Cara Mendownload Aplikasi di Laptop

Cara mendownload aplikasi di laptop – Pada pembahasan kali ini saya akan menulis terkait dengan cara mendownload aplikasi di laptop. Nah dalam setiap komputer Windows , linux, iOS, android atau apapun pastinya akan menemukan beberapa program.

Aplikasi default , biasanya akan terpasang secara otomatis. Namun tentu setiap pengguna memiliki kebutuhan tendiri , berbeda dengan antar user lainnya.

Misalnya seorang video creator, tentunya membutuhkan aplikasi untuk edit video, atau seorang Programer yang membutuhkan banyak program pendukung lain agar bisa mulai bekerja.

Artinya setiap kebutuhan programnya dapat disesuaian dengan cara menodwnload aplikasi di laptop kalian.

Baca Juga: Penyebab Layar Laptop Berbayang

Jenis File yang bisa di Install ke Laptop

Sat kalian akan download file aplikasi sudah wajib menyesuaikan jenis OS yang terpasang saat ini. Salah satunya adalah paling sering Windows , yakni berupa file exe.

Setelah mendownload file exe, tentu tidak akan sama berjalan dalam sistem operasi lain seperti linux. Sehingga setiap Sistem operasi memilii karakteristik tersendiri, pastikan jangan sampai salah mendownload file aplikasi untuk laptop kalian.

Ada banyak jenis file yang dapat diinstall ke laptop. Beberapa diantaranya adalah:

  1. File aplikasi: Ini adalah file yang mengandung kode program yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu. Contoh aplikasi yang dapat diinstall ke laptop adalah perangkat lunak pengolah kata, peramban web, atau game.
  2. File sistem: Ini adalah file yang diperlukan oleh sistem operasi untuk berfungsi dengan baik. File sistem biasanya terdiri dari driver, bibliotek, dan file konfigurasi.
  3. File data: Ini adalah file yang berisi data yang dapat dibuka dan diedit dengan aplikasi tertentu. Contoh file data adalah dokumen teks, spreadsheet, atau gambar.
  4. File multimedia: Ini adalah file yang berisi audio, video, atau animasi. Contoh file multimedia adalah file musik, film, atau video.
  5. File kompresi: Ini adalah file yang mengandung file lain yang dikompresi untuk menghemat ruang penyimpanan. File kompresi biasanya dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi pengarsipan seperti WinZip atau 7-Zip.
  6. File instalasi: Ini adalah file yang digunakan untuk menginstall aplikasi atau sistem operasi ke laptop. File instalasi biasanya bertipe .exe atau .msi.

Baca Juga : Cara Mendownload Lagu di Laptop dengan Mudah

Jenis Aplikasi untuk Laptop

Memahami tentang jenis aplikasi yang akan dipakai dan didownload kedalam laptop. Beberapa pengguna yang baru mengenal laptop mungkin masih bingung. Akan download apa, cara install bagaimana maupun kebingungan lainnya.

Setelah mengenal ekstensi sebuah aplikasi, kini kalian juga harus memahai terkait dengan jenis dan fungsinya yang akan di unduh.

Ada banyak aplikasi yang dapat diinstall ke laptop. Beberapa aplikasi yang sering digunakan adalah:

  • Aplikasi pengolah kata: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk menulis, mengedit, dan mencetak dokumen teks. Contoh aplikasi pengolah kata adalah Microsoft Word, Google Docs, dan LibreOffice Writer.
  • Aplikasi spreadsheet: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengelola data dalam bentuk tabel. Contoh aplikasi spreadsheet adalah Microsoft Excel, Google Sheets, dan LibreOffice Calc.
  • Aplikasi peramban web: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet dan mengakses situs web. Contoh aplikasi peramban web adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.
  • Aplikasi pengolah gambar: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit, mengolah, dan mencetak gambar. Contoh aplikasi pengolah gambar adalah Adobe Photoshop, GIMP, dan Paint.
  • Aplikasi pemutar media: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk memutar file audio dan video. Contoh aplikasi pemutar media adalah VLC Media Player, Windows Media Player, dan Apple iTunes.
  • Aplikasi komunikasi: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi secara real-time dengan orang lain melalui internet. Contoh aplikasi komunikasi adalah Skype, Zoom, dan WhatsApp.
  • Aplikasi game: Ini adalah aplikasi yang digunakan untuk bermain game di laptop. Contoh aplikasi game adalah Steam, Epic Games Store, dan Origin.

