Begini Cara melupakan wifi di Laptop

Cara melupakan wifi di Laptop – Laptop merupakan perangkat yang ideal mendukung pekerjaan kalian. Salah satu kelebihannya adalah dapat tersambung dengan wifi tanpa menambah wifi adapter eksternal dan langsung menyambungkan dengan daftar wifi tersedia yang dalam jangkauan perangkat.

Nah, Biasanya sistem akan secara otomatis menyimpan daftar wifi yang pernah digunakan. Sehingga kalian perlu melupakan wifi tersebut supaya tidak mengganggu.

Meskipun sudah tidak dipakai, list daftar wifi akan tetap ada dan membutuhkan cara melupakan daftar wifi yang pernah tersambung di laptop kalian secara manual.

Sebenarnya Daftar WiFi yang pernah tersambung pada laptop ini bisa dikatakan penting, yakni  memungkinkan Anda untuk terhubung ke WiFi yang sama dengan lebih cepat di masa yang akan datang.

Setiap kali kalian terhubung ke WiFi baru, laptop akan menyimpan informasi tentang jaringan tersebut, termasuk nama jaringan (SSID), kata sandi (jika diperlukan), dan pengaturan lainnya.

Sehingga Ketika kalian kembali ke jaringan yang sama, laptop akan mencari daftar WiFi yang tersimpan dan mencoba terhubung ke jaringan tersebut secara otomatis.

Jika jaringan tersebut masih tersedia dan kata sandi yang tersimpan masih valid, maka laptop mencoba terhubung ke jaringan tersebut tanpa perlu memasukkan kata sandi lagi.

Jadi  pertimbangkan kembali untuk melupakan, karena Daftar WiFi yang tersimpan juga dapat membantu kalian mengelola jaringan WiFi yang tersambung  ke laptop.

Tetapi disisi lain kalian juga dapat menghapus jaringan yang tidak diinginkan atau menambahkan jaringan baru ke daftar tersebut sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wifi Laptop Lemah pada Laptop

Melihat daftar Wifi yang pernah Terhubung di Laptop

Sebelum beranjak ke pembahasan cara menghapus daftar wifi yang tersimpan dilaptop, Harap diingat bahwa daftar WiFi yang tersimpan tersebut hanya tersedia pada laptop anda dan tidak dapat diakses oleh perangkat lain atau orang lain.

Selain itu dengan cara melupakan jaringan wifi tersebut juga tidak akan bermasalah terhadap koneksi selanjutnya saat akan menyambungkan kembali.

Mengapa harus melupakan atau menghapus wifi di laptop kalian?

Biasanya karena sudah tidak digunakan atau menghindari tersambung otomatis karena hendak memakai jaringan lain namun keburu tersambung duluan.

Untuk cek  daftar WiFi yang tersedia di laptop , silahkan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Start Menu pada laptop Anda dan pilih Settings (Ikon roda gigi).
  • Pilih Network & Internet.
  • Pilih WiFi dari menu yang terbuka.
  • Pilih “Manage known networks” di bagian bawah halaman.
  • Anda akan melihat daftar WiFi yang pernah Anda terhubung ke laptop Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan WiFi baru ke daftar ini dengan mengklik “Add a new network” di bagian bawah halaman dan mengikuti petunjuk yang ditampilkan.

Apabila pada langkah diatas  tidak dapat menemukan menu Network & Internet atau WiFi pada laptop , mungkin perlu mengaktifkan fitur WiFi terlebih dahulu. Cara untuk mengaktifkan WiFitergantung pada jenis laptop dan merek yang Anda gunakan. Beberapa laptop memiliki tombol fisik atau switch yang dapat Anda tekan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi.

Jika tidak, Anda dapat mengaktifkan WiFi melalui Device Manager atau BIOS (Basic Input/Output System) dengan mengikuti petunjuk yang disediakan oleh produsen laptop Anda.

Baca Juga: Cara menghidupkan Wifi di Laptop Lengkap

Cara melupakan wifi di laptop yang pernah terhubung

Daftar WiFi lama yang tersambung ke laptop mungkin masih muncul karena peilik belum melakukan proses untuk melupakan atau menghapus WiFi tersebut dari daftar jaringan yang tersimpan pada perangkat tersebut.

Untuk menghapus WiFi lama dari daftar jaringan yang tersimpan pada laptop , Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Control Panel.
  • Klik pada Network and Internet.
  • Klik pada Network and Sharing Center.
  • Klik pada Change adapter settings di sisi kiri jendela.
  • Klik kanan pada adapter WiFi yang ingin Anda lupakan dan pilih Properties.
  • Klik tab Networking.
  • Di bawah “Connections”, pilih WiFi yang ingin Anda lupakan dan klik tombol “Remove”.
  • Tutup jendela Properties.

Setelah melakukan cara melupakan wifi laptop yang pernah tersambung dilaptop sesuai petunjuk di atas, Maka WiFi lama yang telah di lupakan tidak akan muncul lagi di daftar jaringan WiFi yang tersedia pada laptop.

Namun, jika kalian ingin terhubung ke WiFi tersebut kembali di kemudian hari, caranya dapat menambahkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti lakukan saat pertama kali terhubung ke WiFi tersebut.

Baca Juga : Begini Cara melupakan wifi di Laptop

Penutup

Itulah pembahasan lengkap cara melupakan wifi di laptop yang pernah tersambung secara lengkap. Langkah tersebut berlaku untuk berbagai versi sistem operasi windows, Windows 7, 8, 10 dan lain sebagainya. Mungkin langkah tampilanya akan menyesuaikan dengan versi windows laptop kalian, tetapi secara prosedur tentu akan sama saja.