5 Cara Backup Data Laptop Tanpa Ribet

Cara Backup Data Laptop Tanpa Ribet – Apakah kamu sedang mencari tutorial atau panduan untuk membackup data laptop tanpa ribet? Dengan melakukan ini harapan bisa menjaga data laptop anda tetap aman sampai kemudian hari terjadi permasalahan pada laptop yang anda gunakan file dan data lainnya aman karena sudah di cadangkan.

Manfaat Melakukan Backup Data Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal tadi, Manfaat melakukan pembackupan data adalah menjaga agar data anda tetap aman jika terjadi sebuah masalah pada laptop dikemudian hari. Dan pada saat kamu menginstal ulang windows di laptopmu ataupun ketika mengalami kerusakan hardisk, kamu telah memiliki semua cadangan file yang ada di laptopmu sebelumnya.

Cara Backup data menggunakan CD/DVD pada saat sekarang kurang begitu efektif dikarenakan kapasitas DVD tidak begitu besar dan kami sangat tidak menyarankan, sifat dari DVD selain ukuran dan juga mudahnya terjadi kerusakan. Nah disini kami akan memberikan Cara Backup Data Laptop Tanpa Ribet yang lebih efisien dan aman.

Baca Juga: Cara memindah File Di Hp Ke Laptop

5 Metode dan Cara Backup Data Laptop Tanpa Ribet

Disini akan ada beberapa cara untuk melakukan backup data laptop dengan aman yang perlu kamu lakukan dan kamu ikuti:

  1. Menggunakan OneDrive

OneDrive adalah sebuah layanan dari Microsoft yang di khususkan bagi pengguna untuk menghubungkan File data anda pada penyimpanan laptop. Untuk melindungi file anda dari berbagai virus atau kerusakan pada hardisk. Dengan menginstal Windows secara resmi kamu akan mendapatkan fitur OneDrive ini secara gratis, kamu akan mendaptkan kapasitas sebesar 5gb yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan semua file dari komputer pribadi.

Cara membackup ini sangat cocok untuk laptop windows kamu karena sangat mudah dengan hanya menggunakan akun yang sudah kamu punya. Yang perlu kamu perhatikan saat menerapkan métode ini adalah kamu akan membutuhkan koneksi internet saat menyingkronkan data laptopmu dengan penyimpanan internal laptop.

Bila penyimapanan Ondrive ini dirasa kurang memadai dengan besarnya file yang kamu punya pada laptop, kamu bisa saja menggunakan pake Office 365 yang akan mendapatkan kapasitas sebesar 1TB. Dengan kapasitas sebesar ini kamu bisa menyimpan semua file kamu tentunya. Akan tetapi fitur ini akan mengenakan biaya tambahan.

Langkah membackup data di laptop windows menggunakan Onedrive:

OneDrive

  1. Cara backup pada laptop dengan OneDrive sangatlah mudah dengan membuka menu “Setting” pada laptopmu dan ketikan “Backup” pilih “Storage”
  2. Setelah itu kamu perlu memlih folder mana yang ingin di backup menggunakan OneDrive dan Klik Start Protection pada layar monitor.
  3. Setelah melakukan Langkah diatas maka secara otomatis semua file yang ada pada folder yang kamu pilih akan terbackup kedalam OneDrive.

Baca Juga:  Cara Membuat File PDF tanpa aplikasi di Smartphone

  1. Backup Menggunakan Google Drive

Google Drive

Tidak jauh dengan Onedrive Fitur unggulan dari Google ini juga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dikarenakan Google sendiri sebuah perusahaan besar yang menduduki dunia situs pencarian nomer satu didunia tentunya jaringan kemanan yang ada pada google sangat bisa dipercaya.

Dengan menggunakan Google Drive kamu bisa menyimpan segala macam file dan juga bisa kamu gunakan sebagai file backup dari file laptop utama. Fitur Backup dan Sync pada google drive akan memungkinkan anda membackup denga naman.

Mendaftar google drive dengan email akan mendapatkan sebesar 15gb gratis penyimpanan untuk semua pengguna. Hal ini bisa menjadi opsi buat kamu untuk menyimpan data. Dan jika kamu membutuhkan penyimpanan yang lebih besar bisa mendaftar menjadi Gogle One dan akan mendapatkan kapasitas sebesar 100gb dengan biaya $2 selama satu bulan. 200gb untuk $3 atau 2TB sebesar $10 selama satu bulan.

