biasa dikenal dengan terminal.

Biasanya penggunaan Command Prompt ini memakai teks, anda perlu memasukan perintah memakai teks. Untuk lebih jelasnya bisa mencoba langkah sebagai berikut:

Silahkan Buka Command Prompt pada windows , Kemudian Klik kanan dan Pilih Run as administrator.

Lanjutkan tulis Command echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE% Kemdian Enter.

Maka disana akan muncul info tentang laptop anda memakai Prosesor 64-bit atau 32-bit.

Selesai, dan anda sudah bisa mulai menemukan jenis apps yang sesuai dengan jenis kecepatan yang dimiliki.

 

#5. Mengecek Bit Laptop Melalui Dxdiag

Mungkin saja cara di atas hanya bekerja pada jenis versi OS windows tertentu. Sehingga sudah seharusnya pembahasan ini lengkap untuk semua versi.

Jika Metode yang telah saya sampaikan diatas tidak membuahkan hasil, Maka bisa mencoba langkah dibawah

  • Silahkan Buka RUN dengan Cara Tekan tombol kombinasi pada keyboard [Windows+R]
  • Lalu Ketik dxdiag dan lanjutkan enter.
  • Maka akan tampil jendela yang berisi berbagai informasi terkait dengan spesifikasi laptop, salah satunya adalah bit prosesor laptop

Baca Juga: Cara masuk BIOS laptop Lenovo

 

Cek bit Laptop Via Registry Editor

Masih ada cara lain yang dapat digunakan saat siapapun akan mengecek laptop apakah 32bit atau 64bit. Salah satunya melalui registry editor.

Mengakses registry editor tidak disarankan untuk melakukan edit apapun karena file system ini cukup sensitif yang dapat mengakibatkan error.

Beirkut langkahnya:

  • Pertama akses Run melalui tekan keyboard tombol kombinasi [Windows + R]
  • Kemudian silahkan ketik, regedit lalu enter.
  • Maka anda akan masuk ke dalam registry editor, Lalu cari File Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\CentralProcessor\0.

Disana anda cukup lihat bit saja fokus pada bagian Identifier.

Namun ada proses yang sama mudahnya dan mampu menampilkan keseluruhan spesifikasi laptop yang anda miliki. Tidak hanya Bit prosesor, pengguna akan mengetahui RAM,Harddisk dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara cek Kesehatan Baterai Laptop

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Software Ini cukup populer bisa digunakan untuk mengecek secara keseluruhan spesifikasi smartphone android dan Perangkat komputer. Kalian akan mengetahui semuanya yang ada dalam perangkat, tidak hanya ram, prosesor saja, tetapi dapat dipakai untuk mengecek hardware.

Misalnya , Mengetahui bit processor laptop, Mengetahui SSD atau Harddisk dan lain sebagainya. Cara penggunaannya simple, berikut pembahasannya.

  • Download dan Install aplikasi di Laptop yang akan dicek bit nya. Proses pemasangan lakukan seperti biasa.
  • Kemudian , Setelah CPU-Z sudah terpasang anda bisa memulai membuka.
  • Jika sudah terbuka > Ketuk tab About kemudian perhatikan pada Windows Version terdapat info laptop 32 bit atau 64 bit.

Perlu kalian ketahui, penulisan lain 32bit juga biasanya ditulis menjadi x86, sehingga saat anda ingin mengetahui laptop 32bit atau 64bit tetapi tertulisnya adalah x86, itu artinya 32bit.

Banyak lagi software PC untuk mengecek spek lengkap , selain CPU-Z anda juga bisa menggunakan Astra32,Hwinfo , Speccy dan lain sebagainya. Tidak perlu memasang semuanya, cukup pilih salah satu saja

Baca juga: Cara Cek Spek Laptop Lengkap Semua OS

Penutup

Banyak sekali cara mengetahui laptop 32-bit dan 64-bit. Semua langkah diatas dapat dilakukan pada perangkat dengan sistem Operasi Windows.