Cara Menambah RAM Laptop Agar Makin Kencang

Cara tambah RAM Laptop  – Memiliki laptop dengan spesifikasi RAM berukuran kecil terkadang membuat penggunaan nya menjadi terganggu. Pasalnya, hal itu akan mebuat performa laptop terbatas sehingga dalam melakukan pengoprasian aplikasi , multitasking ,prosesnya lambat. Salah satu cara mengatasi laptop lemot paling mudah adalah dengan cara tambah ram. Yakni ini menjadi langkah efektif meningtkan kinerja perangkat kalian dalam berbagai pengoprasian aplikasi.

 

Cara Menambah RAM Laptop.

RAM merupakan komponen laptop yang dapat disesuaikan oleh penggunannya. Saat ini hammpir semua laptop dan komputer menggunaan konsep ram removable, dimana memungkinan penggunannya melakukan penambahaan kapasitas menjadi lebih besar. Misal dari awalnya 4GB, Maka bisa diganti dan ditambahkan menjadi 8GB dan seterusanya sesuai dengan budget. Untuk menambah RAM pada laptop, kalian perlu membuka casing laptop dan menambahkan modul RAM ke slot yang tersedia.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Matikan laptop dan cabut semua kabel yang terhubung ke laptop.
  2. Buka casing laptop > Cara membuka casing laptop bervariasi tergantung pada merk dan model laptop yang dimiliki n. Biasanya, untuk membuka casing dengan mengeluarkan baut yang terdapat di sisi atau bagian bawah laptop.
  3. Cari slot RAM > Slot RAM biasanya terletak di dalam bagian dalam laptop, di dekat prosesor atau motherboard.
  4. Buka slot RAM > Slot RAM biasanya terkunci dengan klip kecil di sampingnya. Tekan klip tersebut ke sisi untuk membuka slot RAM.
  5. Pasang modul RAM > Letakkan modul RAM di slot RAM dengan bagian kontak terbuka ke bawah. Kemudian tekan modul RAM ke dalam slot hingga terdengar suara “klik”. Pastikan bahwa modul RAM terpasang dengan kencang dan tidak goyah.
  6. Tutup casing laptop > Pasang kembali baut-baut yang telah dilepaskan sebelumnya dan tutup casing laptop.

Baca Juga : Cara melihat RAM Laptop dan Jenisnya

Setelah tahapan di atas sudah selesai, silahkan nyalakan laptop kembali dan periksa apakah RAM baru telah terpasang dengan benar.  Kalian bisa mengecek kapasitas RAM baru  melalui informasi yang tersedia dalam sistem komputer kalian.

Perlu diingat, untuk proses upgrade sebaiknya anda sudah benar benar paham tata caranya dengan baik dan benar. Selain itu, pastikan membeli modul yang sesuai dengan tipe RAM laptop kalian saat ini.

 

Alasan harus Tambah RAM laptop Upgrade lebih besar

Biasanya proses upgrade Kapasitas RAM merupakan sebuah kebutuhan, karena secara umum pengguuna laptop memiliki keinginan untuk meningkatkan performa laptop. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menambah RAM pada laptop, di antaranya:

  • Untuk keperluan Menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar. jika pengguna sering menjalankan program dengan kebutuhan RAM besar, maka dengan menambah modul memori laptop mampu mempercepat proses dan meningkatkan kinerja laptop.
  • Kebutuhan Multitasking yang lebih cepat, setelah melakukan pgrade ke kapasitas lebih besar, maka pengguna laptop tersebut dapat menjalankan lebih banyak jenis aplikasi secara bersamaan tanpa memperlambat kinerja komputer.
  • Proses boot yang lebih cepat, dengan RAM lebih besar, proses boot komputer akan lebih cepat karena sistem operasi dapat dimuat ke dalam memori sementara bisa lebih cepat.
  • Mengatasi masalah kinerja laptop,  jika perangkat yang kalian miliki saat ini terasa lambat atau Laptop lemot, maka menambah RAM dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : Apa itu SSD Pada Laptop, dan Apa Fungsinya?

Sebelum memutuskan untuk menambah RAM, sebaiknya periksa terlebih dahulu spesifikasi laptop Anda dan pastikan bahwa laptop Anda memiliki slot RAM tersedia untuk ditambahkan.

 

Jika Salah Tambah Jenis Modul ram laptop

Seharunya sebelum memutuskan membeli modul ram, pastikan terlebih dahulu jenis atau type RAM yang terpasang pada Laptop. Jika salah menambah atau tidak sesuai dengan type modul, maka laptop mungkin tidak dapat boot atau mengalami masalah kinerja. Berikut adalah beberapa kemungkinan masalah yang dapat terjadi jika Anda salah menambah RAM:

  • Apabila kalian menggunakan modul RAM yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop, maka laptop tidak dapat mengenali RAM tersebut atau mengalami masalah kompatibilitas.
  • Soket Modul yang tidak kompatibel dengan slot RAM , maka dapat dipastikan tidak bisa terpasang dengan benar.

Seperti yang sudah saya sampaian diatas, Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama pastikan bahwa modul RAM akan ditambahkan harus sesuai dengan spesifikasi laptop dan kompatibel dengan slot RAM yang tersedia.

Selain itu, pastikan bahwa modul RAM terpasang dengan benar dan tidak goyah. Pemasangan yang tidak sesuai bisa menyebabkan masalah terhadap proses sistem sehingga laptop tidak bisa bekerja dengan baik.  Cenderung layar menjadi blank hitam dan tidak bisa masuk kedalam OS.

 

Penutup

Dalam pembahasan cara menambah RAM Laptop dapat disimpulkan secara umum ini berfungsi meningkatkan kinerja secara siginifikan. Tetapi untuk prosesnya harus memakai mekanisme dan tata cara yang sesuai, memilih modul yang tepat sesuai generasi dan jenis ram.