Mengenal Apa itu Safe Mode Laptop dan Fungsinya

ligaprima.co.id Safe mode pada laptop adalah mode halaman khusus yang dapat digunakan oleh pengguna laptop dan komputer saat mengalami masalah dengan sistem operasi. Saat berhasil masuk safe mode, laptop hanya akan memuat program-program yang dibutuhkan untuk booting sistem operasi, sehingga memudahkan untuk menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi.

Cara masuk safe mode laptop dapat dengan menekan tombol F8 saat komputer mulai booting. Namun langkah tersebut juga bisa berbeda tergantung dari merek laptop. Jika mengalami masalah dengan piranti lunak laptop, seperti laptop menjadi lambat atau tidak dapat menjalankan program tertentu, maka pemilik bisa mencoba menjalankan safe mode untuk melihat apakah masalah tersebut dapat diatasi.

Apabila masalah tidak bisa ditemukan saat laptop menjalankan safe mode, maka kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh applikasi hasil intsall sendiri atau oleh konflik antara program-program yang berjalan bersamaan.

 

Fungsi Safe mode Laptop

Fungsi Safe mode laptop memiliki beberapa fungsi utama, yakni memmpermudah penggna ketika ingin memperbaiki masalah terjadi pada piranti lunaknya. Saat sudah berhasil masuk kedalam halaman safe mode, disna kalian hanya melihat program-program yang dibutuhkan untuk booting sistem operasi yang akan dijalankan.  Hal ini akan  memudahkan kalian untuk menemukan sumber masalah mungkin terjadi.

Secara umum fungsi halaman safe mode laptop ini adalah laman diagnosa komputer. Sehingga saat menjalankan safe mode, laptop akan melakukan beberapa diagnosa terhadap sistem operasi dan program yang terpasang. Artinya dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui apakah ada masalah dengan komputer saat ini yang ditimbulkan dari apps eksternal hasil pemasangan.

Setelah berhasil masuk ke mode aman laptop, Kalian bisa Memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada komputer. Jika menemukan sumber masalah pada laptop, di halaman safe mode tesebut anda bisa memperbaikinya. Misalnya, disana dapat menghapus program yang tidak diinginkan atau memperbaiki file yang rusak. Fungsi safe mode lainnya adalah untuk Menjalankan program yang dibutuhkan untuk booting sistem operasi.

Ketika laptop pada posisi safe mode, hanya program-program yang dibutuhkan untuk booting sistem operasi yang akan dijalankan, sehingga memudahkan pengguna untuk menjalankan komputer dengan lancar. Lalu bagaimana cara masuk kedalam halam safe mode , ? Setiap merk laptop biasanya memiliki sedikit perbedaan. Berikut penjelasanya.

Baca Juga : Memahami Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

#1. Cara masuk safe mode Laptop Lenovo

Untuk masuk ke safe mode pada laptop Lenovo, pertama-tama perangkat terlebih dahulu. Kemudian, tekan dan tahan tombol “Novo” yang terletak di bagian sisi kanan komputer.

  • Setelah itu, akan muncul menu “Novo Button Menu”.
  • Lanjutkan , pilih “System Recovery” untuk masuk ke menu recovery.
  • Setelah berhasil masuk ke menu recovery, >  “Troubleshoot”, > “Advanced options” dan terakhir pilih “Startup Settings”.
  • Sedangkan Pada menu “Startup Settings”, pilih “Restart” untuk restart komputer dan masuk ke safe mode.

Saat komputer mulai booting kembali, tekan tombol F5 untuk masuk ke safe mode dengan jaringan atau tekan tombol F8 untuk masuk ke safe mode tanpa jaringan.

 

#2. Masuk Safe mode di Laptop acer

Mungkin akan ada sedikit perbedaan dari lenovo. Ketika anda akan masuk ke safe mode laptop Acer, pertama-tama matikan komputer terlebih dahulu.

  • Kemudian nyalakan sambil tekan dan tahan tombol “F2” maka laptop mulai booting kembali dan diarahkan ke BIOS.
  • Jika telah masuk ke menu BIOS, pilih tab “Boot” dan cari opsi “Boot Mode”. Pilih “Safe Mode” dari opsi “Boot Mode” dan tekan tombol “F10” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS. Setelah itu, komputer akan booting kembali ke safe mode.

