Cara cek Kesehatan Baterai Laptop

Ligaprima.co.id – Laptop termasuk teknologi baterai adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan dan mengeluarkan daya listrik dari sebuah baterai. Baterai merupakan sebuah sumber daya portabel yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengeluarkan daya listrik yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik seperti ponsel, laptop atau mesin.

Teknologi tersebut juga dapat mengalami masalah, sebelum ke pembahasan cara cek kesehatan baterai laptop mari kita kupas lebih lengkap terlebih dulu.

Ada berbagai macam teknologi baterai dalam hal ini banyak dipergunakan di laptop, smartphone maupun perangkat lain yang dikembangkan, termasuk baterai kimia, baterai solar, baterai superkapasitor, dan lainnya.

Baterai kimia menggunakan reaksi kimia untuk menyimpan dan mengeluarkan daya listrik. Komponennya terdiri dari dua elektroda, yaitu anoda dan katoda, yang dipisahkan oleh sebuah lapisan elektrolit.

Ketika baterai digunakan, reaksi kimia terjadi di antara anoda dan katoda yang menghasilkan daya listrik. Baterai kimia yang paling umum digunakan adalah baterai sel alkali, baterai sel timbal-asam, dan baterai litium-ion.

Baterai solar adalah baterai yang menggunakan panel surya untuk mengubah cahaya matahari menjadi daya listrik yang dapat disimpan dan digunakan kembali.

Baterai ini terdiri dari sel surya yang terbuat dari silikon atau material semikonduktor lainnya yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi arus listrik.

Jenisnya sering digunakan untuk menyimpan daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya untuk digunakan pada saat matahari tidak terbit atau tidak ada cahaya matahari. Jenis ini mungkin belum pernah saya lihat diaplikasikan pada gadget atau baterai laptop.

Baterai superkapasitor adalah baterai yang menggunakan prinsip kapasitor untuk menyimpan dan mengeluarkan daya listrik. Elemennya terdiri dari dua elektroda yang dipisahkan oleh sebuah lapisan elektrolit.

Ketika baterai digunakan, elektron-elektron berpindah dari satu elektroda ke elektroda lainnya, menyimpan daya listrik dalam bentuk elektrostatik. Jenis ini memiliki waktu pengisian yang lebih cepat dan umur yang lebih panjang dibandingkan baterai kimia, tetapi juga memiliki kapasitas yang lebih kecil.

Baca Juga : 8 Cara Menggunakan Laptop Asus Bagi Pemula

Hampir semua teknologi akan mengalami masa penurunan performa, dan ini juga bisa terjadi pada laptop. Nah bagimana cara mengecek kesehatan baterai laptop?

Cara Cek kesehatan Baterai laptop

Ketika anda merasa performa baterai laptop menjadi menurun, pengisian lama, cepat habis dan lain sebagainya, mungkin perlu memastikan memeriksa kesehatan baterai laptop milik kalian.

Penting sekali mengecek kesehatan baterai, sehingga dapat segera diputuskan melakukan penggantian part baterai laptop baru agar tidak terjadi masalah lain.

Untuk mengecek kesehatan baterai laptop, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut:

1. Menggunakan aplikasi pemantau baterai: Beberapa sistem operasi seperti Windows dan macOS memiliki aplikasi pemantau baterai bawaan yang dapat memberikan informasi tentang kapasitas baterai, tingkat pengisian baterai, dan waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai sepenuhnya. Anda dapat menemukan aplikasi ini di menu Pengaturan atau Preferensi sistem operasi Anda.

2. Menggunakan perintah terminal: Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, Anda dapat mengecek kesehatan baterai dengan menggunakan perintah terminal. Misalnya, Anda dapat menjalankan perintah “upower -i /org/freedesktop/UPower/devices/battery_BAT0” untuk menampilkan informasi tentang baterai Anda, termasuk kapasitas dan tingkat pengisian.

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga: Beberapa aplikasi pihak ketiga seperti BatteryInfoView (untuk Windows) atau coconutBattery (untuk macOS) dapat memberikan informasi lebih detail tentang kesehatan baterai laptop Anda. Anda dapat men-download dan menjalankan aplikasi ini untuk mengecek kesehatan baterai laptop Anda.

