9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Kencang

Cara Mengatasi Laptop Lemot  – Saat Memakai laptop yang super lelet , tentu tidak sabar dan membuat setiap pekerjaan kalian menjadi terhambat. Nah, Sebagai alternatif maka bisa membeli lapto terbaru dengan spesifikasi mumpuni atau dengan cara mengatasi laptop lemot sesuai dengan petunjuk yang tepat.

Laptop yang lambat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kapasitas penyimpanan yang terlalu penuh, virus atau malware, sistem operasi yang usang, atau hardware yang rusak. simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi laptop lemot.

Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Lemot

Sebelum membahas cara mengatasi laptop lambat, Tentu ada berbagai sebab yang bisa mengacu pada kinerja laptop menjadi tidak optimal. Tidak bisa mengacu pada satu faktor saja, sebelum ke langkah perbaikan sebaiknya anda sudah memahami.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan laptop menjadi lemot atau lambat, di antaranya:

  1. Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak > Jika Anda sering menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, maka laptop Anda dapat menjadi lemot karena sistem operasi harus bekerja ekstra untuk mengelola semua aplikasi tersebut.
  2. Penumpukan File sampah dan aplikasi yang tidak diperlukan > File sampah yang terakumulasi dapat memperlambat kinerja laptop Anda. Selain itu, aplikasi yang tidak diperlukan atau tidak digunakan juga dapat memperlambat laptop Anda.
  3. Penggunaan memori yang terlalu banyak > Jika memori laptop Anda penuh atau hampir penuh, maka kinerja laptop Anda dapat terpengaruh.
  4. Masalah hardware > Hardware yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Misalnya, hard drive yang rusak atau prosesor yang overheat dapat memperlambat kinerja laptop.
  5. Kondisi fisik laptop > Jika laptop Anda terlalu panas atau terkena debu yang terakumulasi, maka kinerja laptop Anda dapat terpengaruh.
  6. Sistem operasi yang tidak terupdate > Sistem operasi yang tidak terupdate dapat memperlambat laptop Anda karena ada banyak bug atau masalah yang belum terselesaikan.

Dan lain sebagainya..

Baca Juga : Cara menghapus cache di laptop windows 7, 8, 10, 11.

Mungkin penyebab diatas adalah gambaran umum , kalian bisa memeriksanya secara spesifik dan memperbaikinya agar laptop tidak lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop lemot atau lambat. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dicoba:

#1. Bersihkan file sampah

Cara memperbaiki laptop lambat pertama adalah dengan membersihkan file sampah . Langkahnya dapat menggunakan alat bantu seperti CleanMyPC atau CCleaner untuk membersihkan berkas tidak terpakai dan aplikasi yang tidak diperlukan yang dapat memperlambat laptop kalian.

Selain memakai tools pihak ketiga , kalian juga dapat menggunakan alat bawaan seperti Disk Cleanup atau aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan file sampah yang tidak terpakai dan duplikat yang tidak diperlukan. Ini akan memberikan ruang yang lebih banyak pada hard drive dan meningkatkan kecepatan akses data.

#2. Nonaktifkan program yang tidak diperlukan pada saat startup

Selain pengaruh file sampah, kalian juga dapat menonaktifkan program yang tidak perlu dijalankan saat laptop Anda pertama kali dinyalakan dengan cara masuk ke Task Manager dan menonaktifkan program yang tidak diperlukan.

#3. Matikan fitur animasi

Fitur animasi seperti efek transisi dan efek visual dapat memperlambat laptop Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan masuk ke Pengaturan dan mencari opsi “Efek Visual”.

#4. Instal ulang sistem operasi

Selain memakai beberapa metode diatas, kalaian juga bisa install ulang sistem Operasi, Memastikan OS yang kalian gunakan dapat menyesuaikan spesifikasi laptop.vMisalnya, jika saat ini anda memakai windows 7, Maka bisa mencoba upgrade ke versi windows 8.

Pada prinsipnya , coba pelajari apakah perlu upgrade OS atau Downgrade. Selain itu, kalian juga mencoba memakai alternatif OS lain yang dinilai lebih ringan misalnya memakai Linux.

Setidaknya jika masalah Laptop lemot karena dapat mencoba untuk menginstal ulang sistem operasi laptop. Ini sangat efektif saat masalah terjadi karena kerusakan sistem, kena virus dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mengenal Laptop Fungsi software dan Perlengkapannya

#5. Periksa kondisi hardware

Jika laptop masih tetap lemot setelah mencoba langkah-langkah di atas, mungkin ada masalah pada hardware laptop.

