Apa itu SSD Pada Laptop, dan Apa Fungsinya?

Apa itu SSD laptop – SSD pada laptop adalah sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai penyimpanan file dan sebagai penunjang sistem operasi pada laptop atau komputer, SSD pada umumnya berkaitan juga dengan kecepatan loading laptop selain RAM laptop.

SSD termasuk dalam teknologi terbaru. Dengan menggunakan SSD, laptop akan menjadi lebih hemat energi dan lebih rendah penyimpanan.

Apa Fungsi SSD Pada Laptop

Seriring berjalannya waktu penggunaan SSD semakin di utamakan pada laptop baru, ada beberapa keuntungan menggunakan SSD pada laptop berikut ini adalah berbagai fungsi SSD pada laptop:

  1. KInerja : Sistem kinerja pada SSD tidak mengkonsumsi banyak data laptop, dalam memroses data dan trasnfer data SSD lebih cepat di bandingkan dengan Hardisk.
  2. Untuk Bermain Game : SSD akan lebih optimal jika digunakan bermain game, karena dalam bermain game SSD akan memproses lebih cepat d banding Hardisk biasa.
  3. Rendahnya Konsumsi Energi : SSD membantu laptop tetap stabil dalam operasinya, hal ini akan meminalkan resiko kerusakan pada laptop.
  4. Bagi orang yang bekerja dibidang server akan lebih memilih hardware pembaca dan transfer yang lebih baik maka mereka akan lebih memilih menggunakan SSD pada alat kerja.

 

Perbedaan SSD dan HDD Pada Laptop

Pada fungsinya SSD dan HDD serupa, untuk menjalankan sistem pada laptop atau komputer, menyimpan file dan menginstal aplikasi laptop.

Akan tetapi perbedaan yang sangat jelas ada pada kinerja kecepatan antara keduanya. Contohnya SSD akan dapat membaca data hingga 500Mb/s dan HDD hanya mempunya kecepatan membaca 60Mb/s.

Perbedaan ini sangat menonjol karena HDD jauh lebih lambat dalam putaran spindel untuk mengakses data.

Baca Juga : Cara Cek Spek Hardisk Dan SSD Laptop dan Komputer

Cara memilih SSD pada laptop

Setiap laptop memilik penyimpanan yang berbeda, untuk laptop terbaru biasanya sudah menggunakan SSD tapi juga untuk beberapa Brand menggunakan Hardisk biasa, nah jika anda telah membeli laptop dengan penyimpanan Hardisk biasa dan ingin mengupgrade ke SSD berikut ini adalah cara memilih ssd yang benar.

  1. Pastikan kamu Memilih SSD yang dengan standar interface terminalnya, Selain itu perhatikan SSD yang di pasang apakah cocok untuk laptopmu dan pastikan juga kabel yang digunakan pada laptopmu.
  2. Memilih SSD berdasarkan ukuran yang sesuai dengan laptop. Karena jika salah ukuran bisa tidak cocok dengan laptop tentu tidak bisa untuk di pasang.
  3. Pilihlah kapasitas sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Pastikan memiliki write speed yang paling bagus.

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Kelebihan jika menggunakan SSD pada laptop adalah kecepatan yang lebih tinggi dalam membaca dan menulis data membuat hal ini dapat meningkatkan kinerja laptop secara keseluruhan, sehingga aplikasi dan program yang dijalankan pada perangkat laptop atau komputer akan lebih cepat dan responsif.

Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap kerusakan seperti terjatuh atau terkena air, maka hal ini menjadikan SSD lebih aman digunakan.

Namun, ada juga beberapa kekurangan dari menggunakan SSD. Salah satunya adalah harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD (Hardisk). Selain itu, kapasitas penyimpanan yang lebih kecil juga menjadi masalah bagi pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Namun, lSeiring dengan perkembangannya, harga SSD akan semakin murah dan kapasitasnya semakin besar, hal ini tidak akan menjadi masalah besar lagi.

Baca Juga : Cara Menambah RAM Laptop Agar Makin Kencang

Cara Pasang SSD Pada Laptop

Sebelum memasang SSD ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah memastikan tipe laptop cocok dengan SSD yang akan digunakan, karena ada 2 jenis tipe SSD yang diketahui yaitu SSD M.2 dan SSD Sata NVME.

Brikut ini adalah perbedaaan yang ada pada SSD M.2 dan SSD Sata NVME.

 

  1. SSD SATA M.2

Memiliki size yang lebih kecil dibandingkan dengan SSD SATA. Jika dilihat secara kasat mata mungkin akan terlihat sama namun untuk SSD M.2 walaupun terbilang kecil tapi memiliki kecepatan transer yang hampir sama dengan SSD SATA.

SSD Sata memilik ukuran 2,5inc dan perbedaan lain ada pada kaki, jika SSD M.2 memiliki satu kaki sedangkan pada SSD SATA memiliki dua kaki d bawahnya.

  1. SSD SATA 2.5 inch

Secara penampakannya SSD ini sama dengan SSD M.2 memiliki ukuran yang kecil dan biasa di gunakan pada laptop. Bobot yang dimiliki terbilang lebih ringan. Memiliki kecepatan máximum 600Mb/s.

 

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap apa itu SSD laptop dan fungsinya,  Setiap orang memiliki kebutuhan menggunakan laptop berbeda-beda ada yang digunakan untuk bekerja ada yang bermain game atau juga digunakan menonton film, pastikan SSD yang digunakan menggunakan kapasitas terbaik dan memiliki penyimpanan yang besar supaya kinerja laptop menjadi optimal karena hal ini akan berpengaruh pada mesin dan itu akan menimbulkan laptop menjadi lebih awet.