Cara Mematikan Laptop Lenovo dengan Keyboard

Cara mematikan Laptop Lenovo dengan keyboard – Berbagai masalah mungkin saja terjadi pada lenovo yang kalian miliki saat ini. Ini sudah umum karena masa pemakaian yang relatif sudah berumur. Bagi sebagian orang mungkin akan memilih perangkat versi lenovo yang baru, melakukan upgrade spesifikasi yang lebih baik.

Salah satu yang paling mungkin terjadi adalah layar laptop lag, sehingga pengguna kesulitan untuk keluar dari halaman tersebut dan memaksanya untuk mematikan. Tetapi jangan lupa, lakukan prosedur yang benar supaya tetap aman semua komponennya.

Tidak dibenarkan mematikan paksa dengan cara mencabut baterai ketika layar laptop lenovo ngelag, masih ada alternatif lain salah satunya adalah dengan cara mematikan melalui keyboard.

Cara mematikan Laptop lenovo dengan Keyboard

Ada tiga cara umum yang bisa dilakukan saat layar laptop kalian tidak merespon apapun dan akan dimatikan. Kalian bisa menonaktifkan dengan mencopot baterai, menekan langsung tombol power, dan mematikan lewat keyboard.

Dari ketiganya tentu paling aman adalah melalui keyboard. Pasalnya dengan melepas baterai mungkin benar bahwa laptop akan mati, namun arus listrik yang berada dalam laptop akan hilang secara mendadak membuat plate hardisk berhenti secara tiba-tiba dan bisa menyebabkan kerusakan.

Jika hal itu sering terjadi, potensi masalah pada hardisk mengalami bad sector dan tidak bisa terbaca sehingga laptop rusak mengharuskan anda mengeluarkan budget ganti hardisk.

Disinilah salah satu pentingnya melakukan proses shutdown laptop dengan benar.

Tetapi disisi lain memang masih banyak yang belum mengetahui pentingnya hal tersebut,. Sehingga saat laptop Lenovo nya bermasalah dan sulit dimatikan , layar ngefreeze, kursor tidak berfungsi terburu-buru untuk mematikan paksa dengan mencopot baterai.

Dan tenang saja, pembahasan liga prima saat ini sedikit heroic, memastikan semua aman , proses shutdown laptop memakai keyboard dan tidak berpotensi masalah pada hardware.

Meskipun terkesan sepele, shutdown paksa melalui prosedur yang tidak tepat bukan hanya mengancam hardisk, namun juga mengancam kinerja prosesor, sistem menjadi bermasalah dan lain sebagainya.

Standar prosedur mematikan laptop lenovo dengan cara yang benar.

Ada perlakukan yang tepat ketika anda akan shutdown laptop atau PC, ini bertujuan untuk menjaga secara keseluruhan perangkat baik dari sisi hardware maupun software.

Memastikan menutup semua aplikasi terbuka, menyimpan file, dan laptop dalam kondisi idle tidak menjalankan program apapun. Ini tujuannya adalah, menyelamatkan data, erkas, sehingga anda tidak perlu kehilangan apapun.

Eject Semua perangkat tambahan yang terhubung, misalnya Hardisk eksternal, flashdisk, CD dan lain sebagainya sebelum mematikan laptop lenovo. Hal ini bertujuan untuk menjaga masalah semua komponen tersebut saat anda mematikan paksa.

Prosedur mematikan yang benar tidak hanya berhenti sampai disini saja. Sebagai pengguna sebaiknya memastikan kembali saat akan menutup.

Pastikan laptop lenovo anda sudah benar-benar sudah mati. Ini Berlaku untuk semua merk, terkadang layar sudah padam / gelap namun sebenarnya belum mati dan keburu untuk dilipat.

Setelah semua prosedur tersebut sudah dikerjakan dengan benar, silahkan simpan ditempat yang aman dari jangkauan matahari, anak-anak, air dan lain sebagainya yang berpotensi mengakibatkan kerusakan terhadap perangkat kesayangan kalia.

Tahapan tersebut bisa diaplikasikan ke semua merek, tidak hanya lenovo saja. Ini bertujuan untuk menjaga kinerja, laptop awet dan tetap nyaman digunakan.

Cara Shutdown Laptop Lenovo dengan Keyboard

Namun bagaimana saat semuanya tidak bisa dilakukan,? Kami memahami ketika semua tidak bisa berfungsi, kursor tidak bergerak, tidak bisa menutup dan melakukan proses shutdown sebagaimana mestinya.

