Cara Menambah VGA Laptop untuk Grafis Lebih Baik

ligaprima.co.id Sebelum masuk kedalam pembahasan tentang Cara menambah vga laptop, ada baiknya kamu tau dahulu apa itu VGA dan Kegunaannya. Jika kamu adalah pengguna komputer kamu bisa menambah atau mengupgrade vga sesuka hati nah bagaimana jika kamu adalah pengguna laptop?

VGA merupakan standar resolusi grafis yang umumnya digunakan pada komputer dan perangkat lainnya. Memiliki resolusi hingga 640×480 piksel dan 16 juta warna dan dikenal dengan istilah “user-friendly” karena mudah digunakan dan bisa di implementasikan ke berbagai perangkat seperti komputer, laptop, monitor, proyektor, dan televisi. VGA termasuk dalam teknologi lama tetapi masih digunakan didalam perangkat yang belum diupgrade ke teknologi yang lebih baru seperti HDMI atau DisplayPort.

Apakah VGA Bisa di Upgrade ?

Dengan perkembangan Dunia teknologi masa kini, VGA menjadi salah satu perangkat tambahan yang sangat penting apalagi dalam Dunia gaming, meningkatkan performa laptop dan komputer akan membuat permainan semakin menyenangkan. Menggunakan VGA dapat menambahkan resolusi dan pengaturan grafis yang meningkat d banding dengan bawaan pabrik. Apakah VGA bisa d upgrade dan gimana caranya?

Baca Juga : Cara Refresh VGA Laptop dengan Restart Ulang Driver

Pada komputer atau PC menambah VGA adalah hal mudah karena setiap PC biasanya sudah memiliki slot tambahan untuk VGA, dan untuk laptop biasanya kita pertlu mengganti VGA yang sudah ada dengan kapasitas yang lebih besar.

 

Cara Upgrade VGA Laptop Secara Internal

Biasanya, laptop kelas consumer, bisnis, dan entry-level tidak memiliki VGA onboard, sehingga Anda tidak dapat upgrade VGA pada laptop tersebut. Beberapa merk laptop seperti Sager dan Clevo dengan tipe khusus memungkinkan pengguna dapat mengupgrade part internalnya, termasuk VGAnya juga. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengupgrade VGA pada laptop memerlukan keahlian dan peralatan khusus dan harga yang tidak murah bahkan akan lebih mahal jika dibandingkan dengan upgrade pada PC.

Jadi, solusi terbaik untuk mengupgrade VGA pada laptop adalah dengan menjual laptop lama dan membeli laptop yang baru, dengan VGA onboard yang lebih kuat. Namun, jika Anda tidak ingin menjual laptop lama, Anda bisa juga menggunakan VGA eksternal yang dihubungkan ke laptop melalui port USB atau HDMI yang biasanya menempel d bagian samping laptop. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa laptop Anda memiliki port USB atau HDMI yang tersedia dan memiliki adapter yang cocok.

Cara Upgrade dengan VGA Eksternal

Jika kamu merasa kurang berkenan menjual laptop lamamu solusi terbaik adalah menggunakan VGA Eksternal, menggunakan VGA external sama halnya seperti mengupgrade secara internal dalam hal meningkatkan performa laptop, hanya saja VGA External akan terpasang berada di luar laptop. Jika kamu ingin bermain game yang cukup berat tentunya spek laptop tinggi akan diperlukan. Dengan VGA External ini solusi akan terpecahkan, kamu tetap bisa bermain game berat dengan menggunakan laptop kentang asal sudah menambah external vga. misalnya laptopmu dengan core i5 dengan RAM 8Gb kamu bisa menambah dengan spek VGA ViDock Nano, VGA seharga kurang lebih 8jutaan ini bisa menjadi solusi, dan tentunya ada berbagai vga lainnya yang bisa menjadi pilihan dan kamu perlu untuk melihat Spesifikasi VGA card laptop terlebih dahulu untuk memastikan apakah VGA tersebut cocok dengan laptopmu.

Baca Juga : Cara Cek Spek Hardisk Dan SSD Laptop dan Komputer

 

Langkah-langkah Upgrade VGA Laptop:

Untuk mengupgrade VGA anda memerlukan beberapa langkah yang perlu di persiapkan seperti berikut ini:

  1. Persiapkan alat yang dibutuhkan seperti screwdriver, thermal paste, dan VGA Baru yang akan dipasang.
  2. Matikan laptop dan cabut semua kabel yang terhubung ke laptop.
  3. Buka casing laptop dengan mengeluarkan baut yang terdapat di sekeliling laptop.
  4. Temukan VGA yang akan diupgrade dan lepaskan kabel yang terhubung ke VGA tersebut.
  5. Lepaskan VGA lama dari socket dan bersihkan area socket dengan alkohol.
  6. Tempelkan thermal paste pada VGA baru dan pasang VGA baru ke dalam socket.
  7. Pasang kembali kabel yang terhubung ke VGA baru dan tutup casing laptop.
  8. Nyalakan laptop dan pastikan VGA baru sudah terdeteksi dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengetahui Laptop 32 bit atau 64 bit

Penutup

Dari artikel diatas kamu bisa membandingakn bahwa menggunakan VGA External akan lebih mudah diimplementasikan kepada laptopmu, kamu bisa membeli secara online atau melalui toko komputer terdekat. Vga secara garis besar berguna untuk menambah performa grafis dan sebelum membeli vga pastikan cocok dengan laptop yang kamu gunakan.