Cara Cek Spek Hardisk Dan SSD Laptop dan Komputer

Cara cek Spek Hardisk dan SSD Laptop – Apa itu SSD Pada Laptop dan Hardisk?  Merupakan perangkat keras yang yang terdapat pada komputer dan Laptop yang berfungsi sebagai penyimpanan, Baik Itu menyimpan file sistem maupun berkas penyimpanan file lain yang diinginkan oleh user.

Seiring dengan perkembangan zaman, Kini peranan hardisk juga mulai digeser teknologi terbaru yakni oleh SSD.

Secara fungsi sama saja, namun jenis ini digadang-gadang memiliki kemampuan dan kecepatan transfer data super cepat dibandingkan versi SSD.

Kemampuan daya tampung keduanya memiliki batasan kapasitas. Biasanya tersedia dalam beberapa kapasitas dengan Satuan GB dan Terabyte. Misalnya 168GB, 256GB, 500GB, 1TB  dan seterusnya.

Sehingga semakin banyak nilai satuan kapasitasnya, maka semakin baik untuk performa laptop dan daya tampung berkas.

Spesifikasi Hardisk Laptop ini sangat penting, seperti yang sudah dijelaskan di atas semakin besar spek kapasitas storage, maka pengguna dapat leluasa install software hingga menyimpan file.

Baca Juga: Apa itu SSD Pada Laptop, dan Apa Fungsinya?

Cara Cek Hard Disk dan SSD Laptop

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengecek hardisk, Mulai dari spek kapasitas penyimpanan hingga berbagai informasi lain yang dianggap penting sebagai penunjang performa laptop dan komputer anda.

Banyak hal yang bisa digali pada informasi Harddisk dan SSD Laptop, Misalnya Merek yang digunakan,kapasitas penyimpanan, Socket yang digunakan dan lain sebagainya.

Cara mengecek SSD Maupun hardisk laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara. Memanfaatkan fitur bawaan Komputer, memakai software pihak ketiga hingga melihat langsung pada informasi yang tertera pada fisik hardisk maupun SSD.

Pengecekan spek yang dilakukan memakai aplikasi biasanya lebih lengkap,karena aplikasi dibangun oleh pengembang secara khusus untuk memperoleh dan menampilkan detail info spesifikasi yang dibutuhkan pengguna.

Baca Juga : Begini Cara melupakan wifi di Laptop

1. Cek Spek Hardisk dan SSD Secara Fisik.

Mengecek spesifikasi hardisk secara fisik ini tergolong membutuhkan kemampuan khusus, terutama memahami komponen dan lokasi SSD dan HDD laptop untuk membongkarnya.

Dalam hal ini kalian perlu membutuhkan alat untuk bongkar laptop untuk mengetahui spesifikasi SSD laptop. Dan Informasi yang akan anda peroleh biasanya:

  • Merek Hardisk yang digunakan pada laptop, Jenis HDD atau SSD, Serial Number dan Kapasitas daya simpannya.
  • Untuk mengambil dan melihat spesifikasi melalui label tertera pada HDD Maupun SSD, Anda bisa menyiapkan Obeng Plus.
  • Kemudian matikan Laptop, Lipat dan Balik. Pada Bagian belakang biasanya ada cover penutup khusus untuk mencopot HDD maupun SDD.
  • Buka Cover tersebut, Lalu anda akan melihat SSD Laptop kalian. Berikutnya, buka pengunci SSD yang mengait dengan Bodi laptop, biasanya di Lock Memakai screw.
  • Setelah mur terlepas, Untuk mencopot hardisk biasanya dengan cara menarik karena kondisinya tertancap melalui Slot SATA.
  • Ya, di bodi SSD Maupun HDD laptop tersebut anda bisa melihat beberapa informasi seperti yang sudah saya jelaskan. Langkah ini juga biasanya digunakan untuk mereka yang akan upgrade dari HDD ke SSD.

Baca Juga: Cara Mendownload Aplikasi di Laptop

2. Cara mengecek Spesifikasi SSD dan hardisk tanpa aplikasi tambahan

Berbeda dengan cek spesifikasi secara fisik,pada proses pengecekan ini justru kalian akan memperoleh banyak informasi yang terdapat pada HDD.

Ya, anda bisa mengecek menggunakan fitur bawaan sistem Windows yang bernama task manager yang sudah pasti dimiliki oleh semua laptop.

  • Langkah melihat spesifikasi SSD melalui Task Manager bisa melalui tahapan dibawah:
  • Gunakan kolom pencarian , tulis “Task Manager”, kemudian enter.
  • Otomatis laptop anda akan memilih dan menampilkan laman task manager.
  • Kemudian ketuk tab “Performance” dan Pilih “Disk”.
  • Disana anda akan mengetahui kapasitas spek SSD dan Harddisk yang terpasang pada laptop.

Itulah cara kedua untuk mengetahui spesifikasi SSD laptop,  cukup mudah bukan? Bahkan lebih cepat dari pada harus membongkar dan melihat sesuai label yang terpasang pada fisik.

Baca Juga: 8 Cara Menggunakan Laptop Asus Bagi Pemula

3. Cara mengecek SSD dan hardisk Via CrystalDiskMark

Pada metode ini memang lebih lengkap informasi yang akan anda dapatkan dalam rangka untuk mengetahui spesifikasi SSD dan hardisk laptop. Namun , memerlukan proses pemasangan aplikasi tambahan dengan nama CrystalDiskMark.

Merupakan tools yang bisa membantu kalian mempermudah mengetahui spek HDD, berikut caranya:

  1. Silahkan download Aplikasi CrystalDiskMark melalui situs resminya untuk laptop anda.
  2. Setelah proses pengunduhan selesai, silahkan lakukan pemasangan sesuai dengan petunjuk instalasi.
  3. Jika sudah terpasang pada Laptop, maka bisa mulai dengan cara membuka apps tersebut.
  4. Disana anda akan melihat Laptop atau PC anda memakai SSD atau HDD, Kapasitas, Merek, Kecepatan read dan Write, dan spesifikasi lain.

Itulah 3 cara cek spesifikasi Hard Disk dan SSD Laptop untuk semua merek. Anda juga bisa Memilih langkah mana yang paling efektif