Tentu opsinya bisa memakai tombol power atau mencopot baterai.

Benar, hampir gambaran umum untuk mengendalikan komputer adalah melalui touchpad atau mouse untuk mengarahkan ke proses Shutdown, sleep, menutup aplikasi yang aktif dan terbuka. Ada Satu yang dapat dilakukan untuk menekan masalah dan mengantisipasi terjadi kerusakan hardware disebabkan oleh sering mematikan paksa. Anda bisa menggunakan pintasan keyboard saat mengalami semua masalah , kursor tidak bergerak, layar laptop ngelag.

Menggunakan Tombol Keyboard CTRL+ALT+DEL

CTRL+ALT+DEL

Cara pertama yang bisa anda gunakan saat akan mematikan laptop lenovo tanpa pencet tombol power saat kondisi lag adalah dengan memakai tombol kombinasi. Kalian bisa memeriksa terlebih dahulu memastikan tombol bisa bekerja dengan baik atau masih normal.

Langkah ini merupakan alternatif yang cukup membantu , jadi tidak perlu mencopot baterai. Ikuti instruksi dibawah:

  • Silahkan temukan tombol Ctrl+Alt+Delete dan tekan secara bersamaan kombinasi.
  • Maka secara otomatis anda akan dihadapkan menu, Sleep, Shutdown, Restart Laptop.
  • Jika kursor bisa digunakan, Silahkan arahkan ke Shutdown. Namun sebaliknya apabila touchpad laptop tidak bisa berfungsi dengan baik, Gunakan arah panah ke opsi tersebut.
  • Setelah berada pada Posisi Shutdown, silahkan enter.
  • Secara otomatis laptop akan mati , kalian bisa menyalakan ulang setelah mati dan normal kembali.
  • Cara ini juga menjadi metode restart, jika kalian masih belum menyelesaikan pekerjaan dan hendak memakai kembali laptop, maka anda tidak perlu memilih opsi shutdown.

Cukup arahkan ke Opsi reboot, sehingga laptop akan mati dan memulai booting ulang hingga siap digunakan kembali melanjutkan berbagai tugas dan pekerjaan.

#2. Mematikan Laptop Lenovo dengan Tombol ALT+F4

Pemakai laptop Lenovo atau pengguna lain saat kursor bermasalah karena layar macet, dapat mencoba mematikan layar memakai keyboard. Caranya simple, Simak penjelasan dibawah:

  • Silahkan Cari dan tekan tombol kombinasi keyboard Alt + F4.
  • Kemudian arahkan Memakai tombol panah untuk buka Shutdown.
  • Kemudian tekan enter, maka ini menjadi cara mematikan laptop tanpa pencet tombol power yang bisa anda gunakan saat macet.

Jika berhasil, Laptop akan mati dengan sendiri karena telah mendapat perintah dari sistem.

#3. Matikan Lenovo lewat Win+X

Matikan Lenovo lewat Win+X

Opsi ketiga restart atau mematikan laptop tanpa pencet tombol pada lenovo hanya dengan keyboard adalah menekan kombinasi tombol Windows X.

Ini menjadi pintasan yang biasa dipakai oleh seseorang ketika menghadapi masalah kinerja laptop, kalian bisa mematikan melalui metode ini:

  • Cari da tekan tombol pada keyboard Logo windows + X secara bersamaan”
  • Maka kalian akan menemukan beragam opis silahkan arahkan dan pilih “Shutdown” Menggunakan arah panah yang ada pada keyboard lenovo anda.
  • Selanjutnya, tekan enter.
  • Laptop akan mati sendiri dan siap digunakan kembali setelah menyalakan seperti baisa.
  • Selesai

Penutup

Hampir semua cara di atas sangat mudah, namun pastikan bahwa keyboard masih berfungsi dengan baik dan benar untuk melakukan instruksi diatas.

Terkadang beberapa laptop gagal mematikan laptop lenovo dengan keyboard karena salah satu tombol yang seharsnya digunakan dalam kondisi bermasalh.

Sebagai catatan, Sebaiknya hindari mematikan paksa laptop memakai tombol power secara langsung atau dengan cara mencopot baterai. Karena ini berpotensi memicu timbulnya masalah lain yang disebabkan oleh arus yang terputus mendadak.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satunya adalah memicu bad sector pada hardisk, atau melemahnya daya tampung baterai laptop.