Cobalah untuk memeriksa kondisi hardware dengan membuka laptop dan membersihkan debu yang terakumulasi, atau bisa juga dengan meminta bantuan teknisi profesional. Memeriksa hardware laptop untuk mencari tahu apakah ada masalah dengan komponen seperti hard drive, RAM, atau processor.

Jika Masalah laptop lemot terdapat masalah dengan hardware, mungkin perlu mengganti komponen yang rusak atau meminta bantuan teknisi untuk memperbaikinya.

#6. Upgrade Hardisk Ke SSD

Ini salah satu alternatif terbaik , yakni dengan Upgrade hard drive ke SSD (Solid State Drive) adalah cara untuk meningkatkan kinerja laptop  dengan mengganti hard drive mekanikal biasa dengan SSD.

SSD merupakan perangkat penyimpanan yang menggunakan memori flash untuk menyimpan data, dan biasanya lebih cepat daripada hard drive mekanikal dalam mengakses data.

Untuk melakukan upgrade hard drive ke SSD, Anda perlu membeli SSD yang sesuai dengan laptop dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti obeng Phillips, perangkat pemindai data (misalnya HDD Docking Station atau Enclosure), dan kabel SATA.
  • Buka casing laptop sesuai dengan petunjuk dari produsen, biasanya ada pada bagian belakang.
  • Lepaskan hard disk yang terpasang pada laptop dengan mengeluarkannya dari slotnya.
  • Pasang SSD ke dalam slot hard drive yang sama dengan cara yang sama seperti hard disk yang sebelumnya dilepas.
  • Sambungkan kabel SATA ke SSD dan motherboard laptop seperti biasa.
  • Tutup kembali casing laptop Anda dan nyalakan laptop.
  • Instal ulang sistem operasi pada SSD baru dengan menggunakan DVD instalasi atau file ISO yang didownload dari situs web produsen.

Setelah proses instalasi selesai, laptop akan menggunakan SSD sebagai drive utama dan harusnya mengatasi laptop lambat dan berjalan lebih cepat daripada sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa proses upgrade hard drive ke SSD mungkin memerlukan waktu yang cukup lama dan mungkin membutuhkan bantuan teknisi. Tidak hanya itu saja, kalian perlu memindah / backup file hardisk.

Baca Juga : Cara Cek Spek Laptop Lengkap Semua OS

#7. Upgrade RAM

 Upgrade RAM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja laptop memperbaiki lemot dengan menambah jumlah memori yang tersedia untuk sistem operasi dan aplikasi.

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data sementara yang sedang digunakan atau diakses.

Sehingga Semakin banyak Jumlah RAM yang tersedia, Maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan diakses secara bersamaan oleh sistem, sehingga meningkatkan kecepatan komputer.

#8. Lakukan defragmentasi hard drive

Defragmentasi hard drive akan menyusun ulang file-file yang tersebar di hard drive sehingga laptop dapat mengakses data dengan lebih cepat.

Kalian dapat menggunakan alat bawaan seperti Disk Defragmenter atau aplikasi pihak ketiga untuk melakukan defragmentasi memperbaiki kesalahan penyusunan file menyebabkan lemot.

#9. Hapus program yang tidak diperlukan

Kesalahan umum sering terjadi pada pemilik komputer maupun laptop adalah dengan memasang berbagai aplikasi didalamnya. Hal Ini bisa berakibat buruk terhadap performa laptop, sehingga dalam hal ini kami menyarankan untuk melakukan pemilihan program yang tidak terpakai untuk mengurangi beban perangkat.

Cara ini cukup efektif, menghapus program yang tidak pernah digunakan atau yang tidak lagi diperlukan untuk membersihkan ruang penyimpanan dan mengurangi beban pada sistem.

Baca Juga : Mengenal Laptop Fungsi software dan Perlengkapannya

Penutup

Hampir semua cara mengatasi laptop lemot diatas sangat efektif. Bisa dikatakan jika sudah melakukan semuanya, maka perangkat memiliki performa 2 Bahkan 3 Kali lebih cepat dari biasanya. Terutama pada bagian Upgrade RAM dan SSD.

Mungkin masih banyak lagi cara memperbaiki kinerja laptop, diantaranya adalah dengan cara cloack speed prosesor. Namun hal itu tidak direkomendasikan karena bisa berakibat menjadi cepat panas.