Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati total

ligaprima.co.id –  Sebagai perangkat elektronik pastinya banyak potensi dan resiko yang bisa terjadi. Terutama setelah kurun waktu pemakaian laptop yang sudah cukup lama, beragam kemungkinan bisa saja terjadi. Misalnya performa menurun, cepat panas bahkan mati total. Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas terkait dengan penyebab dan cara mengatasi laptop mati total. Beberapa pengguna mungkin pernah mengalami, kejadian ini memang tidak sering namun bukan berarti tidak mungkin.

 

Penyebab Laptop Mati Total

Tidak perlu panik , karena penyebab laptop mati total belum tentu disebabkan oleh masalah berat. Bisa saja hanya alasan ringan yang masih bisa diselesaikan sendiri tanpa dibawa ke tempat service. Memang mati total cendrung disebabkan oleh permasalahan Hardware, dan kerusakan pada perangkat keras umumnya mengharuskan untuk melakukan penggantian.

Nah, Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop mati total, di antaranya:

Masalah pada baterai

Baterai yang rusak atau sudah tidak dapat menyimpan daya dengan baik dapat menyebabkan laptop mati total saat tidak terhubung ke sumber listrik. Indikasi permasalahan baterai yang menyebabkan mati total ini umumnya tedapat tanda-tanda sebelumnya. Misanya, baterai laptop cepat habis atau tidak bisa di isi ulang karena kabel charger rusak atau port pengisian bermasalah sehingga daya tidak bisa masuk dan tertampung kedalam baterai menyebabkan laptop mati total. Masalah pada baterai bisa saja dikarenakan oleh faktor lain, bukan dari baterai itu sendiri.

Sedangkan tanda-tanda lain sebelum menjadi baterai tidak dapat berfungsi biasanya , cepat panas, tidak bisa terisi penuh, dan lain sebagainya yang kesimpulannya tidak bisa mengsupply daya kedalam laptop maka di perlukan juga untuk mengcek Kesehatan Baterai Laptop.

Masalah pada adaptor daya

Penyebab kedua adalah laptop mati karena faktor Adaptor. Adaptor pengisian daya yang rusak atau tidak dapat memberikan listrik cukup ke baterai untuk laptop, ini tentu dapat menyebabkan laptop mati total.

Kalian dapat memeriksanya dan memastikan semua aliran yang dihasilkan dari pengisian terjadi dengan baik dan benar hingga baterai benar benar bisa terisi.

Baca Juga : Cara Merawat Adaptor Charger Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Masalah pada komponen hardware

Selain dari baterai, mari kita masuk kebagian mesin laptop yang mengalami masalah. Jelas ini akan menjadi masalah besar yang dapat menyebabkan laptop tidak bisa menyala atau mati total. Beberapa komponen hardware seperti hard drive, RAM, atau prosesor dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan laptop mati total.

Nah, anda bisa mencoba menganalisanya. Namun bagi orang awam ini cukup sulit, anda bisa mencoba membawanya ke Lokasi service laptop terdekat untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Masalah pada sistem operasi

Jika sistem operasi laptop mengalami masalah atau terinfeksi virus, laptop dapat mati total dan tidak dapat dihidupkan kembali. Namun ini cukup jarang hingga benar-benar tidak bisa menyala. Masalah pada OS biasanya paling parah laptop masih bisa menyala namun layar berkedip atau blue Screen, Black screen.

 

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Saat laptop mendadak mati total,, tidak perlu panik karena bisa saja permasalahannya ringan. Kalian bisa memeriksanya sesuai dengan langkah yang sudah dijelaskan.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop yang mati total:

  • Periksa koneksi baterai dan adaptor daya

Pastikan baterai laptop terpasang dengan benar dan adaptor daya terhubung dengan baik ke laptop dan stopkontak. Jika masalahnya terletak pada baterai atau adaptor daya, cobalah mengganti dengan yang baru.

  • Periksa komponen hardware

Coba periksa apakah terdapat masalah pada komponen hardware seperti hard drive, RAM, atau prosesor. Jika terdapat komponen yang rusak, perlu membawa laptop ke tukang service komputer untuk diperbaiki atau diganti. Disana akan mendapatkan penanganan tepat karena didukung dengan peralatan lengkap untuk perbaikan dan analisa kerusakan laptop.

  • Perbaiki sistem operasi

Jika laptop Anda mati total karena masalah pada sistem operasi disebaban oleh virus atau OS crash, Anda dapat mencoba untuk memperbaiki sistem operasi dengan booting dari media instalasi (misalnya DVD atau USB). Jika tidak memiliki media instalasi, Anda dapat mencoba booting dari Safe Mode untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

  • Service komputer

Jika semuua langkah-langkah di atas tidak membantu, maka kami menyarankan kalian untuk dapat membawa laptop ke service center untuk diperiksa lebih lanjut. Disana laptop akan diperaiki, terutama pada perangkat yang masih garansi tidak disarankan untuk membongkar sendiri.

Baca Juga : Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Tips agar laptop tidak mati total

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah laptop Anda mati total:

  • Jaga baterai laptop pastikan Selalu periksa tingkat baterai laptop dan pastikan baterai terisi dengan baik. Jika baterai sudah tidak dapat menyimpan daya dengan baik, segera ganti dengan yang baru.
  • Gunakan adaptor daya original, Sebaiknya selalu menggunakan adaptor daya yang sesuai dengan spesifikasi laptop dan produuk ori. Jika menggunakan adaptor yang tidak sesuai, dapat menyebabkan kerusakan pada laptop atau bahkan mati total.
  • Gunakan laptop dengan benar, pastikan selalu menggunakan laptop pada suhu aman dan hindari ekstrem atau menggunakannya terlalu lama tanpa istirahat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen hardware dan menyebabkan laptop mati total.
  • Selalu Update sistem operasi, Aman, dengan memakai sistem operasi terupdate. Ini dapat membantu mencegah masalah pada sistem operasi yang dapat menyebabkan laptop mati total.
  • Bersihkan laptop secara berkala, Selalu Bersihkan debu dan kotoran terkumpul di dalam laptop secara berkala. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan pada komponen hardware dan menjaga agar laptop Anda berfungsi dengan baik.

 

Penutup

Sebagai kesimpulan bahwa penyebab laptop mati total adalah tidak selalu disebabkan oleh hardware atau permasalahan pada mainboard. Tetapi, masih banyak faktor lain, misalnya karena kena virus atau hal lain yang bisa mengakibatkan sistem tidak bisa bekerja.

Untuk dapat memastikan keruskan disebabkan oleh komponen, sebaiknya dilakukan pemeriksaan yang tepat oleh ahlinya supaya mendapat penanganan yang sesuai. Itulah pembahasan singkat terkait dengan penyebab laptop tidak bisa menyala dan cara mmengatasinya,semoga bermanfaat.