Cara melihat RAM Laptop dan Jenisnya

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses. Pada laptop, RAM biasanya terletak di dalam bagian dalam yang disebut “slot RAM”. Cara melihat RAM laptop sebenarnya sangat mudah, kalian bisa membuka dan memasang kembali bahkan melakukan Upgrade memakai yang memiliki kapasitas lebih tinggi.

Namun saat ini masih banyak yang belum mengetahui cara melihat RAM Laptop baik secara posisi, hingga untuk mengetahui spesifikasi hingga kapasitasnya.

 

Fungsi RAM Laptop.

Terbilang Menjadi salah satu Komponen yang memiliki peranan sangat penting dalam mendukung performa perangkat. Fungsi RAM Laptop dan Smartphone maupun PC terbilang sama saja, namun yang membedakan antar ketiganya adalah jika pada ram Smartphone sifatnya Onboard, maka pada Laptop dan PC Bisa di buka dan dipasang sendiri.

Cara mengetahui RAM Laptop dan PC sama saja, Jika akan mengecek secara fisik maka harus membuka terlebih dahulu cover pelindungnyal. Biasanya akan terlihat dan bisa dilepas saat soket penguncinya dibuka. Namun ini harus dikerjakan dengan hati-hati dan telah memahami fungsi ram, cara melihat ram, cara memasang kembali. Hal Ini agar tidak ada terjadi gagal fungsi ram saat pemasangan.

Baca Juga:Cara Menambah RAM Laptop Agar Makin Kencang

Apa itu fungsi RAM Laptop?

Saya akan menjelaskan sedikit fungsi dari RAM sebagai gambaran terkait pentingnya komponen ini pada laptop maupun perangkat lain.

  • Menyimpan data sementara yang sedang diproses: Ketika Anda menjalankan aplikasi atau game, data yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut disimpan di RAM. Ini membuat proses menjadi lebih cepat karena data tidak perlu terus-menerus dibaca dari hard drive.
  • Membuat multitasking lebih cepat: dengan RAM yang lebih besar, Anda dapat menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan tanpa memperlambat kinerja komputer.
  • Mempercepat proses boot: dengan RAM yang lebih besar, proses boot komputer akan lebih cepat karena sistem operasi dapat dimuat ke RAM dengan lebih cepat.

 

Untuk menambah RAM pada laptop, Kalian perlu membuka casing laptop dan menambahkan modul RAM ke slot yang tersedia atau menggantinya dengan Modul yang memiliki kapasitas Lebih tinggi. Pastikan bahwa modul RAM sesuai dengan spesifikasi laptop sesuai dengan generasi yang digunakan dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Jika Anda tidak yakin cara menambah RAM pada laptop dan belum paham generasi ram dan cara membuka – memasang kembali, sebaiknya hubungi teknisi atau datang ke toko perbaikan yang terpercaya.

Baca Juga: Cara Refresh Laptop dan Komputer Windows 7, 8, & 10

Jenis type ram laptop

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tidak hanya melihat RAM saja namun kalian harus memahami secara pasti ketika berencana melakukan upgrade RAM laptop. Saat ini banyak jenis type RAM laptop, Saat sudah tau cara melihat ram bukan berarti kalian sudah bisa melakukan sembarangan pembelian tidak menyesuaikan tipe ketika akan menambanya kapasitasnya.

Ada beberapa jenis RAM yang dapat digunakan pada laptop, di antaranya:

  1. DDR (Double Data Rate): DDR merupakan jenis RAM yang paling umum digunakan pada laptop. Ada beberapa versi DDR, termasuk DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4. Masing-masing versi DDR memiliki kecepatan yang berbeda-beda, dengan DDR4 yang paling cepat.
  2. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory): SDRAM merupakan jenis RAM yang lebih lama dan kurang populer dibandingkan dengan DDR. SDRAM menggunakan sinyal sinkronisasi untuk mengirim data ke prosesor.
  3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory): RDRAM merupakan jenis RAM yang cepat tetapi jarang digunakan pada laptop. RDRAM menggunakan koneksi Rambus untuk mengirim data ke prosesor.
  4. SO-DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module): SO-DIMM merupakan jenis RAM yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan DIMM (Dual Inline Memory Module), sehingga cocok digunakan pada laptop. SO-DIMM biasanya digunakan pada laptop dengan ukuran yang lebih kecil.