Saran: Jika Anda merasa baterai laptop Anda tidak menyimpan daya selama yang diharapkan, itu mungkin merupakan tanda bahwa baterai tersebut mulai mengalami masalah. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu mengganti baterai laptop Anda dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Ngecas Laptop yang benar Aman dari Kerusakan

Ciri-ciri baterai Laptop Sudah Rusak atau Bocor

Sebenarnya tanpa melakukan pengecekan kesehatan seperti datas bisa saja disimpulkan. Apakah sudah waktunya mengganti baterai laptop anda, atau masih baik baik-baik saja.

Ya, ini terkait dengan tanda-tanda kerusakan baterai laptop. Kalian bisa mengenali dari masalahnya terjadi.

Beberapa tanda bahwa baterai laptop Anda mungkin sudah rusak atau mulai mengalami masalah adalah:

  •  Durasi baterai yang semakin pendek: Jika baterai laptop Anda sebelumnya dapat bertahan selama beberapa jam, tetapi kini hanya bertahan selama beberapa menit, itu mungkin merupakan tanda bahwa baterai tersebut mulai rusak.
  • Pengisian yang semakin lama: Apabila waktu charging laptop Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi daya dari sebelumnya, itu mungkin merupakan salah satu ciri bahwa baterai tersebut mulai rusak.
  • Baterai yang tidak dapat diisi: Selain kemungkinan dari keruskan adaptor charge, baterai laptop tidak dapat diisi sama sekali, itu merupakan tanda yang jelas bahwa baterai tersebut sudah rusak dan perlu diganti.
  • Munculnya pesan error: Beberapa sistem operasi akan menampilkan pesan error yang menunjukkan bahwa baterai laptop Anda mungkin sudah rusak.
  • Baterai yang terlalu panas: Jika baterai laptop Anda terasa sangat panas saat diisi atau saat digunakan, itu mungkin merupakan tanda bahwa baterai tersebut mulai rusak atau terlalu tua.

Saran: Jika Anda menemukan tanda-tanda bahwa baterai laptop Anda mungkin sudah rusak, sebaiknya segera mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Baterai yang rusak dapat menyebabkan masalah pada laptop Anda, seperti crash atau bootloop.

Baca Juga : Cara Menghidupkan Laptop Tanpa Tombol Power

Cara mengatasi Baterai Laptop rusak

Setelah mengetahui cara mengecek kerusakan baterai laptop, kini anda sudah seharusnya mengambil tindakan.

Cara mengatasi baterai latop sudah tidak bisa mengisi saat di charge ketika bocor atau rusak, Dapat mengikuti beberapa langkah dibawah.

  • Lepaskan baterai: Jika baterai laptop Anda bocor atau rusak, sebaiknya segera lepaskan baterai tersebut dari laptop Anda. Baterai yang rusak atau bocor dapat menyebabkan masalah pada laptop Anda, seperti crash atau bootloop.
  • Bersihkan baterai: Jika baterai laptop Anda bocor, sebaiknya bersihkan baterai tersebut dengan hati-hati. Gunakan kain lembab atau kain bersih untuk menghapus cairan yang keluar dari baterai. Jangan memaksa terlalu keras agar tidak merusak baterai lebih lanjut.
  • Ganti baterai: Jika baterai laptop Anda rusak atau bocor, sebaiknya segera mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Ini akan memberikan keamanan dan keandalan yang lebih baik bagi laptop Anda.
  • Hindari membeli baterai palsu: Jika Anda memutuskan untuk mengganti baterai laptop Anda, sebaiknya membeli baterai yang asli dari produsen atau toko yang terpercaya. Baterai palsu atau tidak asli dapat menyebabkan masalah pada laptop Anda, seperti bootloop atau crash.

Saran: Jika Anda tidak yakin cara mengganti baterai laptop Anda, sebaiknya menghubungi produsen atau toko yang terpercaya untuk meminta bantuan. Mereka akan dapat memberikan petunjuk lebih lanjut tentang cara mengganti baterai laptop Anda dengan benar.

Penutup

Itulah pembahasan lengkap terkait dengan cara mengecek baterai laptop bocor, rusak dan cara mengatasinya.