Cara Backup Menggunakan Google Drive sebagai berikut:

  1. Dowload dan instal software Backup dan Sync dari Google Drive. Buka dan masuk lah ke dalam Backup dan Sync menggunakan akun email yang kamu miliki. Bila kamu belum mempersiapkannya bisa klik ikon backup dan Sync Tray pada system Menu Preference.
  2. Pada menu My Computer silahkan pilih folder yang ingin kamu cadangkan ke Google Drive. Selain itu juga kamu bisa menambahkan banyak folder pada menú Gdrive dengan cara Choose Folder pada My computer dan berikan nama pada Folder untuk mempermudah pembackupan.
  3. Klik Change untuk mencadangkan semua file yang ada pada folder yang kamu siapkan dan pilih Advance Setting, Kamu bisa memilih juga file jenis khusus yang ingin kamu backup kedalam Google Drive.

Baca Juga: Cara merekam Layar di Laptop Windows

3 . Menggunakan Windows File History

Windows File History

Pada dasarnya menggunakan Windows File History adalah salah satu cara backup pada laptop windows yang juga mudah dan tidak ribet. Bisa mencadangkan semua jenis file kedalam drive ini.

Ada beberapa hal yang bisa dirubah dan kamu bisa mencadangkan sesuai dengan waktu tanggal yang kamu mau. Pada saat penyimpanan sekunder terhubung maka proses backup akan berjalan secara otomatis. Pilihlah folder mana yang ingin kamu backup kedalam system operasi ini.

Cara menyimpan Menggunakan Windows File History

  1. Pertama masuklah ke dalam Windows File History Setting. Dan klik Update & Security pada bagiam kiri bawah.
  2. Lalu akan muncul pilihan untuk membackup dan Klik saja Backup Using File History.
  3. Pada saat memilih Drive ini kamu bisa memilih jadwal sesuai keinginan. Bisa melakukan secara berkala ataupun sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan.

Baca Juga: Cara mengirim File Lewat Bluetooth di laptop Ke Hp

4 . Membackup Dengan Sistem Bawaan Windows

Bila membackup data menggunakan cara sebelumnya masih kurang kalian bisa menggunakan carai ni juga untuk membackup file laptopmu. Metode ini adalah cara membackup seluruh data pada file laptop yang ada pada hardisk dengan konfigurasi pada sistema Windows.

Berikut ini adalah langkah-langkah membackup dengan system bawaan windows:

  1. Masuklah kedama Windows Setting dan selajutnya memilih Update dan Security.
  2. Pada bagian Backup Using File History akan menampilkan beberapa pilihan dan Klik saja Go To Backup File and Restore
  3. Setelah selesai, pilih pada bagian ini menampilkan disk driver yang berisi dengan semua file laptopmu yang terbackup. Untuk membackup maka kamu perlu memilih Create a System Image.
  4. Jika tahap ini sudah selesai maka semua file yang ada pada laptopmu akan tersimpan dengan baik dan klik Start Backup dan tunggu sampai proses ini selesai. Karena file ini cukup besar maka akan memakan waktu yang lebih lama saat membackup.

5 .  Membackup Dengan Menggunakan MediaFire

MediaFire
www.mediafire.com

Tidak jauh berbeda dengan situs penyimpanan online lainya seperti Google Drive, situs mediafire pun sama kegunaannya sebagai penyimapanan file secara online.

Mediafire merupakan salah satu yang terbaik karena situs ini sudah lama ada dan menjadi pilihan selain Google Drive.

Dengan menggunakan Mediafire kamu bisa menyimpan semua jenis file yang kamu punya pada dasarnya penggunaan mediafire sama dengan Google Drive maupun OneDrive.

Kamu akan mendapatkan file penyimpanan Basic gratis sebesar 10Gb dan bila mana itu tidak cukup makan kamu bisa mendaptkan penyimpanan 1TB dengan membayar $3.7 selama satu bulan atau bisa memilih menú Bussines dengan membayar $50 untuk 2TB

Nah bagaimana cara menggunakan Mediafire berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka situs mediafire
  2. Siapkan email untuk mendaftar dan menggunakan penyimpanan Mediafire
  3. Jika sudah mendaftar, login pada mediafire pada sudut atas kanan
  4. Selain bisa mendaftar menggunakan email, kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Facebook dan Twitter. Caranya klik saja tampilan Facebook dan ikuti langkahnya sampai selesai.

Penutup

Demikian adalah beberapa 5 Cara Backup Data Laptop Tanpa Ribet yang bisa kamu coba sebagai upaya mengamankan data laptop. Share jika artikel ini bermanfaat