 

Tips: Untuk memastikan bahwa RAM yang Anda beli telah sesuai dengan tipe laptop kalian saat ini, sebaiknya periksa spesifikasi laptop dan pastikan bahwa RAM memiliki kompatibilitas yang sesuai. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya hubungi tukang perbaikan atau toko perbaikan yang terpercaya untuk membantu Anda memilih RAM yang tepat.

Baca Juga: Cara Cek Spek Laptop Lengkap Semua OS

Cara cek Kapasitas RAM laptop OS Windows

Kalian juga dapat mengecek kapasitas RAM laptop saat ini terlebih dahulu, Misalnya jika yang terpasang adalah 4 GB terdiri dari 2 Modul, maka artinya masing masing Modul adalah kapasitanya 2 GB. Maka untuk melakukan upgrade kapasitas RAM laptop kalian bisa membeli RAM Kapasitas 2X4GB atau 2 X 8GB sesuai dengan tipe dan kompatibelitas jenis laptop kalian.

  1. Untuk mengecek kapasitas RAM laptop pada sistem operasi Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  2. Buka Start Menu dan cari “Control Panel“. Kemudian klik Control Panel untuk membuka panel kontrol.
  3. Di panel kontrol, pilih “System and Security” kemudian klik “System“.
  4. Di jendela System, pilih tab “Device Manager” di bagian kiri jendela.
  5. Di Device Manager, cari dan klik “Memory Technology Devices” kemudian klik tombol “+” di sebelah kiri untuk menampilkan daftar modul RAM yang terpasang pada laptop.
  6. Masing-masing modul RAM akan tercantum di bawah “Memory Technology Devices“, dengan informasi tentang kapasitas masing-masing modul. Jumlah kapasitas modul RAM tersebut akan ditampilkan di bagian kanan jendela.

Selain kalian sudah mengetahui cara mengecek kapasitas RAM Laptop Windows, Untuk menambahkan Modul pastikan anda sudah tau typenya. Ini Sangat penting supaya bisa terpasang sesuai dengan jenisnya dan bisa berfungsi dengan baik. Pada laptop memakai spesifikasi OS windows,  Selain menggunakan Device Manager, Anda juga dapat mengecek kapasitas RAM laptop dengan menggunakan perintah “wmic memorychip get capacity” di Command Prompt.

Untuk membuka Command Prompt, klik Start Menu kemudian ketik “cmd” kemudian tekan Enter. Kemudian ketik perintah tersebut dan tekan Enter untuk menampilkan kapasitas RAM yang terpasang pada laptop.

Cara cek kapasitas RAM Laptop Linux

Untuk mengecek kapasitas RAM laptop pada sistem operasi Linux, Anda dapat menggunakan perintah “free” di terminal. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Buka terminal. Anda dapat membuka terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T atau dengan mencari “terminal” di menu aplikasi.
  • Ketik perintah “free” kemudian tekan Enter.

Informasi tentang RAM akan ditampilkan di layar, termasuk total kapasitas RAM, sisa RAM yang tersedia, dan RAM yang sedang digunakan. Contoh: jika total RAM pada laptop Anda adalah 8 GB, maka akan ditampilkan sebagai “total used free shared buff/cache available”, dengan 8 GB sebagai angka di kolom “total”. Selain menggunakan perintah “free”, Anda juga dapat menggunakan perintah “cat /proc/meminfo” untuk menampilkan informasi lebih detail tentang RAM yang terpasang pada laptop.

