7 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

Cara mengatasi Laptop Cepat panas – Laptop menjadi salah satu kebutuhan penting untuk keperluan pekerjaan maupun kegiatan lain. Sat ini teknologi terus berkembang, akses media sosial dan berbagai informasi tersebar di internet. Alat yang digunakan untuk melakukanhal itu salah satunya adalah memakai laptop.

Tetapi, Barang elektronik seiring waktu penggunaan terkadang mengalami masalah. Yang paling kecil dan ringan adalah laptop menjadi cepat panas (meskipun waktu pemakaian yang relatif singkat). Hal Itu tidak bisa dibiarkan secara terus menerus, memerlukan pemcahan masalah dengan segera sebelum merambah pada permasalahan lain. Cara mengatasi Laptop cepat panas terbilang tidak sulit, dan terutama pada kalian yang sudah memahami komponen.

Untuk mengatasinya , kalian juga wajib mengenali Penyebab nya. Misalnya karena penggunaan berlebihan, terlalu sering membuka aplikasi berat. Untuk beberapa pengguna juga memberlakukan Overclock yakni memaksa komponen laptop bekerja pada angka maksimal yang menyebabkan mengalami peningkatan suhu.

Selain itu, masih tedapat pemicu lain diantaranya adalah karena pemakaian aplikasi berat yang didesain membutuhkan spek mumpuni. Ini sering tidak disadari, menganggap semua program sama saja. Misalnya apps Game, Video editing, atau program lain yang memiliki requirment sumber daya cukup banyak. Kesalahan ini biasa terjadi pada pengguna yang tidak memahami komponen laptop dan penggunaan secara tepat.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Kencang

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Setelah mengetahui penyebab laptop cepat panas, tahapan berikutnya adalah cara mengatasinya. Sehingga ini menjadi upaya perbaikan dan perawatan yang sudah seharusnya dikerjakan oleh pemilik laptop.

Sama halnya saat kipas pada laptop berisik, meskipun terkesan sepele namun itu perlu tindakan serius supaya bisa normal kembali.

Apabila dismpulkan dari penyebabnya , laptop mudah panas dikarenakan debu, kotoran, penggunaan aplikasi tidak sesuai spesifikasi dan lain sebagainya, Sebelum merambah pada kerusakan lain, berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki.

  1. Penggunaan

Yang pertama saya tidak akan mengajak kalian langsung mengarah ke anggapan terjadi kerusakan. Nah, laptop mudah panas juga bisa dikarenakan pola pakai.

Pastikan laptop dalam penggunaan di tempat yang berventilasi dengan baik. Jauhkan laptop dari sumber panas seperti radiator atau sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan saat pemakaian tidak ada benda yang menutupi kipas atau lubang ventilasi laptop. Hal ini bisa menyebabkan suhu panas yang seharusnya dibuang menjadi tidak bisa keluar, membatasi aliran udara dan menyebabkan laptop cepat panas.

  1. Bersihkan ebu dan kotoran dari dalam laptop secara berkala.

Selain dari pola pemakaian, perlu diingat bahwa dengan lamanya penggunaan juga biasanya kipas laptop memiliki tumpukan debu sehingga angin yang dihasilkan tidak optimal. Komponen yang menghasilkan panas tidak bisa di reduce secara optimal sehingga membuatnya lebih mudah panas.

Selain itu , membersihkan debu juga perlu dilakukan secara rutin Ini akan membantu menjaga aliran udara dan mencegah laptop cepat panas. Gunakan aplikasi yang membutuhkan sumber daya sedikit saat membuka banyak aplikasi sekaligus.

Baca Juga : Cara Menambah RAM Laptop Agar Makin Kencang

  1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan saat tidak diperlukan.

Langkah ketiga selain pola penggunaan  laptop pada suhu ruangan yang nyaman membersihkan debu, kalian juga perlu melakukan kontrol terhadap aplikasi yang digunakan. Jangan menjalankan proses yang membutuhkan banyak sumber daya seperti game atau video editing saat laptop terhubung ke daya.

Jika memiliki keutuhan pemakaian laptop secara terus-menerus, sebaiknya gunakan pendingin tambahan seperti cooling fan pad laptop. Ini akan membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh komponen laptop. Jika masalah ini terus terjadi meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas, mungkin ada komponen yang rusak dan perlu diperbaiki oleh teknisi profesional.

  1. Scan Anti Virus

Siapa sangka virus juga bisa memic meningatnya suhu. Dalam hal ini sering terjadi tanpa disadari laptop terinfeksi virus yang membuatnya bekerja secara keras.

Tanpa disadari pengguna , script virus memberikan perintah menjalankan cukup banyak aplikasi dibelakang layar dan menimbulkan suhu laptop menjadi meningat. Cobalah untuk melakukan full scan, memperbaiki kesalahan sistem yang disebabkan oleh adanya ancaman dari luar. Kerusakan komponen: Kerusakan pada komponen seperti processor atau graphics card dapat menyebabkan laptop cepat panas.

  1. Mengganti Thermal

Thermal pasta adalah cairan yang menempel diatas prosesor. Sebagai penghantar panas yang dihasilkan dari prosesor di transfer ke sistem pendingin dan di urai.

Metode berikutnya adalah kalian bisa mempelajari cara membuka cover laptop dan prosesor, Cek , memastikan thermal kering dan silahkan ganti dengan pasta baru agar panas yang dihasilkan dapat diurai kesistem pendingin.

  1. Hapus Aplikasi Berat

Sebaiknya anda sudah memahami spesifikasi laptop yang dimiliki. Saat digunakan untuk membuka aplikasi tertentu menjadi mudah panas, silahkan cek kembali penggunaan apps tersebut.

Jika memang berat, kami menyarankan untuk menganalisa ulang dan mempertimbangkannya untuk menghapus pemasangan dari laptop kalian dari pada menjadi beban.

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi di Windows Mudah Tanpa Repot

  1. Mengganti Komponen.

Saat ada salah satu komponen yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik dan menghambat komponen lainnya. Sebaiknya ganti memakai part original sesuai dengan merk laptop kalian. Biasanya komponen tersebut berukuran kecil,short namun tidak menyebabkan mati total hanya membuatnya mudah panas. Untuk menganalisa bagian mana, biasanya ini dikerjakan oleh para teknisi yang sudah ahli dibidangnya. Melakukan beberapa prosedur pengecekan dan penggantian.

Penutup

Itulah beberapa tips cara mengatasi laptop cepat panas yang dapat kami sampaikan, Kalian bisa memeriksa semua poin diatas dan memperbaiki perangkat sehingga normal kembali.