Itulah beberapa gambaran umum jenis aplikasi yang bisa download dan dipasang kedalam Laptop kalian. Pastikan anda memilih jenis ekstensi file yang benar dan sesuaikan jenis aplikasi sesuai kebutuhan.

Dan sebagai catatan kembali, bahwa kalian juga bisa download dan memasang jenis aplikasi apapun yang tersedia di internet.

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop yang Hang dengan Benar dan Aman.

Cara download Aplikasi di Laptop Windows

Berikunnya setelah paham dengan dua konsep diatas, kalian sudah bisa melakukan perburuan mendownload apps yang akan di install ke Laptop.

Banyak sekali aplikasi gratis yang bisa di download untuk memenuhi kebutuhan dan sesuai pekerjaan kalian. Nah cara download aplikasi di laptop yang memakai sistem operasi windows terbilang lebih mudah. Kalian hanya membutuhkan file Exe yang nantinya akan di install kedalam perangkat laptop.

Untuk mengunduh aplikasi ke laptop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka peramban web pada laptop Anda.
  2. Cari aplikasi yang ingin Anda unduh dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing.
  3. Setelah menemukan aplikasi yang Anda cari, buka situs web resmi aplikasi tersebut atau situs web yang menyediakan link unduh aplikasi tersebut.
  4. Cari tombol unduh atau download pada situs web tersebut, kemudian klik tombol tersebut untuk memulai proses unduh.
  5. Setelah proses unduh selesai, buka folder download pada laptop Anda untuk menemukan file instalasi aplikasi yang telah diunduh yang biasanya berbentuk ekstensi exe.
  6. Klik file instalasi tersebut untuk memulai proses pemasanga aplikasi kedalam laptop anda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi dalam proseduru pemasangan untuk menyelesaikan proses hingga terpasang pada laptop.
  7. Setelah proses install selesai, Anda dapa’t menjalankan program tersebut yang telah terpasang dengan mengklik “ikon aplikasi” pada desktop atau mencari aplikasi tersebut di menu start.

Catatan: Beberapa aplikasi mungkin membutuhkan izin administrator untuk diinstall pada laptop. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi administrator untuk menyelesaikan proses instalasi.

Baca Juga: Cara Setting Laptop Agar Tidak Mode Sleep Otomatis

Cara mendownload dan Install Aplikasi Laptop OS Linux

Untuk memasang aplikasi di sistem operasi Linux, terutama di distribusi Linux yang menggunakan package manager seperti Debian, Ubuntu, Fedora, dan sebagainya, Mereka bisa menggunakan perintah apt-get atau yum tergantung pada distribusi Linux yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah cara download aplikasi  di laptop OS Linux:

 

  • Pastikan bahwa sistem sudah terhubung ke internet.
  • Kemudian lanjut Buka terminal dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T atau dengan mencari terminal di menu aplikasi.
  • Masuk ke mode administrator dengan mengetik perintah sudo su dan memasukkan password Anda.
  • Kemudian, jalankan perintah apt-get update atau yum update untuk memperbarui daftar paket yang tersedia di repository. Perintah ini juga bisa digabung menjad “Sudo apt-get update”.
  • Setelah itu, langkah berikutnya adalah proses download memasang aplikasi yang diinginkan dengan mengetik perintah apt-get install nama_aplikasi atau yum install nama_aplikasi, sesuai dengan distribusi Linux yang Anda gunakan. Sebagai contoh, untuk memasang aplikasi firefox, Kalian bisa memakai perintah apt-get install firefox atau yum install firefox.
  • Perlu dicatat bahwa Anda harus mengetik nama aplikasi sesuai dengan yang terdaftar di repository. Jika Anda tidak yakin dengan nama aplikasi yang tepat, Anda dapat mencari aplikasi yang diinginkan dengan menggunakan perintah apt-cache search nama_aplikasi atau yum search nama_aplikasi.

Selain menggunakan perintah di terminal, pengguna laptop linux juga dapat memasang aplikasi dengan menggunakan software center yang tersedia di distribusi Linux .

Software center biasanya memudahkan penggunanya untuk mencari dan memasang aplikasi menjadi lebih mudah tanpa memakai perintah di terminal. Selain itu, memakai cara ini juga bisa memberikan deskripsi dan review aplikasi yang tersedia.

Baca Juga: Begini Cara melupakan wifi di Laptop

Penutup

Itulah pembahasan lengkap tentang cara mendownload aplikasi di laptop.  Pastikan kalian memahami sesuai jenis dan fungsi aplikasi hingga ekstensi file yang akan digunakan sesuai dengan sistem operasi kini.