Cara cek kapasitas RAM Macbook

Untuk mengecek kapasitas RAM pada laptop Macbook, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik ikon Apple di sudut kiri atas layar kemudian pilih “About This Mac”.
  2. Di jendela yang muncul, pilih tab “Overview” di bagian kiri jendela.
  3. Informasi tentang RAM akan ditampilkan di bagian “Memory”, termasuk total kapasitas RAM yang terpasang pada Macbook.

Contoh: jika total RAM pada Macbook Anda adalah 8 GB, maka akan ditampilkan sebagai “8 GB of memory”, dengan 8 GB sebagai angka di tengah.

Anda juga dapat mengecek kapasitas RAM dengan menggunakan perintah “system_profiler SPHardwareDataType” di terminal. Untuk membuka terminal, klik ikon Launchpad kemudian cari dan klik “Terminal”. Kemudian ketik perintah tersebut dan tekan Enter untuk menampilkan informasi tentang RAM yang terpasang pada Macbook.

Baca Juga: 7 Aplikasi Bluetooth untuk PC Windows, Kirim Dokumen Jadi Mudah dan Cepat

Kesimpulan

Cara melihat Tipe RAM Laptop

Untuk melihat tipe RAM yang terpasang pada laptop Kalian tidak perlu membongkar Cover juga bisa. Pasalnya setiap sistem pasti menyimpan informasi setiap modul, entahh chipset, hingga RAM.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut tergantung sistem operasi yang Anda gunakan:

Pada Laptop OS Windows:

  1. Buka Start Menu dan cari “Control Panel“. Kemudian klik Control Panel untuk membuka panel kontrol.
  2. Di panel kontrol, pilih “System and Security” kemudian klik “System“.
  3. Di jendela System, pilih tab “Device Manager” di bagian kiri jendela.
  4. Di Device Manager, cari dan klik “Memory Technology Devices” kemudian klik tombol “+” di sebelah kiri untuk menampilkan daftar modul RAM yang terpasang pada laptop

Masing-masing modul RAM akan tercantum di bawah “Memory Technology Devices”, dengan informasi tentang tipe masing-masing modul. Tipe RAM akan ditampilkan di bagian kanan jendela, di bawah kolom “Model”.

 

Pada Laptop OS Linux:

Buka terminal. Anda dapat membuka terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T atau dengan mencari “terminal” di menu aplikasi.

Ketik perintah “Sudo lshw -class memory” kemudian tekan Enter.

Informasi tentang RAM akan ditampilkan di layar, termasuk tipe RAM yang terpasang pada laptop. Tipe RAM akan ditampilkan di bagian “description”.

Laptop OS Linux

Contoh: jika tipe RAM pada laptop Anda adalah DDR3, maka akan ditampilkan sebagai “description: DDR3” seperti gambar diatas.

Gambar diatas menerangkan bahwa hasil melihat tipe ram laptop adalah memakai SODIMM DDR3  yang terdiri dari 2 Slot.

Baca Juga: Cara meredupkan layar laptop Semua Merek dan OS

Pada Macbook

Tentu berbeda cara melihat ram laptop apple dengan Os Windows maupun linux, Berikut langkahnya:

Klik ikon Apple di sudut kiri atas layar kemudian pilih “About This Mac”.

Di jendela yang muncul, pilih tab “Overview” di bagian kiri jendela.

Informasi tentang RAM akan ditampilkan di bagian “Memory“, termasuk tipe RAM yang terpasang pada Macbook. Tipe RAM akan ditampilkan.

Itulah pembahasan lengkap tentang cara melihat ram laptop yang dapat dilakukan ke hampir semua merek perangkat. Acer, Lenovo, HP, Dell Hingga produk Apple. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa  mendapat informasi terkait fungsi dan generasi dari RAM yang sudah beredar dipasaran.