Namun apabila laptop acer tidak dapat masuk ke BIOS atau tidak menemukan opsi “Boot Mode”, Silahkan mencoba cara berikut:

  • Tekan dan tahan tombol “Shift” saat klik kanan pada ikon “Start” di desktop dan pilih “Shut down or sign out” > “Shut down”.
  • Setelah laptop berhasil mati, tekan tombol “Power” menyalakan kembali seperti biasa
  • Jika laptop acer sudah mulai booting , tekan dan tahan tombol “Shift” sampai komputer selesai booting ke safe mode.

Jika sudah berhasil masuk mode aman laptop acer, maka pada bagian layar akan muncul tulisan “Mode aman”  yang berada pada bagian bawah kanan layar.

Baca Juga : Cara masuk BIOS laptop Lenovo

#3. Masuk Safe Mode laptop HP

Berikutnya cara masuk ke safe mode laptop HP, langkah awalnya silahkan matikan perangkat terlebih dahulu.

  • Lalu nyalakan dan sambil tekan dan tahan tombol “F11” ketika laptop kalian mulai booting kembali.
  • Maka akan masuk ke halaman pemulihan, Setelah berada di menu “System Recovery”, lanjtukan memilih “Troubleshoot” kemudian pilih “Advanced options”.
  • Pada bagian menu “Advanced options”, pilih “Startup Settings” dan kemudian pilih “Restart”. Dan ketika laptop telah booting kembali, lanjtukan tombol F5 agar bisa masuk ke safe mode dengan jaringan atau tekan tombol F8 untuk masuk ke safe mode tanpa jaringan.

Sebaliknya jia cara di atas tidak berhasil, silahkan cobaa cara berikut:

  • Matikan laptop HP dan tekan tombol “Power” untuk menyalakan kembali seperti biasa.
  • Saat layar hitam muncul dengan logo HP di tengah, tekan dan tahan tombol “F8” sampai muncul jendela “Advanced Boot Options”.
  • Lanjut memilih opsi “Safe Mode” lajut ketuk “Enter” untuk masuk ke safe mode.
  • Selesai dan laptop kalian kini sudah dalam mode aman yang ditandai dengan akan melihat teks “Safe Mode” di kanan bawah layar.

 

#4. Cara masuk Safe Mode Laptop DELL

Untuk masuk ke safe mode pada laptop DELL,seperti biasa matikan terlebih dahulu laptop. Hingga mati sempurna, nyalakan dan sambil tekan – tahan tombol “F8” saat mulai booting. Setelah muncul jendela “Advanced Boot Options”, pilih “Safe Mode” dari opsi yang tersedia dan tekan tombol “Enter” untuk masuk ke safe mode. Setidaknya hampir sama dengan cara lainnya, tetapi apabila gagal masuk bisa memakai langkah dibawah:

  • Silahkan Reoot atau matikan laptop dell memakai “Power” untuk menyalakan kembali komputer.
  • Hingga booting dan muncul logo DELL di tengah,lanjutkan tekan tombol “F12” sampai muncul jendela “Boot Menu”.
  • Kemudian arahkan masuk ke mode aman dengan cara pilih “Safe Mode” dan tekan tombol “Enter” untuk masuk ke safe mode.

Baca Juga : Mengenal Laptop Fungsi software dan Perlengkapannya

#5. Masuk safe Mode Laptop Asus

Asus merupaan merk laptop cukup ternama, apalagi dikalangan gamer yang disuguhi dengan versi ROG. Namun, kali ini akan membahas bagaimana bisa berada di halaman mode aman.

  • Langkah mengubah tampilan  ke safe mode pada laptop ASUS,kalian bisa matikan terlebih dahulu.
  • Lalu nyalakan kembali dan Setelah sudah mulai booting , tekan dan tahan tombol “F9”.
  • Setelah sudah masuk ke menu “Boot Device Priority”, pilih “USB HDD” dan tekan tombol “Enter”.
  • Berikutnya pilih “Safe Mode” dari opsi yang tersedia dan tekan tombol “Enter” untuk masuk ke safe mode.

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba cara berikut:

  • Matikan komputer memakai tombol “Power” dan nyalakan kembali seperti biasa.
  • Ketika sudah booting dan muncul logo ASUS di tengah, tekan dan tahan tombol “F8” sampai muncul jendela “Advanced Boot Options”.
  • Pilih “Safe Mode” > “Enter”maka booting akan diarakhan kedalam mode aman.

 

#6. Masuk Safe mode Laptop SONY Vaio

Selanjtunya bagi kalian pemilik laptop SONY Vaio yang ingin masuk kedalam safe mode, dimulai dari maikan terlebih dahulu dan nyalakan memakai tombol daya seperti biasa. Kemudian, saat proses booting dan laptop menyala silahkan tekan dan tahan tombol “F8”, pastikan sebelum masuk ke Windows. Maka akan muncul muncul jendela “Advanced Boot Options”, pilih “Safe Mode” dari opsi yang tersedia dan tekan tombol “Enter” untuk masuk ke safe mode.

Jika cara di atas tidak berhasil, lakukan memakai opsi kedua:

  • Matikan dan nyalaka lagi komputer memakai tombol daya atau tombol “Power”.
  • Saat sudah menyala layar hitam muncul logo Sony VAIO , kalian bisa menekan tekan tombol “F2” sampai muncul jendela “BIOS”.
  • Pilih tab “Boot” dan cari opsi “Boot Mode”.
  • Arahkan bios setting proses booting menjadi “Safe Mode” dari opsi “Boot Mode” dan tekan tombol “F10” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.
  • Setelah itu , lanjutkan reboot sony vaio kalian dan akan booting otomatis masuk ke safe mode.

 

#7. Masuk Safe mode Laptop Toshiba

Sedangkan merek lain ada thosiba,  kalian juga bisa mengubah halaman standar menjadi masuk ke safe mode pada laptop Toshiba.

Caranya,

  • Silahkan matikan Laptop dan nyalakan kembali disusul dengan menekan tombol F8.
  • Maka akan masuk ke pengaturan booting,  Setelah muncul jendela “Advanced Boot Options”, pilih “Safe Mode” kemudian enter “Enter” untuk masuk ke safe mode.

Jika cara di atas tidak berhasil, dapat mencoba cara berikut:

  1. Matikan Perangkat dengan tekan tombol “Power” serta nyalakan kembali memakai tombol yang sama.
  2. Jika sudah proses bootigng muncul dengan logo Toshiba, tekan tombol “F2” sampai muncul jendela “BIOS”.
  3. Pilih tab “Boot” dan cari opsi “Boot Mode”. Pilih “Safe Mode” dari opsi “Boot Mode” dan tekan tombol “F10” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.
  4. Setelah itu, komputer akan booting kembali ke safe mode.

Apabila telah berhasil berubah dari halaman windows standar dan masuk kedalam halaman mode aman, maka beberapa aplikasi hanya akan ada bawaan saja. Aplikasi hasil pemasangan kalian tidak akan tampil, dan pada bagian bawah kanan layar kan ada tulisan “Safe Mode”.

 

#8. Cara masuk Safe Mode MacBook

 

Untuk masuk ke safe mode pada MacBook, Pastikan kalian sudah mematikan laptop seperti biasa.

  • Kemudian, tekan tombol “Power” untuk menyalakan kembali macbook dan segera tekan dan tahan tombol “Shift” sampai muncul login screen.
  • Setelah muncul login screen, login kembali ke sistem operasi dan komputer akan booting kembali ke safe mode.

Jika tidak gagal masuk ke safe mode macbook dengan cara di atas, maka dapat mencoba cara berikut:

  • Matikan macbook kemudian nyalakan lagi memakai tombol “Power” seperti biasa.
  • Perhatikan Saat layar hitam muncul dengan logo Apple ketika boot awal, silakan tekan dan tahan tombol “Command + R” sampai muncul jendela “OS X Utilities”.
  • Pilih “Utilities” > “Terminal” dari menu yang tersedia.
  • Ketik “curutil disable” pada Terminal dan tekan tombol “Enter” untuk menonaktifkan System Integrity Protection.
  • Setelah itu, restart komputer dan tekan dan tahan tombol “Shift” saat komputer mulai booting kembali untuk masuk ke safe mode.
  • Seleasi, macbook akan melanjutkan masuk menjadi mode aman.

Sama dengan merek lain, pada macbook juga akan ditandai dengan tulisan “Safe mode” yang tertera dibagian bawah kanan.

Penutup

Saya kira pembahasan ini sudah sangat lengkap terkait dengan fungsi halaman mode aman dan beberapa cara masuk safe mode laptop dari berbagai merek. Mulai dari Toshiba, Acer, lenovo, hingga macbook. Sekian tutorial ini , semoga berguna untuk pengetahuan dan membantu apa yang menjadi masalah kalian.